tugas sales executive
Tips Belajar

5 Pertanyaan Interview Kerja Seputar Tugas Sales Executive

Tertarik berkarier sebagai sales executive? Tapi sebelumnya, sudah tahu belum tentang tanggung jawab dan tugas sales executive? Nah, pengetahuan akan hal ini penting loh. Apalagi kalau kamu hendak melakukan interview kerja dengan perusahaan perekrut.

Saat interview kerja untuk posisi sales executive, ada beberapa pertanyaan penting yang harus kamu kuasai terlebih dahulu. Salah satunya mengenai tugas sales executive. Pertanyaan ini bisa jadi akan jadi kunci lolos tidaknya kamu dalam proses seleksi. Maka dari itu, di bawah ini goKampus akan memberikan tips mengenai tugas sales executive berserta pertanyaan-pertanyaan lain yang mungkin akan kamu dapatkan saat interview.

Baca Juga: Menggiurkan, Ternyata Segini Besar Gaji Sales Executive!

Pertanyaan Umum Sebelum Menjalani Tugas Sales Executive

1. Bagaimana kamu akan menghasilkan prospek berkualitas bagi perusahaan?

Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu harus terlihat menjadi seseorang yang punya rasa antusiasme, dorongan, dan hasrat untuk terlibat dengan pelanggan. Jawab pertanyan pertama mengenai tugas sales executive ini dengan menunjukkan seberapa besar pengetahuan kamu tentang industri terkait. Kamu harus percaya diri dan menunjukkan keterampilan komunikasi, layanan pelanggan, dan penjualan konsultatif.

2. Apa pentingnya menjaga hubungan berkelanjutan dengan pelanggan yang sudah ada?

Sebelum menjawab pertanyaan terkait tugas sales executive satu ini, kamu harus sudah punya pemahaman tentang pelanggan. Apa keinginan pelanggan dan gimana menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan yang sudah ada. Layanan after-service sale yang baik adalah bagian tugas sales executive yang juga sangat penting.

Kemudian ceritakan kemampuan analisis kamu dalam menjaga hubungan dengan pelanggan. Jika sudah ada, tambahkan pengalaman apapun yang kamu rasa berkaitan dengan pertanyaan tersebut.

3. Bagaimana kamu akan melahirkan prospek yang ideal?

Tugas sales executive secara garis besar membantu perusahaan meningkatkan keuntungan mereka. Saat kamu ditanya bagaimana kamu bisa menawarkan produk atau layanan yang memiliki prospek ideal, kamu bisa menjawabnya dengan dua langkah.

Pertama, jelaskan bahwa kamu akan memulai ide dengan mendengarkan keinginan konsumen terlebih dahulu, kemudian tunjukkan hasil memahami keinginan konsumen tersebut dengan penjualan. Jelaskan bahwa sebelum pada tahap penjualan, kamu juga akan melakukan penelitian pasar yang sesuai untuk produk terkait.

4. Apa saja langkah-langkah yang akan kamu ambil untuk mengikuti perkembangan industri terkini?

Di bagian pertanyaan untuk tugas sales executive ini kamu juga harus menunjukkan seberapa besar komitmen yang akan kamu berikan untuk pekerjaanmu. Kamu harus menjawab dengan percaya diri, mengenai betapa terbukanya kamu terhadap isu dan tren terkini yang sedang berkembang di tengah masyarakat.

Jangan hanya menjawab dengan menyebutkan apa tren itu. Tetapi, jelaskan juga pengalaman kamu terkait isu tersebut. Tambahkan bagaimana pandangan positif dan negatif kamu terhadap apa yang sedang hangat di tengah masyarakat tersebut dan berikan contoh solusi produk atau layanan yang bisa kamu berikan sebagai jawaban dari permasalahan tersebut.

5. Bagaimana cara kamu melihat apa yang ditanyakan pelanggan sebagai sebuah harapan permintaan produk?

Selain memperlihatkan bagaimana kamu bisa berkomunikasi efektif, kamu harus tambahkan jawaban bahwa kamu akan mengajak pelanggan tersebut bernegosiasi dengan baik. Sebagai seorang sales executive, kamu harus bisa melihat bahwa akan selalu ada peluang penjualan dari setiap interaksi yang terjadi antara perusahaan dan pelanggan. Sudah menjadi tugas sales executive untuk bisa memberikan jawaban dari pertanyaan pelanggan tersebut untuk diarahkan pada produk jasa atau layanan yang perusahaan miliki.

Itu tadi 5 pertanyaan yang umumnya akan kamu dapatkan saat interview kerja sebagai sales executive. Dapat disimpulkan bahwa seorang sales executive ternyata memang harus memiliki wawasan yang luas ya. Gak cuma soal cara jualan, tapi lebih dari itu, kamu juga harus bisa menjalin hubungan yang baik untuk jangka panjang.

Tentunya masih banyak hal yang harus kamu pelajari untuk bisa menjadi seorang sales executive yang baik. Untungnya, sekarang untuk menambah skill dan pengetahuan sudah jauh lebih mudah. Kamu bisa mengikuti berbagai kelas profesional dari para ahli di bidangnya.

Kamu bisa menggunakan platform goKampus yang menyediakan banyak pilihan kelas online menarik di sini loh. goKampus memberikan ragam kelas online bersama para ahli di bidangnya masing-masing, termasuk dari universitas ternama di Singapura, Nanyang Technological University. Kapan lagi bisa ikutan kelas dari rumah bersertifikat resmi NTU. Ada diskon up to 65% dan program cicilannya juga loh! Penasaran? Klik di sini dan temukan kemudahannya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *