sistem penilaian UTBK
goKampus Tips Belajar Upskill

Siap UTBK? Yuk, Simak Sistem Penilaian SBM 2021

Sistem Penilaian SBM 2021 – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) merupakan salah satu syarat wajib yang harus kamu lakukan jika kamu telah mendaftar untuk SBM 2021. Kalau misalnya gak ada nilai UTBK, kamu gak akan bisa mengikuti SBMPTN sebagai seleksi masuk di perguruan tinggi atau kampus yang kamu inginkan. Nilai di UTBK bisa dibilang sebagai penentu diterima atau tidaknya para calon mahasiswa, sehingga sebisa mungkin peserta UTBK perlu mendapatkan nilai tertinggi. 

Salah satu cara agar bisa mendapatkan nilai UTBK yang tinggi adalah dengan memahami sistem penilaian UTBK SBM 2021. Jangan sampai kamu yang mengikuti ujian UTBK tapi kamu belum mengetahui bagaimana penilaiannya sehingga kamu mengisi jawaban tanpa pertimbangan yang matang. Kalau ada sistem pengurangan nilai pada jawaban yang salah, hal tersebut akan berpengaruh pada nilai peserta UTBK.

Jadi, kalau ada sistem pengurangan nilai pada jawaban salah, hal itu juga berpengaruh pada nilai UTBK. Nah, daripada kamu bingung, ini ada penjelasan lebih lengkap mengenai sistem penilaian UTBK. Simak artikel ini yuk!

Sistem penilaian UTBK 2021

Sistem penilaian UTBK SBM 2021 akan berpengaruh pada cara penilaian UTBK 2021 sehingga sistem penilaian UTBK yang digunakan untuk UTBK 2O21 adalah Item Response Theory (IRT).

Gak ada perbedaan sistem penilaian UTBK 2021 gelombang 1 dan gelombang 2

Sistem penilaian IRT pada UTBK 2021 diterapkan untuk para pendaftar gelombang 1 dan gelombang 2 UTBK SBM 2021. Jadi, kalau ada pemberitaan yang membahas mengenai perbedaan sistem penilaian kamu gak perlu khawatir ya guys karena sistem yang akan digunakan adalah sistem yang sama. 

Para peserta gak perlu memikirkan skor gelombang UTBK, sebaiknya para peserta UTBK SBMPTN fokus pada usaha masing-masing agar bisa mendapatkan nilai terbaik. 

Baca Juga: Rincian Agenda Dan Biaya SBMPTN 2021

Jumlah soal UTBK SBMPTN 2021

Ini adalah prediksi jumlah soal-soal yang akan dikerjakan oleh para peserta pada UTBK SBMPTN:

  1. Jumlah soal Tes Potensi Skolastik (TPS) UTBK: 120 soal
  2. Jumlah soal Tes UTBK 2021 Kelompok Saintek: 80 soal (masing-masing bidang 20 soal)
  3. Jumlah soal Tes UTBK 2021 Kelompok Soshum: 100 soal (soal UTBK tersebut sudah termasuk matematika IPS. Namun, karena tahun 2021 tidak ada matematika IPS, total soal yang diberikan adalah 80 dengan masing-masing bidang 20 soal.

Selain perlu mempersiapkan diri untuk mengerjakan soal-soal TPS, peserta juga perlu belajar materi sesuai kelompok ujian yang dipilih. Tantangan lebih besar akan ditemui peserta yang memilih UTBK kelompok campuran. Sebab, peserta harus belajar lebih banyak dan melakukan manajemen waktu yang baik agar bisa menguasai seluruh materi.

Cara Penilaian UTBK SBMPTN dengan Sistem Penilaian IRT

Kamu wajib memahami dengan baik sistem penilaian IRT yang akan digunakan pada UTBK SBMPTN 2021 nanti. Sistem penilaian IRT adalah sistem penilaian dengan konsep pemberian bobot nilai berbeda pada setiap sub tes. Adapun konsep penilaian IRT tersebut dilakukan dalam tiga tahap berikut:

  1. Pada tahap pertama, semua jawaban benar akan mendapatkan skor 1 poin, sedangkan soal yang tidak dijawab atau dibiarkan kosong akan mendapatkan skor 0 poin.
  2. Pada tahap kedua, terdapat pendekatan teori respons butir atau item response theory (IRT). Pada tahapan ini, setiap jawaban soal yang benar akan dianalisis lagi karakteristiknya sesuai tingkat kesulitan soal-soal tersebut.
  3. Pada tahap ketiga, skor peserta akan dihitung dari tiap-tiap soal yang didapatkan dari tahap kedua. Peserta akan mendapatkan bobot skor tinggi pada soal-soal yang sulit dan mendapatkan bobot skor lebih rendah pada soal yang lebih mudah.

Setelah semua hasil dijumlahkan, peserta akan mendapatkan hasil UTBK 2021 berupa skor yang rentangnya bervariasi, yaitu: 

  1. Di bawah 300
  2. 300 – 400
  3. 401 – 500
  4. 501 – 600
  5. 601 – 700
  6. 701 – 800
  7. 801 – 900
  8. Di atas 900

Gambaran skor nilai UTBK di setiap program studi di masing-masing kampus biasanya dikeluarkan oleh instansi tertentu yang sifatnya sebagai prediksi. Bagi peserta UTBK yang mendapatkan skor di atas 800, para peserta bisa lebih optimis diterima di program studi pilihannya. Namun, para peserta yang mendapatkan nilai UTBK di bawah 300 sebaiknya kamu segera mencari alternatif kampus-kampus lain. Kamu juga bisa liat berbagai alternatif kampus lainnya di aplikasi goKampus sebagai cadangan kamu. 

Mekanisme Scoring Bersama UTBK SBMPTN 2021

Ketua LTMPT mengumumkan bahwa pihaknya akan melakukan penghitungan skor UTBK atau scoring UTBK gelombang 1 dan gelombang 2 bersamaan. Jadi, setelah UTBK gelombang 1 dan UTBK gelombang 2 dilaksanakan, akan dilakukan penskoran. Penyelenggara tes kemudian akan melihat skor tersebut dan melakukan pembobotan.

Peserta UTBK SBMPTN 2021 diharapkan menghindari informasi sistem penilaian IRT yang beredar selain dari LTMPT, apalagi UTBK belum dimulai. Mendekati hari pelaksanaan UTBK, akan ada banyak oknum yang menyebarkan informasi hoax dan tidak benar demi keuntungan tertentu. Peserta UTBK 2021 diimbau untuk tidak mudah percaya dan panik ketika menerima informasi yang tidak bersumber dari LTMPT secara langsung.

Tips dan Trik mengerjakan soal dengan Sistem IRT UTBK!

Dalam mengerjakan soal-soal UTBK 2021, kamu bisa mengikuti beberapa tips dan trik khusus yang bisa kamu lakukan saat mengerjakannya, misalnya seperti:

  1. Saat mengerjakan soal, kamu jangan ragu untuk mengerjakan soal yang menurutmu mudah lebih dulu. Hal ini bisa membuat peluang menjawab banyak soal benar semakin besar. Selain itu, kamu juga bisa lebih menghemat waktu ujian karena gak menghabiskan waktu mengerjakan soal sulit.
  2. Gunakan metode eliminasi opsi jawaban yang paling mungkin salah. Semakin sedikit opsi jawaban yang tersisa, maka semakin besar juga peluang memilih jawaban benar.
  3. Jangan menghabiskan banyak waktu untuk mengerjakan soal-soal yang sulit hanya untuk mengejar skor yang tinggi. Bobot tingkat kesulitan soal baru ditentukan setelah ada pengecekan ke semua peserta, bukan ditentukan berdasarkan tipe soal yang menurutmu sulit.
  4. Paling aman menjawab pertanyaan dengan banyak yang benar dan sedikit yang salah atau kosong. 

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kunjungi halaman ini untuk cari informasi selanjutnya ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *