gelar sarjana
Upskill

10 Jurusan Yang Sedikit Peminat, Tapi Peluang Besar

Jurusan yang sedikit peminat tapi peluang besar – Memilih jurusan dan kampus untuk masa depan memang gak boleh sembarangan, banyak pertimbangan yang harus kamu pikirkan loh, mulai dari passion, pelajaran yang kamu suka, bahkan sampai peluang kerjanya di masa depan seperti apa. Apalagi saat ini program studi semakin menjamur di berbagai kampus.

Mungkin banyak yang memilih jurusan umum yang selalu jadi pilihan favorit di Indonesia misalnya seperti jurusan hukum,manajemen, ilmu komunikasi, dan lain sebagainya. Tapi, ada juga loh beberapa jurusan yang sedikit peminat tapi peluang besar di masa depan. Penasaran apa aja? Cek artikel ini yuk!

1. Jurusan Teknik Perkapalan

Jurusan yang sedikit peminat tapi peluang besar yang pertama adalah jurusan teknik perkapalan. Kamu pasti sering dengar tentang teknik mesin, teknik industri, dan semacamnya tapi gimana nih dengan teknik perkapalan? Di jurusan perkapalan ini, kamu akan belajar mengenai perancangan dan pembuatan kapal mulai dari desain, pemilihan bahan, produksi, perawatan, hingga pengoperasian kapal. 

Dengan mengambil jurusan ini, kamu akan memiliki peluang yang besar untuk bekerja menjadi ahli perkapalan, manager logistik, insinyur perkapalan, pelaut, dan ahli transportasi.

2. Jurusan Astronomi

Jurusan yang sedikit peminat tapi peluang besar yang selanjutnya adalah jurusan astronomi. Mungkin kamu gak terlalu asing dengan jurusan astronomi, tapi di Indonesia jurusan ini masih sangat sepi peminatnya. Jurusan ilmu astronomi akan mempelajari tentang objek benda-benda di langit. Dengan menerapkan ilmu fisika terhadap objek di langit, mempelajari struktur, sifat evolusi alam semesta dan tata surya.

Tapi, kalau kamu mengambil jurusan ini, kamu memiliki peluang besar untuk bisa menjadi ahli astronom, atau peneliti yang bekerja di LIPI, LAPAN, BMKG, hingga bisa bekerja di NASA loh! Keren banget kan?

3. Jurusan Aktuaria

Jurusan yang sepi peminat selanjutnya adalah jurusan aktuaria. Jurusan Aktuaria merupakan ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan risiko terhadap keuangan di masa depan. Ilmu aktuaria merupakan kombinasi dari peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer. Kalau kamu termasuk orang yang suka dan ahli banget dalam hitung-hitungan, jurusan ini cocok banget untuk kamu!

Di Indonesia sendiri, jurusan aktuaria memang masih terdengar asing, tapi setelah kamu lulus dan menjadi sarjana aktuaria, maka kamu tidak perlu pusing karena kesempatanmu untuk dapat pekerjaan sangat besar, dan gajinya juga luar biasa!

4. Jurusan Ekonomi Kreatif

Meskipun program studi yang satu ini memiliki sedikit peminat, namun program studi ini memiliki berbagai prospek kerja yang sangat menjanjikan loh! Program studi ekonomi kreatif ini mengajarkan kamu bagaimana caranya bisa membangun dan mengembangkan segi perekonomian Indonesia dari segi kreatif. Nantinya, kamu bisa kerja di pemerintahan atau mendirikan startup loh!

Baca Juga: Simak 8 Prospek Kerja Teknik Kimia Cocok Untukmu!

5. Jurusan Teknik Nuklir

Jurusan selanjutnya adalah jurusan teknik nuklir. Ini adalah sebuah program studi yang mempelajari tentang ilmu inti atom yang menggunakan berbagai prinsip fisika nuklir pada dasarnya. Kalau kamu masuk ke jurusan ini, kamu akan belajar tentang perancangan, pengembangan, perawatan sistem, dan mengoperasikan berbagai komponen sistem nuklir.

Kalau kamu mengambil jurusan ini, kamu akan memiliki peluang besar untuk bekerja menjadi ahli kimia, ahli teknologi, ahli teknik nuklir, dan lain sebagainya.

6. Jurusan Bisnis Digital

Mumpung saat ini kita sedang fokus di industri 4.0 maka program studi Bisnis Digital bisa jadi solusi terbaik buat kamu yang ingin selalu berkembang dan menyesuaikan diri dengan zaman.

Kamu akan belajar banyak mengenai teknologi, bisnis online, startup, marketing digital, dan banyak hal yang berkaitan sama teknologi nantinya. Pastinya gak akan membosankan deh!

7. Jurusan Antropologi

Jurusan yang sepi peminat tapi memiliki peluang besar yang selanjutnya adalah jurusan antropologi. Kalau kamu senang menggali dan mencari tau mengenai kehidupan tentang manusia, bagaimana asalnya, budaya, hingga mempelajari ciri-ciri fisik dan interaksi, jurusan ini jawabannya! Kamu akan mempelajari seluk-beluk, unsur-unsur kebudayaan dalam kehidupan manusia, hingga semua hal mengenai manusia.

Kalau kamu mengambil jurusan ini, kamu memiliki peluang besar untuk menjadi ahli antropologi, dosen/tenaga pengajar, sosiolog, blogger, dan pekerjaan lainnya yang menjanjikan.

8. Program Studi Administrasi Fiskal

Pernah dengar jurusan kuliah IPS yang satu ini gak? Kedengarannya memang gak terlalu familiar dibandingkan dengan jurusan kuliah IPS lainnya. Tapi, kalau kamu tertarik untuk belajar mengenai seluk beluk pengelolaan aset dan keuangan negara, jurusan ini tepat banget buat kamu!

Di jurusan administrasi fiskal, kamu akan mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan tata kelola kekayaan suatu negara termasuk tentang perpajakan dan kebijakan fiskal.

Wah.. wah rumit ya? Sabar dulu! Untuk prospek karir Administrasi Fiskal juga cukup luas loh, kamu bisa bekerja sebagai dosen, peneliti, pengawas imigrasi dan bea cukai, ahli perencanaan pajak, PNS, dan berbagai profesi lain untuk kamu. Sudah dipastikan deh jurusan kuliah IPS satu ini akan menjanjikan banget!

9. Program Studi Manajemen Perhotelan

Buat kamu yang suka dengan bahasa inggris dan mau berkarir di bidang pariwisata/perhotelan bisa banget ambil jurusan manajemen perhotelan guys! Di jurusan ini, kamu akan belajar dan mengembangkan keterampilan di bidang perhotelan. 

Di jurusan ini kamu akan belajar segala hal tentang perencanaan, pengelolaan, manajemen, sampai pengawasan akomodasi. Nah, untuk prospek kerjanya kamu gak perlu khawatir, karena karir jurusan manajemen perhotelan terbuka luas, seperti perencana meeting, manajer hotel, food service manager, manager penginapan, kepala koki, dan lain-lainnya.

10. Program Studi Filsafat

Program studi Ilmu Filsafat mempelajari tentang sifat dasar manusia dan hubungannya dengan realitas di masyarakat. Nah, permasalahannya ini juga meliputi tentang moralitas, tujuan hidup, hati nurani, dan esensi tentang kemanusiaan. Di ilmu Filsafat, kamu akan mempelajari tentang Hak Asasi Manusia (HAM), paradigma feminis, teologi, dan lain-lainnya. 

Yang menarik adalah saat kamu kuliah di ilmu filsafat, kamu akan dituntut untuk belajar berpikir jernih tanpa mengesampingkan kebenaran di setiap ilmu pengetahuan. Lulusan sarjana Filsafat juga bisa bekerja menjadi pengamat, konselor, psikoterapis, jurnalis, bahkan sampai pejabat di pemerintahan.

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu bisa kunjungi halaman ini untuk cari informasi lebih lanjut ya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *