arti insecure
Tips Belajar

6 Arti Insecure, Gak Melulu Soal Perasaan

Apa sih arti insecure? Dalam bahasa Indonesia, “insecure” memiliki arti “tidak aman”. Akhir-akhir ini, kata insecure sering digunakan, terutama oleh anak muda. Jangan-jangan, kamu termasuk orang yang sering mengucapkan kata ini.

Umumnya, “insecure” yang terucap oleh anak-anak muda adalah kata sifat yang merujuk pada orang yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah, sehingga mereka gak yakin atas kemampuan mereka sendiri. Karena tingkat pede yang rendah, gak sedikit dari mereka ketakutan bahwa orang lain gak suka sama mereka.

Definisi itu memang benar. Namun, ternyata dalam bahasa Inggris kata insecure memiliki beberapa arti yang serupa tapi tak sama. Yuk, kita bahas beberapa arti kata “insecure” menurut kamus Merriam-Webster.

Beset By Fear And Anxiety (Ketakutan Dan Kecemasan), Salah Satu Arti Insecure Nih!

Contoh kalimat: “I always felt insecure in a group of strangers.”

Pernahkah kamu merasa takut dan cemas saat berada di dalam kelompok orang-orang asing yang tidak kamu kenal? Itu artinya kamu sedang merasa insecure.

Not Highly Stable or Well-Adjusted (Tidak Terlalu Stabil Atau Penyesuaian Dengan Baik)

Contoh kalimat: “She is trapped in an insecure marriage.”

Dalam contoh ini, “insecure marriage” memiliki arti pernikahan yang tidak stabil. Definisi ini juga menunjukkan bahwa kata insecure bisa merujuk pada fondasi yang tidak aman dan mudah goyah. Misalnya, “insecure building” merujuk pada bangunan yang fondasinya sudah goyah.

Not Confident or Sure/Uncertain (Tidak Percaya Diri)

Contoh kalimat: “I feeling somewhat insecure of his reception.”

Nah, definisi ini kerap kita gunakan dalam percakapan sehari-hari. Dalam kalimat contoh, orang yang mengucapkannya gak pede dan gak yakin. Ia dihinggapi ketakutan bahwa penerimaan (reception) orang lain pada dirinya buruk.

Not Adequately Guarded or Sustained/Unsafe (Tidak Dijaga Atau Dipertahankan Dengan Baik)

Contoh kalimat: “This is an insecure investment.”

Umumnya, definisi ini merujuk pada harta benda yang tidak dijaga dengan baik sehingga menimbulkan rasa tidak aman (insecure). Seperti pada contoh, “Investasi tersebut insecure/tidak aman.”

Not Firmly Fastened or Fixed/Shaky (Tidak Terikat Kuat Atau Goyang-Goyang)

Contoh kalimat: “The hinge is loose and insecure.”

Kalimat ini mendefinisikan benda atau barang yang menimbulkan rasa gak aman (insecure) karena barang tersebut kurang kuat. Seperti pada contoh, “Engsel tersebut longgar dan tidak aman.”

Baca Juga: 7 Cara Agar Tidak Insecure! Cek Selengkapnya

Unable To Reliably Afford Or Access What Is Needed To Meet One’s Basic Needs (Gak Yakin Atas Kemampuan Untuk Mengakses Dalam Memenuhi Kebutuhan Dasar)

Contoh kalimat, “We are a group of families that are housing insecure.”

Dalam contoh kalimat, mereka adalah sekelompok keluarga yang berada dalam risiko kehilangan rumahnya. “Food insecure”, berarti orang yang kurang mampu memenuhi kebutuhan pangan untuk dirinya.

Wah, ternyata arti insecure berbeda-beda ya, serupa tapi tak sama. Untuk informasi lainnya mengenai insecure, kamu bisa mendapatkan infonya di goKampus. Kamu bisa cari-cari informasi mengenai tempat kuliah dan sebagainya dengan mudah hanya goKampus! Penasaran? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *