jurusan unik indonesia
Upskill

Serba Serbi Program Studi Physical Science

Sebagai anak SMA kelas 12, kamu pasti udah gak asing lagi kan sama penjurusan soshum dan saintek yang harus kamu pilih? Kalau kamu memilih soshum, kamu akan belajar banyak hal mengenai ilmu pengetahuan sosial seperti geografi, ekonomi, dan akuntansi. Sedangkan, kalau kamu memilih penjurusan saintek, kamu akan belajar banyak mengenai ilmu fisika atau physical science, kimia, biologi, matematika IPA, dan mata pelajaran lainnya.

Nah, buat kamu yang mengambil jurusan saintek, artikel ini cocok untuk kamu karena goKampus akan mengupas lebih dalam mengenai jurusan ilmu fisika, mata kuliah yang akan dipelajari di ilmu fisika, hingga prospek kerja ilmu fisika di Indonesia loh! Yuk kepoin artikel ini ya!

Dibalik rumus hitung-hitungannya yang kadang bikin pusing, tapi pasti banyak dari kamu yang menjadikan ilmu fisika ini pelajaran favorit kan. Karena program studi fisika mengajak para mahasiswa untuk mempelajari gejala alam yang tidak hidup (materi) dalam lingkup ruang dan waktu. Para mahasiswa juga akan mempelajari tentang perilaku dan sifat materi dalam bidang yang sangat beragam.

Saat ini ilmu fisika juga sangat mendukung perkembangan teknologi, industri, komunikasi, kimia, dan kedokteran. Dan ilmu fisika juga bisa menjadi jurusan yang tepat buat kamu kalau kamu memiliki ketertarikan terhadap ilmu pasti dan memiliki rasa ingin tahu tentang dunia.

Mengambil program studi ilmu fisika akan membuat kamu mempelajari banyak mata kuliah yang berhubungan dengan fisika namun lebih terperinci antara lain seperti mata kuliah Matematika, fisika dasar, kimia dasar, fisika matematik, mekanika, elektronika, listrik magnet, fisika komputasi, sistem instrumentasi, gelombang, fisika kuantum, dan mata kuliah lainnya.

Kalau kamu memiliki ketertarikan dengan ilmu fisika, kamu wajib memastikan bahwa kamu memiliki karakter-karakter yang sesuai dengan mahasiswa ilmu fisika misalnya seperti kamu memiliki pemikiran yang rasional, senang berhitung, senang melakukan analisis sebuah masalah, mengerti gimana caranya memecahkan masalah, teliti, tekun, berpikir kritis, detail terhadap tulisan, dan karakter lainnya.

Hal ini juga akan membantu kamu untuk bisa beradaptasi dengan pembelajaran dan kurikulum ilmu fisika di perkuliahan nanti.

Nah, bagaimana dengan peluang atau prospek kerja dari jurusan ilmu fisika? Berikut ini ada 10 prospek kerja yang menjanjikan buat kamu sebagai mahasiswa lulusan Ilmu fisika. Ini dia!

1. Dosen atau tenaga pengajar

Prospek kerja physical science yang pertama adalah kamu bisa menjadi dosen atau tenaga pengajar. Lulusan ini dibutuhkan untuk mengajar di lembaga formal atau lembaga kursus lainnya. Kamu bisa juga bekerja menjadi dosen di universitas tapi kamu harus menempuh pendidikan formal S2 dulu ya!

2. Ilmuwan

Peluang atau prospek kerja physical science yang berikutnya adalah menjadi seorang ilmuwan fisika. Seorang ilmuwan fisika di Indonesia bisa dibilang cukup banyak loh, gak jarang juga kamu bisa berkarir di luar negeri!

3. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Prospek kerja physical science yang ketiga adalah kamu bisa berkarir juga sebagai pegawai pemerintah atau seorang PNS. kamu juga bisa mengikuti tes CPNS untuk masuk ke lembaga LIPI, LAPAN, BATAN, dan lain sebagainya.

4. Perusahaan energi

Yang keempat, lulusan fisika juga bisa bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang energi. Perusahaan energi baik milik negara atau swasta bisa memberikan prospek kerja fisika yang terbuka lebar. Kamu juga bisa bekerja di BUMN, atau kamu bisa bekerja memilih kerja di sektor swasta.

Baca Juga: Simak 8 Prospek Kerja Teknik Kimia Cocok Untukmu!

5. Perusahaan minyak dan gas

Pekerjaan yang selanjutnya adalah kamu bisa bekerja di perusahaan minyak dan gas. Kamu bisa mempelajari ilmu fisika bumi dan berkarir sebagai seorang peneliti. Kamu juga bisa menjadi peneliti di berbagai perusahaan minyak dan gas bumi yang memiliki bayaran lebih besar. 

6. Pekerja di BUMN

Yang keenam, kamu juga bisa bekerja di perusahaan BUMN. sebagai mahasiswa lulusan ilmu fisika, ada banyak instansi negara yang bisa menjadi tempat bekerja kamu loh.

7. Wirausaha

Nah, kalau misalnya kamu gak tertarik buat bekerja di perusahaan besar, kamu bisa loh jadi seorang pengusaha. Kamu gak perlu memikirkan seberapa besar gaji yang kamu inginkan, soalnya kalau kamu bekerja menjadi seorang wirausaha bisa menghasilkan pendapatan yang cukup fantastis jika bisnismu sukses!

8. Programmer 

Peluang kerja physical science yang selanjutnya adalah kamu bisa menjadi seorang programmer. Kamu yang ingin berkarir di perusahaan teknologi atau industri startup juga bisa loh! 

Nah, goKampus juga punya rekomendasi kampus yang oke banget nih buat kamu belajar ilmu fisika ini yaitu Uniprep. Uniprep menyediakan program studi Foundation yang bekerjasama dengan University of New South Wales (UNSW) Global. Kurikulum Uniprep membantu para pelajar untuk mempersiapkan diri dengan dunia perkuliahan.

Uniprep menawarkan program studi ilmu fisika kepada para siswa yang ingin mengambil jurusan teknik, sains, biologi, atau ilmu kesehatan. Selama program foundation ini ada lima mata pelajaran yang harus diambil yaitu Bahasa Inggris, Akademik, Matematika, Fisika, Kimia, dan ilmu komputer.

Mata pelajaran ilmu fisika di Uniprep akan membantu kamu mempersiapkan diri jika kamu ingin melanjutkan kuliah ke jurusan teknik, penerbangan, ilmu komputer, kedokteran, dan program studi lainnya. 

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kunjungi halaman ini untuk cari informasi selanjutnya ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *