manfaat organisasi himpunan mahasiswa
goKampus Tips Belajar Upskill

10 Jurusan Kuliah untuk Anak IPS Paling Diminati

Buat anak-anak kelas 12 IPS yang lagi bingung memilih jurusan khususnya jurusan kuliah untuk anak IPS, gimana nih kabarnya? Anak-anak IPS yang terkenal dengan cinta hapalan tapi gak cinta rumus, pada galau gak sih milih jurusan kuliah untuk anak IPS? Kira-kira apa aja sih jurusan kuliah untuk anak IPS yang cocok buat kamu? Nah, goKampus akan kasih tau 10 jurusan kuliah untuk anak IPS siapa tau bisa jadi referensi untukmu ya!

1. Jurusan Psikologi

Jurusan kuliah untuk anak IPS yang pertama adalah jurusan Psikologi. Ilmu psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku, pikiran, dan mental manusia. Gak jarang kalau kamu dianggap sebagai cenayang karena kamu bisa membaca dan senang mengamati perilaku orang-orang di sekitar. Nah, untuk prospek kerja jurusan psikologi pun bisa beragam, kamu bisa bekerja sebagai HRD, peneliti, maupun jadi psikolog loh!

2. Jurusan Sastra

Jurusan kuliah untuk anak IPS yang selanjutnya adalah jurusan sastra nih guys. Kalau kamu senang belajar bahasa baru, jurusan sastra cocok banget jadi jurusan kuliah untuk anak IPS. Gak cuma belajar bahasa Inggris aja, tapi kamu akan belajar Sastra Jerman, Sastra Prancis, Sastra Rusia, Sastra Jawa, dan lain sebagainya.

Kamu tinggal pilih aja sastra mana yang paling sesuai dengan minatmu. Selain itu, jurusan sastra juga memiliki prospek kerja yang luas yang bisa kamu kembangkan di berbagai bidang seperti penerjemah, jurnalis, dosen, bahkan sampai kerja di Kedutaan Besar. Wah.. keren banget kan?

3. Jurusan Hubungan Internasional

Jurusan kuliah untuk anak IPS yang berikutnya adalah jurusan Hubungan Internasional. Dimana jurusan ini bisa dibilang termasuk salah satu jurusan IPS yang paling bergengsi karena selalu jadi incaran banyak pelajar Indonesia.

Di jurusan ini, kamu akan belajar banyak mengenai relasi dan interaksi antar negara, diplomasi, politik luar negeri, ekonomi luar negeri, kajian sosial, dan lain-lainnya.

Nantinya mahasiswa lulusan Hubungan Internasional biasanya akan banyak bekerja sebagai pejabat, dosen, PNS, jurnalis, dan bahkan mendominasi Kementerian Luar Negeri. Buat kamu yang suka dengan politik luar negeri, bisa nih jurusan HI jadi pilihan utama!

4. Jurusan Bisnis dan Manajemen

Buat kamu yang banget jadi entrepreneur atau pebisnis, jurusan kuliah untuk anak IPS yang satu ini cocok banget buatmu! Jurusan bisnis dan manajemen ini selalu saja ramai para peminatnya karena prospek karir yang terjamin di masa depan.

Buat kamu yang suka banget belajar tentang keuangan, bisnis, ekonomi, inflasi, wirausaha dan lain-lainnya, kamu bisa menekuni jurusan bisnis dan manajemen. Selain itu, kamu bisa merintis karir di banyak bidang nih seperti analisis investasi, akuntan, penasihat keuangan, perpajakan, pebisnis, dan masih banyak lagi.

5. Jurusan Jurnalistik/Broadcasting

Jurusan kuliah untuk anak IPS yang satu ini bisa dibilang selalu banyak peminatnya loh guys! Program studi jurnalistik ini akan membantu mengasah seluruh pemikiran kamu, gak hanya menjadi lebih kritis secara pemikiran, tapi kamu juga akan mendalami ilmu penulisan, public speaking, dan juga pemecahan masalah.

Saat lulus menjadi mahasiswa jurnalistik nanti, kamu juga bisa menjalani berbagai profesi seperti wartawan TV, koran, atau radio, editor media, konten kreator, analisis media, peneliti, dan profesi-profesi lainnya.

Baca Juga: Daftar 10 Jurusan Untuk Anak IPA Yang Cocok Untukmu!

6. Jurusan Ilmu Politik

Nah, kalau jurusan kuliah untuk anak IPS yang satu ini cocok banget buat kamu yang pengen jadi anggota parlemen atau politisi. Ilmu politik adalah bidang yang sangat menarik untuk ditekuni, kamu akan mempelajari berbagai mata kuliah seperti sosiologi, antropologi, Hak Asasi Manusia (HAM), bahkan kamu akan mendalami sistem politik luar negeri loh! 

Meskipun terdengar berat, tapi peluang karir yang ada di jurusan ilmu politik ini gak hanya membawa kamu jadi politikus aja, tapi kamu bisa mengembangkan minat dan bakat kamu menjadi analisis politik, dosen, peneliti, pengamat politik, bahkan berkarya di bidang lain seperti ekonomi dan bisnis.

7. Jurusan Sosiologi

Jurusan kuliah untuk anak IPS yang selanjutnya adalah jurusan ilmu sosiologi. ilmu sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang interaksi antara satu orang dengan yang lainnya serta bagaimana sebuah struktur sosial terbentuk di dalam masyarakat. Buat kamu yang suka banget dengan kondisi atau fenomena sosial yang sedang terjadi di masyarakat, jurusan ini cocok buat kamu. 

Setelah kamu lulus sebagai mahasiswa sosiologi, pastinya kamu akan lebih banyak mendedikasikan diri untuk membantu masyarakat, seperti dosen atau peneliti, bergabung dengan lembaga-lembaga sosial, dan profesi lain yang berkaitan dengan pembangunan sosial.

8. Jurusan Ilmu Hukum

Jurusan kuliah IPS yang terakhir adalah jurusan ilmu Hukum nih.Ilmu Hukum merupakan jurusan dengan prospek kerja yang sangat cemerlang dan familiar. Gak heran nih, kalo jurusan ilmu Hukum punya banyak banget peminatnya.

Di Ilmu Hukum, kamu akan belajar dasar-dasar ilmu hukum seperti hukum pidana dan perdata, hukum pajak, hukum internasional, filsafat hukum, hukum dagang, dan lain-lainnya.

9. Jurusan Administrasi Fiskal

Pernah dengar jurusan kuliah untuk anak IPS yang satu ini gak? Kedengarannya memang gak terlalu familiar dibandingkan dengan jurusan kuliah IPS lainnya kan? tapi , kalau kamu tertarik untuk belajar mengenai seluk beluk pengelolaan aset dan keuangan negara, jurusan ini tepat banget buat kamu! 

Di jurusan administrasi fiskal, kamu akan mempelajari banyak hal yang berkaitan dengan tata kelola kekayaan suatu negara termasuk tentang perpajakan dan kebijakan fiskal. Wah.. wah rumit ya? Sabar dulu! Untuk prospek karir Administrasi Fiskal juga cukup luas loh, kamu bisa bekerja sebagai dosen, peneliti, pengawas imigrasi dan bea cukai, ahli perencanaan pajak, PNS, dan berbagai profesi lain untuk kamu. Sudah dipastikan deh jurusan kuliah IPS satu ini akan menjanjikan banget!

10. Jurusan Manajemen Perhotelan

Buat kamu yang suka dengan bahasa inggris dan mau berkarir di bidang pariwisata/perhotelan bisa banget ambil jurusan manajemen perhotelan guys! Di jurusan ini, kamu akan belajar dan mengembangkan keterampilan di bidang perhotelan. 

Di jurusan ini kamu akan belajar segala hal tentang perencanaan, pengelolaan, manajemen, sampai pengawasan akomodasi. Nah, untuk prospek kerjanya kamu gak perlu khawatir, karena karir jurusan manajemen perhotelan terbuka luas, seperti perencana meeting, manajer hotel, food service manager, manager penginapan, kepala koki, dan lain-lainnya.

Kamu bisa dapatkan semua jurusan ini di berbagai universitas-universitas swasta yang ada di aplikasi goKampus loh. Kamu bisa kunjungi halaman ini untuk mencari tahu informasi lebih lanjut ya!

Jangan lupa untuk konsultasikan semua kebutuhan perkuliahanmu dengan goKampus ya! Semoga artikel dari goKampus bermanfaat untuk kamu, ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #PastiBisaKuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *