sastra jepang
Kategori Kelas

Yuk, Belajar Sambil Menekuni Hobi di Sastra Jepang!

Kon’nichiwa! Apa yang terbayang pertama kali ketika mendengar kata ‘Jepang’? Kota Tokyo? Makanan khas Jepang? Kebudayaannya? Pasti banyak banget deh yang menjawab manga dan anime. Mempelajari kebudayaan dan bahasa Jepang memang menarik banget. Bahkan gak sedikit yang bercita-cita ingin fasih bahasa Jepang, sehingga saat menonton anime tidak perlu menggunakan subtitle bahasa Indonesia. Tenang, cita-cita kamu akan terjawab ketika kamu belajar di jurusan sastra Jepang!

“Hah? Sastra Jepang? Merangkai kata bahasa Indonesia dengan cantik aja masih bingung, apalagi belajar sastra Jepang!”

Jangan panik dulu teman-teman! Meski terdengar seram, tapi di jurusan ini kalian akan dibimbing untuk lebih mengenali berbagai hal terkait Jepang. Bahkan kalian juga bisa memiliki kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ke Jepang loh!

Apa yang Dipelajari Jurusan Sastra Jepang?

Di jurusan sastra Jepang, kamu akan belajar dan mendalami berbagai hal terkait Jepang, mulai dari tata bahasa, karya sastra, budaya, hingga sejarah. Jangan khawatir kalau kamu belum mempunyai basic bahasa Jepang, karena di jurusan ini kamu akan dibimbing dari awal untuk mengenal berbagai huruf Jepang.

Ada 5 jenis huruf Jepang yang biasa digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari, yaitu hiragana, katakana, kanji, romaji, dan alphabet. Di awal masa perkuliahan, kamu akan dikenalkan dengan semua jenis huruf ini. Agar lebih fasih, kamu juga akan dibiasakan untuk berkomunikasi dengan bahasa Jepang, baik secara lisan atau pun tertulis. Wow, seru banget kan!

Selain itu, kamu akan dikenalkan dengan berbagai budaya Jepang, termasuk kesenian, pakaian adat, tradisi, hingga karya sastranya. Kamu juga bisa mengetahui sejarah negara Jepang, bagaimana keadaan sosiologi dan politik, mempelajari filsafat, hingga mengetahui seperti apa hubungan kerjasama negara Jepang dengan Indonesia. Jurusan ini juga akan mempelajari cara menerjemahkan berbagai karya negara Jepang ke bahasa Indonesia. Wah, kalau kaya gini sih cita-cita bisa nonton anime atau membaca manga tanpa subtitle Indonesia auto tercapai!

Baca Juga: Ingin Jelajahi Dunia Timur Tengah? Pilih Jurusan Sastra Arab!

Kampusnya Lumayan Banyak!

Di Indonesia sendiri sudah banyak perguruan tinggi yang menyediakan jurusan sastra Jepang untuk kamu yang ingin masuk ke dalam jurusan ini. Terdapat perguruan tinggi negeri dan juga swasta, kira-kira kamu bakal pilih yang mana ya?

1. Perguruan Tinggi Negeri

Website Japan Study Pass memberikan rekomendasi perguruan tinggi negeri yang memiliki jurusan sastra Jepang terbaik:

1. Universitas Gadjah Mada

2. Universitas Indonesia

3. Universitas Pendidikan Indonesia

4. Universitas Diponegoro

5. Universitas Airlangga

6. Universitas Brawijaya

7. Universitas Negeri Semarang

8. Universitas Sumatera Utara

9. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

10.  Universitas Udayana

2. Perguruan Tinggi Swasta

Melansir Universitas123, berikut perguruan tinggi swasta yang terdapat jurusan sastra Jepang:

1. Universitas Dharma Persada

2. Universitas Bina Nusantara

3. Universitas Bung Hatta

4. Universitas Al-Azhar Indonesia

5. Universitas Dian Nuswantoro

6. Universitas Widyatama

7. Universitas dr. Soetomo

8. Universitas Nasional

9. Universitas Kristen Maranatha

Prospek Kerjanya Oke!

“Setelah lulus dari sastra Jepang, aku bisa kerja di mana aja ya?”

Gak usah bingung, karena prospek kerja lulusan sastra Jepang sangat luas dan banyak. Kamu dapat bekerja mulai di bidang pemerintahan, pariwisata, industri kreatif, akademisi, hingga lembaga atau perusahaan. Misalnya di bidang pemerintahan kamu bisa bekerja menjadi staf kementerian atau kedutaan besar Jepang. Kemudian di bidang pariwisata kamu bisa menjadi pengusaha atau staf hotel dan travel, juga pemandu wisata. Wow, bisa bekerja sekaligus sambil jalan-jalan! Di bidang industri kreatif kamu bisa menjadi penerjemah atau interpreter, penulis, content creator, dan jurnalis. Kamu juga bisa menjadi tenaga pengajar dan pendidik, staf di perusahaan Jepang, hingga menjadi leksikografer atau orang yang bekerja untuk membuat dan menyusun kamus.

Semakin yakin untuk belajar di jurusan sastra Jepang? Atau kamu mau lihat-lihat berbagai jurusan sastra yang ada di Indonesia, seperti sastra Indonesia, sastra Inggris, dan juga sastra Arab? Kamu bisa baca semuanya di website goKampus. Penasaran? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *