engineering
Kategori Kelas

3 Profesi Menjanjikan Bagi Lulusan Engineering

Apa yang terlintas di pikiranmu tentang kuliah engineering atau jurusan teknik? Butuh usaha keras untuk masuk ke jurusan tersebut, mata kuliah yang sulit dan membosankan, atau jurusan yang menyenangkan untuk dipelajari? Apapun itu, kuliah engineering ternyata punya prospek menjanjikan bagi para lulusannya lho.

Dalam keseharian, ilmu engineering banyak diterapkan dalam kehidupan manusia dalam melakukan sesuatu lho. Ilmu itu sendiri bisa digunakan untuk mengatasi masalah yang ada di sekitar kehidupan manusia sehari-hari dari yang kecil sampai yang terbesar. Ilmu ini juga punya cabang ilmu lainnya seperti teknik mesin, elektro, kimia, komputer dan lain sebagainya.

Dengan pilihan ilmu engineering yang cukup banyak, wajar kalau para lulusan ini sangat dilirik oleh perusahaan-perusahaan besar. Bahkan, seorang engineering berpengalaman, bisa menempati posisi-posisi penting dan jenjang karir yang menjanjikan. Yuk, simak penjelasannya!

Engineering Manager

Tugas utama seorang engineering manager adalah menyusun sumber daya dan rencana kerja suatu proyek. Nggak hanya itu, posisi juga bertanggung jawab memastikan proyek-proyek penting dan tugas-tugas engineering hingga tuntas. Selain  menguasai seluk beluk pekerjaan teknik industri, engineering manager harus memiliki problem solving skill yang baik.

Supaya bisa menduduki jabatan engineering manager, kamu harus punya pengalaman minimal lima tahun bekerja di bidang yang sama. Memang bukan peluang kerja bagi fresh graduate. Namun, kalau kamu bisa menjadi seorang engineering manager, kamu bisa mendapatkan gaji berkisar Rp4 jutaan hingga Rp10 jutaan per bulan.

Project Manager

Profesi lain yang nggak kalah menarik adalah menjadi project manager. Seorang project manager memiliki tanggung jawab untuk merencanakan, mengatur, dan mengawasi suatu proyek. Selain itu, project manager juga harus memastikan bahwa proyek tersebut selesai tepat waktu, sesuai bujet, dan dalam lingkup yang tepat.

Tim yang diawasi oleh seorang project manager biasanya lebih besar daripada tim di bawah seorang engineering manager. Selain itu, engineering manager juga harus punya communication skill yang baik. Soalnya, untuk menyelesaikan pekerjaan teknik industri ini membutuhkan komunikasi yang baik dengan para stakeholders.

Dengan peran yang sangat penting bagi perusahaan, peluang gaji yang bisa dibawa pulang seorang project manager berkisar antara Rp4 jutaan hingga Rp17 jutaan per bulan tergantung pengalaman dan track record kerja. Mantap kan!

Health and Safety Officer

Di setiap perusahaan, seorang Health, Safety, and Environment (HSE) engineer, officer, maupun manager menjadi prospek kerja teknik industri yang nggak kalah penting lho. Peran Health and Safety Officer adalah mencegah kecelakaan kerja maupun berbagai penyakit selama dalam lingkup pekerjaan.

Selain menerbitkan dokumen yang mengatur keamanan kerja, tugas HSE officer mencakup inspeksi reguler, investigasi kecelakaan kerja, pelatihan keamanan kerja, dan masih banyak lagi. Selain itu, HSE menganalisis lokasi proyek dan mengatur prosedur kerja agar tetap aman bagi semua pekerja menjadi tugas divisi HSE.

Soal gaji? Posisi ini mampu menghasilkan hingga Rp11 jutaan per bulan. Tentu saja, pengalaman kerja dan jabatan memiliki bobot penting dalam menentukan besaran gaji.

Gimana? Kamu tertarik untuk menuntut ilmu engineering? Atau mungkin kamu berminat dengan ilmu lainnya? Tenang, kamu bisa melakukan itu semua dan cocokologi minat dan karir yang ingin kamu capai di goKampus! Langsung kunjungi situs goKampus di link ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *