Bagi sebagian pelajar Indonesia, kuliah di luar negeri adalah sebuah cita-cita. Tidak sedikit dari mereka yang sudah mulai memikirkan untuk mengenyam pendidikan di negeri orang. Alasannya beragam, mulai dari ingin mendapatkan kualitas pendidikan terbaik, hingga pengalaman baru yang tentunya tidak bisa didapatkan jika kuliah di dalam negeri.

Selain Australia dan Amerika Serikat, Inggris menjadi negara tujuan pendidikan bagi para pelajar Indonesia. Bukan rahasia umum lagi bahwa negara yang terkenal dengan ikon jam Big Ben tersebut juga menawarkan kualitas pendidikan terbaik. Tak heran, banyak pelajar dari seluruh penjuru dunia, termasuk pula Indonesia, bermimpikan bisa kuliah di Inggris.

Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Kamu Harus Kuliah di Inggris

Bagi kamu yang berencana untuk kuliah di Inggris, selain memikirkan besaran biaya yang akan dikeluarkan untuk mengenyam pendidikan tinggi hingga lulus, satu hal yang tidak kalah pentingnya adalah menentukan jurusan kuliah yang tepat.

Proses mencari jurusan kuliah menjadi tahap yang cukup menantang. Namun bukan berarti menjadi alasan untuk kamu menurunkan rasa semangat. Dapat dikatakan, memilih jurusan itu mudah-mudah sulit. Pasalnya, setiap program studi memiliki kelebihannya masing-masing dan pastinya pula memberikan program pembelajaran terbaik.

Jurusan kuliah seringkali menjadi hal yang sangat membingungkan untuk kamu. Jurusan yang ini bagus, tapi yang itu juga bagus, dan yang lainnya juga tidak kalah menggiurkannya akan prospek kerja yang ditawarkan. Atau justru kamu tidak bisa menentukan jurusan yang sesuai dengan diri kamu sendiri.

Tidak perlu khawatir, hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar. Terlebih lagi tujuan negara pendidikan kamu adalah Inggris, sebuah negara yang bukan menjadi tempat kamu tumbuh dan berkembang.

Untuk membantu kamu dalam menentukan jurusan kuliah di Inggris. Berikut ini tiga langkah mudah dan dijamin kamu akan yang dengan pilihan tersebut.

1. Jurusan Kuliah Paling Popular di Inggris

Langkah pertama dalam memilih jurusan kuliah di Inggris adalah dengan mengetahui program-program studi yang terkenal di Inggris. Tujuannya supaya kamu mengetahui gambaran tentang dunia perkuliahan di sana dari segi program studi.

Jurusan medis, seperti Kedokteran dan Keperawatan menjadi program studi paling popular di Inggris. Fakta ini tidak berbeda jauh dengan gambaran dunia perkuliahan di Indonesia, dimana program studi yang berkaitan dengan dunia kesehatan menjadi yang paling banyak diminati.

Alasannya karena kesempatan untuk mendapatkan penghidupan yang layak di masa depan begitu terjamin. Karena sama-sama diketahui bahwa pendapatan seorang yang bekerja di dunia medis terbilang mencukupi bahkan lebih.

Di urutan kedua dalam jurusan paling diminati di Inggris adalah Psikologi. Hukum, Computer Science, Seni dan Desain secara berurutan menempati peringkat ketiga hingga kelima dalam daftar program studi terpopular di Inggris.

2. Sesuaikan Dengan Minat dan Bakat

Setelah mengetahui gambaran dunia perkuliahan dari segi jurusan kuliah, langkah kedua dalam menentukan program studi di Inggris adalah sesuai dengan minat dan bakat. Tentu saja ini menjadi hal yang sangat penting.

Pastikan kamu tidak ikut-ikutan akan pilihan orang lain, sekalipun itu teman atau sahabat kamu. Pasalnya, minat dan bakat setiap orang itu berbeda. Untuk apa kamu diciptakan jika tujuan hidupmu sama dengan orang lain.

3. Tentukan Jurusan Kuliah Berdasarkan Prestasi

Dan langkah terakhir dalam menentukan jurusan kuliah di Inggris adalah pilih berdasarkan prestasi. Lihat kembali apa saja penghargaan atau prestasi yang sudah berhasil kamu capai hingga detik ini.

Apabila tidak ada satu pun prestasi yang mampu diraih, coba lihat nilai mata pelajaran kamu. Mata pelajaran mana yang mendapatkan nilai terbaik. Namun tidak serta merta langsung memutuskan jurusan yang berkaitan dengan mata pelajaran dengan nilai terbaik tersebut. Ingat kembali bagaimana kamu memperoleh nilai tersebut.

Buat segala urusan kampus beres hanya dalam satu genggaman dengan download aplikasi aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store. Melalui app goKampus, proses pendaftaran kuliah bisa dilakukan dan hemat 80%. Selain itu, raih kesempatan beasiswa kuliah hingga 20 juta per semester. Tak sampai disitu, kamu juga bisa mengajukan pinjaman dana pendidikan, menciptakan acara kampus dan mengikuti beragam program magang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like