judul skripsi ekonomi syariah
Tips Belajar

4 Tips Bikin Judul Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah! Cek Yuk

Bagi sebagian mahasiswa, skripsi adalah momok menakutkan. Jangankan bikin skripsi, kadang cari judulnya saja kok rasanya sulit ya? Ini mungkin dialami juga oleh para mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah. Apa kamu juga mengalaminya? Tenang, bisa diatasi kok oleh beberapa tips menentukan judul skripsi ekonomi syariah. Yuk, simak.

Cari Tahu Minatmu, Baru Tentukan Judul Skripsi Ekonomi Syariah

Ini adalah langkah awal dalam membuat skripsi. Mending kamu merenung dulu deh. Pikirkan, apa sih yang selama ini jadi motivasi kamu kuliah? Mengapa kamu pilih Jurusan Ekonomi Syariah? 

Misalnya, kamu memilih jurusan ini karena ingin memajukan perekonomian di desa tempat tinggal orang tuamu. Nah, ini bisa jadi salah satu gagasan untuk skripsi kamu. Tinggal fokus dan kembangkan lagi untuk menentukan judul skripsi yang pas.

Diskusi  Dengan Kating dan Alumni

Jika kamu punya networking luas, gak ada salahnya untuk mendiskusikan skripsi dengan kakak tingkat (kating) dan alumni kampus. Jika kamu masih buta sama sekali soal skripsi, kamu bisa minta masukan dan pendapat mengenai topik skripsi yang akan kamu buat. Juga informasi-informasi detail soal dunia skripsi yang kadang tidak bisa didapatkan dengan sekadar googling di internet.

Lagipula, punya relasi luas punya banyak keuntungan. Selain bisa menambah wawasan dan mendiskusikan masalah perkuliahan seperti skripsi, kamu juga bisa mendapat informasi di dunia kerja. Jadi, setelah bikin skripsi kamu bisa langsung gerilya mencari pekerjaan. Supaya punya networking luas, kamu bisa mencoba masuk organisasi mahasiswa di kampusmu.

Baca Juga: Baca Ini Dulu Sebelum Masuk Jurusan Ekonomi Syariah! Penting Buat Maba

Cari Referensi

Apa kamu orangnya pemalu, jadi enggan mendiskusikan skripsi dengan kating dan alumni? Tenang, masih ada cara lain. Coba ke perpustakaan kampus dan baca-baca skripsi dari lulusan jurusan yang sama denganmu. Ingat, ini bukan berarti copas skripsi kating ya. Dengan banyak membaca referensi judul skripsi sebelumnya, kamu saja menemukan gagasan untuk judul skripsimu. 

Contoh Judul Skripsi Untuk Jurusan Ekonomi Syariah

Masih bingung menentukan judul skripsi? Ini contoh-contohnya yang dirangkum dari berbagai sumber:

  • Analisis Mekanisme Penetapan Harga Jual dan Jasa Dalam Perspektif Ekonomi Islam
  • Analisis Penyaluran Dana ZIS untuk Peningkatan Pendidikan
  • Pengelolaan Dana Zakat Produktif untuk Pemberdayaan Usaha Mikro
  • Analisis Potensi Wisata Syariah dengan Mengoptimalkan Industri Kreatif di Bandung
  • Pengelolaan dan Pelaporan Aset Wakaf pada Lembaga Wakaf di Indonesia
  • Analisis Perkembangan Pondok Pesantren Modern di Jakarta Barat

Nah, mudah-mudahan sudah ada bayangan ya untuk kamu yang bingung mencari judul skripsi di Jurusan Ekonomi Syariah. Untuk info lebih lengkap soal perkuliahan, yuk jelajahi goKampus! Langsung klik link di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *