judul skripsi manajemen pemasaran
Tips Belajar

5 Faktor Yang Mempengaruhi Gaji Copywriter

Seperti pekerjaan lainnya di industri kreatif, gaji copywriter sangat relatif terhadap berbagai faktor. Inilah faktor-faktor yang mempengaruhi gaji seorang copywriter.

Perusahaan Tempat Copywriter Bekerja

Dalam perusahaan kecil seperti start-up atau agensi kecil, umumnya jika kamu merupakan pemula atau masih fresh graduate, kamu hanya akan dibayar sesuai dengan upah minimum yang berlaku. Fyi, UMP (upah minimum provinsi) yang berlaku di DKI Jakarta pada 2022 sebesar Rp4,64 juta. 

Dalam perusahaan/agensi yang lebih besar atau perusahaan multinasional, gaji pemula akan lebih besar Rp1-2 juta dari UMP, tapi biasanya pekerjaannya lebih berat dan tanggung jawabnya juga lebih banyak.

Pengalaman Juga Mempengaruhi Gaji Seorang Copywriter

Pengalaman adalah hal yang paling menentukan gaji seorang copywriter. Sebab, semakin lama seorang copywriter bekerja, ia akan semakin menyelami pekerjaannya dan mampu bekerja lebih efisien serta terarah. Sangat mungkin bila seorang copywriter berpengalaman punya gaji hingga dua digit.

Tentunya dengan satu syarat yaitu harus tetap mengikuti perkembangan zaman. Sebab, dunia pemasaran dan periklanan yang jadi lingkup kerja seorang copywriter terus berkembang. Apalagi di zaman internet seperti sekarang, semuanya serba cepat berubah.

Kreativitas

Jika seorang copywriter mampu terus berpikir out of the box dan menghasilkan ide brilian untuk memproduksi copy berkualitas, maka pantas memiliki gaji tinggi. Gimana caranya agar tetap kreatif? Banyak, salah satunya adalah banyak membaca dan menambah wawasanmu. Rangsang otak agar pikiran kamu selalu segar dan selalu menghasilkan hal-hal baru.

Kemampuan Berbahasa

Bahasa di sini gak hanya bahasa asing. Kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar sangat dibutuhkan seorang copywriter. Meski konten/ copy yang ia kerjakan menggunakan bahasa sehari-hari, tapi ia harus tetap memahami struktur, ejaan, dan penulisan yang baik.

Kemampuan berbahasa asing seperti Inggris, Mandarin, Jepang, Jerman, atau bahasa asing lainnya tentu menjadi nilai plus seorang copywriter. Area bekerjanya akan lebih luas, bisa bekerja di agensi internasional, bahkan bisa go international yang artinya pendapatannya juga bakal lebih tinggi.

Baca Juga: 6 Tips Sukses Menjadi Freelance Copywriter

Relasi Dengan Rekan Kerja dan Atasan

Harus kita akui bahwa relasi dengan rekan kerja, terutama atasan, menentukan gaji kita sebagai karyawan. Sebagai orang yang bekerja di bidang kreatif, seorang copywriter harus mampu berpikir out of the box, tapi jangan sampai kepribadianmu juga terlalu out of the box sehingga sulit berkomunikasi dengan rekan kerja dan atasan. Bukan berarti harus menjilat atasan, tapi jaga relasi sewajarnya dan seprofesional mungkin.

Gimana guys? Tertarik berkarier sebagai copywriter? Sebelumnya, kamu bisa cari-cari informasi seputar jurusan kuliah, kampus favorit, hingga program beasiswa di goKampus ya! Daftar kuliah di goKampus, upload rapor, 1 jam diterima. Berminat? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *