universitas kedokteran terbaik di indonesia
Kategori Kelas

Universitas Dengan Jurusan Kedokteran Terbaik Di Indonesia? Cek Di Sini!

Siapa nih yang udah punya rencana melanjutkan studinya ke fakultas kedokteran setelah lulus SMA? Gak bisa dipungkiri, sampai saat ini fakultas kedokteran adalah jurusan yang masih banyak diminati oleh para calon mahasiswa, meskipun memiliki waktu kuliah yang lama. Kalau kamu sendiri, kira-kira kenapa nih memilih jurusan kedokteran? Apa kamu juga sudah cari tahu universitas kedokteran terbaik di Indonesia? Yuk, kita bahas.

Apapun alasanmu, asal kamu terus semangat dan pantang menyerah pasti bisa mencapai impianmu itu. Nah, untuk mendukung cita-cita dan impianmu, goKampus udah merangkum beberapa universitas dengan jurusan kedokteran terbaik nih! Mulai dari universitas dalam negeri, dan juga luar negeri.

Belum lama ini lembaga pemeringkatan Times Higher Education World University Rankings (THE WUR), meng-update peringkat perguruan tinggi dunia yang diukur berdasarkan bidang keilmuan untuk tahun 2022. Beberapa perguruan tinggi negeri Indonesia pun masuk ke dalam daftar peringkat tersebut. Berdasarkan peringkat ini, terdapat enam perguruan tinggi terbaik Indonesia, dalam subjek Clinical & Health. Jurusan-jurusan yang termasuk dalam peringkat ini adalah jurusan kedokteran, kedokteran gigi, keperawatan, dan jurusan di bidang kesehatan lainnya.

Penentuan peringkat tersebut berdasarkan penilaian dari lima indikator, seperti sitasi (citations), pendapatan industri (industry income), pandangan internasional (international outlook), riset (research) serta pengajaran (teaching). Berikut adalah daftar universitas dengan jurusan kedokteran terbaik di Indonesia.

Kampus Favoritmu Termasuk Universitas Kedokteran Terbaik Di Indonesia? Cek Daftarnya

1  Universitas Indonesia – ranking dunia 401-500

2  Universitas Airlangga – ranking dunia 601+

3  Universitas Brawijaya – ranking dunia 601+

4  Universitas Gadjah Mada – ranking dunia 601+

5  Universitas Hasanuddin – ranking dunia 601+

6  Universitas Padjadjaran – ranking dunia 601+

Sedangkan perguruan tinggi dengan jurusan kedokteran terbaik di dunia, peringkat satu diduduki oleh Universitas Oxford, diikuti dengan universitas bergengsi dunia lainnya.

1. Universitas Oxford

2. Universitas Harvard

3. Imperial College London

4. Universitas Cambridge

5. Unversitas Toronto

6. Universitas Stanford

Baca Juga: Yuk! Intip Biaya Kuliah Jurusan Kedokteran di 6 PTN Favorit

Nah, buat kamu yang masih bingung memilih universitas, jangan khawatir. Kamu bisa mengikuti tips-tips di bawah ini.

Universitas Apa Yang Cocok Buat Kamu?

1  Tentukan beberapa universitas pilihanmu, baik itu negeri maupun swasta

2  Mencari informasi dengan lengkap. Kuncinya adalah riset, riset, dan riset. Dengan melakukan riset, kalian akan semakin mengenali kampus pilihan kalian

3  Mintalah saran dari guru di sekolah dan orang-orang terdekat

4  Jangan lupa perhatikan reputasi universitas yang kamu pilih

5  Perhatikan juga lokasi kampus yang akan dipilih. Lokasi adalah salah satu faktor penting, karena akan mempengaruhi kehidupanmu sehari-hari, misalnya biaya hidup dan pergaulan

6  Biaya kuliah wajib menjadi pertimbangan untuk kamu yang akan melanjutkan studi di perguruan tinggi. Cari info juga apakah kampus dan jurusanmu terdapat beasiswa

7  Karena memiliki daya tampung yang terbatas, maka alangkah baiknya kamu menyusun pertimbangan dan strategi

8  Jadilah realistis. Terkadang kamu bisa menjadi sangat ambisius untuk bisa masuk ke dalam perguruan tinggi yang kamu impikan. Tapi kamu perlu berpikir realistis agar tidak terlalu kecewa jika belum mendapat hasil yang diinginkan. Berusahalah sesuai kemampuan diri.

Gimana? Semakin yakin untuk menjadi mahasiswa fakultas kedokteran? Atau masih mau liat-liat jurusan dan universitas lainnya? Tenang, semua informasi itu bisa kamu cari di goKampus. Yuk, langsung saja cari tahu informasi jurusan di sini ya!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *