contoh passion
Tips Belajar

6 Contoh Sikap yang Menunjukkan Kamu Punya Passion

Passion merupakan sifat yang bisa memiliki dampak positif dalam kehidupan kita. Entah itu passion yang disalurkan menjadi hobi, atau malah mungkin dijadikan sebagai pekerjaan. Tapi, bagaimana cara mengenali passion? Apa sih tanda-tanda kamu punya passion terhadap bidang tertentu?

Baca Juga: Apa Itu Passion Kerja? Gimana Sih Cara Menemukannya? Cek Selengkapnya Yuk

Contoh Sikap Kalau Kamu Punya Passion

1. Emosi yang Intens

Passion itu urusan emosi. Tapi emosi di sini bukan berarti marah-marah ya. Misalnya, kamu suka menonton film. Kamu merasa emosimu sangat tersentuh oleh beberapa judul film. Film-film tersebut bisa membuat kamu senang, marah, tapi juga bisa bikin sedih. Bisa jadi, kamu punya passion terhadap dunia perfilman.

2. Rasa Penasaran

Jika kamu punya passion terhadap bidang tertentu, kamu akan penasaran lebih jauh terhadap berbagai hal di dalam bidang tersebut.

Kembali ke contoh passion pertama, kamu merasa emosimu mudah tersentuh oleh film. Karena itu, kamu penasaran. Bagaimana sih cara film bisa berkembang dari cerita di atas kertas menjadi sebuah karya berupa gambar bergerak? Kamu mulai mencari video-video behind the scene di Youtube, mencari artikel tentang film-film kesukaanmu, dan sebagainya.

3. Semangat dan Antusiasme Tinggi

Ketika seseorang punya passion terhadap sesuatu, ia akan menjalaninya dengan semangat dan antusiasme tinggi. Orang yang punya passion di bidang fotografi lanskap akan rela bangun pada dini hari dan kelelahan mendaki gunung demi mendapat foto matahari terbit yang memukau.

Seorang calon atlet basket rela latihan setiap hari, dari pagi sampai sore. Meski latihan tersebut jauh lebih membosankan dibanding bertanding basket betulan, ia menjalaninya dengan senang hati karena ia punya semangat dan antusiasme tinggi terhadap bola basket.

4. Dipikirin dan Diomongin Terus

Karena semangat dan antusiasme tinggi, orang yang punya passion akan merasa perlu untuk memikirkan hal yang ia sukai. Ia akan mulai mencari lawan bicara untuk mendiskusikan hal tersebut. Contoh, apa hal yang sering kamu obrolin dengan teman-teman dan orang terdekatmu secara penuh semangat? 

Contoh lain, kamu bisa dengan mudah menemukan hal ini di forum-forum online dan komunitas apapun. Misalnya orang yang aktif di komunitas sepeda motor, tentu saja ia punya passion terhadap sepeda motor. Ya kali, orang yang merasa naik motor itu capek dan panas mau ikut dan aktif dalam komunitas sepeda motor?

5. Lupa Waktu

Pernahkah kamu melakukan sesuatu sampai lupa waktu? Eh tiba-tiba sudah malam aja, nih! Itu artinya mungkin kamu punya passion tinggi terhadap hal yang kamu lakukan, meskipun kamu merasa tidak punya passion di bidang itu. Misalnya, saat bekerja kamu lupa waktu. Bisa jadi, kamu memang menyukai pekerjaan itu meski kamu gak mau mengakuinya.

6. Ikhlas

Orang yang punya passion dalam bidang tertentu akan ikhlas dalam mengerjakannya. Bahkan kadang tanpa dibayar pun dia akan tetap ikhlas. Contoh: kamu suka masak. Meskipun gak ada yang bayar jasamu dan masakanmu, toh kamu senang memasak makanan enak untuk teman-temanmu.

Itulah beberapa contoh passion dan sikap yang menunjukkan kamu punya passion tinggi dalam bidang tertentu. Apakah kamu sudah mengetahui apa passion terbaikmu untuk memenuhi kebutuhan dunia kerja nanti? Atau kamu masih mencarinya?

Tenang, goKampus punya solusinya. Kamu bisa cari tahu passion apa yang paling sesuai dan bisa bikin karirmu meningkat dengan memilih dan ikutan kelas-kelas terbaik dari goKampus.

Di goKampus, ada banyak pilihan kelas online dan kamu bisa mendapatkan lebih banyak insight serta wawasan dalam menentukan passion. Yuk, kapan lagi bisa ikutan kelas, mulai dari yang GRATIS sampai kelas internasional dengan harga menarik dan bersertifikat! Sudah siap #LearnBetterGoFaster bareng goKampus? Klik di sini dan pilih kelas favoritmu!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *