Kuliah tidak hanya belajar di dalam ruangan kelas saja, tetapi lebih dari itu. Karena penting diketahui bahwa universitas negeri di Jakarta seperti misalnya, merupakan sebuah wadah untuk mengembangkan diri sekaligus meningkatkan kemampuan. Tidak heran, info event kampus bertebaran di dunia internet yang tujuannya tentu untuk memfasilitasi peran aktif mahasiswa.

Hadirnya event kampus di Jakarta contohnya, akan memberikan kesempatan bagi para mahasiswa untuk aktif dalam mengembangkan diri mereka. Sehingga tidak hanya fokus pada mata kuliah saja, tetapi juga aktif di lingkungan sekitar, dalam hal ini adalah kampus dan masyarakat.

Baca Juga: 3 Tips Dalam Menyongsong Kehidupan Mahasiswa

Tidak hanya bermanfaat besar bagi mahasiswa, melalui berbagai event kampus, juga akan memberikan banyak keuntungan bagi masyarakat sekitar, seperti menambah pengalaman, memperluas ilmu pengetahuan, dan lain sebagainya.

Info-info event kampus begitu mudah ditemukan di dunia internet. Cukup mengakses mesin pencari seperti Google, kemudian ketikkan kata kunci “event kampus”, dan sekejap informasi tersebut akan bermunculan.

Hampir setiap tahun, acara-acara perguruan tinggi negeri maupun swasta rajin diadakan. Mulai dari event lomba menulis, video, foto, dan yang sekarang ini paling popular, bukan lain adalah game, sebut saja contohnya Mobile Legends Competition.

Mengadakan acara di lingkungan kampus itu sendiri dapat dikatakan mudah jika tahu strategi dan caranya, tapi tentu menjadi sebaliknya apabila belum berpengalaman sebelumnya dan tidak mengetahui langkah-langkah menyelenggarakan event.

1. Semua Berawal Dari Tim yang Solid

Membuat tim yang kompak menjadi langkah menyelenggarakan event kampus yang pertama. Sebuah pepatah mengatakan bahwa “didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”. Pepatah ini menegaskan bahwa segala hal yang baik di luar itu tidak terlepas dari kekuatan yang ada di dalam.

Untuk itu, terlebih dahulu bentuk tim yang kuat. Tim yang kuat itu diantaranya mampu bertanggung jawab, dapat melakukan tugasnya sebaik mungkin, saling tolong menolong, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, mencari anggota panitia juga harus selektif. Pastikan mereka memiliki kemampuan yang sesuai dengan bidang yang akan dijalaninya nanti. Selain itu, mereka juga harus mampu membangun hubungan kerja secara baik antar sesama.

Menjaga kekompakkan juga menjadi hal yang tidak kalah pentingnya. Dengan hadirnya kekompakkan, maka akan terwujud kerja sama tim yang baik. Sehingga, event kampus dapat berjalan sesuai dengan rencana.

2. Perencanaan yang Matang dan Detail

Langkah kedua tentu saja perencanaan. Setelah memiliki tim yang kuat dan kompak, berikutnya adalah dengan mengadakan rapat besar yang membahas bagaimana dan seperti apa acara kuliah itu akan berlangsung nantinya.

Rapat perencanaan ini harus dibahas secara detail. Mulailah dengan hal besar yang kemudian merucut pada detail-detail kecil. Jangan sampai lewatkan detail sekecil apapun karena itu akan berdampak cukup besar.

3. Eksekusi Dengan Baik

Eksekusi adalah cara membuat event kampus bergengsi yang terakhir, usai tentu sebelumnya membentuk tim yang kuat dan melakukan perencanaan yang matang. Ingatlah, sebaik apapun perencaan jika tidak dieksekusi dengan baik, maka akan percuma.

Namun diingat juga bahwa eksekusi akan jauh lebih optimal apabila saat tahap perencanaannya begitu matang. Dengan kata lain, ketiga langkah ini saling berkaitan satu sama lain dan menjadi kunci sukses penyelenggaraan event kampus.

Untuk sebab itu, lakukan langkah demi langkah untuk menghadirkan event kampus bergengsi di Jakarta. Suksesnya sebuah acara tentu akan berdampak besar, bukan hanya untuk universitas terkait, mahasiswa sebagai panitia, tapi juga bagi masyarakat umum yang menikmati acara tersebut.

Ragam informasi acara kampus dapat ditemukan dengan mudah hanya melalui satu aplikasi, goKampus namanya. Tidak hanya itu, informasi seputar dunia perkuliahan seperti pendaftaran kuliah, magang dan beasiswa kuliah juga tersaji dengan menarik. Download aplikasi goKampus sekarang juga di Google Play Store dan App Store!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like