menu sahur sehat agar tidak lemas
Tips Belajar

Tips Memilih Menu Sahur Sehat Agar Tidak Lemas Saat Berpuasa

Sahur hukumnya adalah sunnah, artinya gak wajib. Meskipun kamu gak sahur, puasanya tetap sah. Meski begitu, tetaplah sahur saat berpuasa di bulan Ramadhan. Sahur sangat penting sebagai bekal kita menjalani puasa selama belasan jam. Inilah tips memilih menu sahur sehat agar kamu tidak lemas.

Baca Juga: Mana yang Jadi Batas Waktu Sahur? Imsak atau Subuh?

Konsumsi Karbohidrat Kompleks

Tubuh kita memerlukan karbohidrat kompleks sebagai sumber energi. Sehingga, asupan karbohidrat harus ada dalam menu sahur agar tak lemas saat berpuasa. Catat, karbohidrat kompleks enggak mesti nasi putih, lho. Kamu bisa menggunakan alternatif seperti nasi merah, roti gandum, dan sereal yang kaya serat, sehingga dapat mengatur pelepasan energi secara perlahan.

Jangan Lupa Mengonsumsi Protein

Fungsi protein adalah cadangan energi pada tubuh. Jadi, protein harus ada dalam menu sahur agar kamu tidak lemas saat berpuasa. Sumber protein bisa kamu dapatkan dari daging ayam, sapi, ikan, telur, tempe, dan kacang-kacangan.

Perbanyak Sayur dan Buah, Salah Satu Menu Sahur Sehat Dan Ampuh Agar Tidak Lemas

Jangan makan daging melulu, makan sayur juga dong! Kalimat itu pasti pernah kamu dengar dari ibu kepada anaknya. Yup, menjadikan sayuran dan buah sangat tepat untuk menu sahur sehat karena kaya akan kandungan serat. Ini membuat sayuran dan buah bisa mengenyangkan dan mempertahankan rasa kenyang lebih lama, sehingga cocok sebagai menu sahur sehat agar kamu tak lemas saat berpuasa.

Hindari Makanan Pedas dan Gorengan

Makanan khas Indonesia penuh dengan menu yang pedas. Enak sih, tapi sebaiknya dihindari saat sahur. Sebab, makanan pedas bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan memicu penyakit maag. Tentu kamu enggak mau kena maag saat berpuasa, kan?

Demikian juga dengan gorengan, karena makanan jenis ini dapat memicu radang tenggorokan. Minyak goreng pada jajanan gorengan juga umumnya pakai minyak berulang, sehingga bisa membahayakan kesehatan tubuh, karena memicu kanker.

Banyak Minum Air Putih

Saat puasa, kita bakal lebih mudah terkena dehidrasi karena gak bisa minum. Oleh karena itu, asupan air putih yang cukup sangat dibutuhkan saat kita sahur. Umumnya, asupan air putih yang sehat sebanyak 2 liter atau 8 gelas per hari. Jadi, saat sahur usahakan minum air putih setidaknya sampai 4 gelas, sisanya diminum saat berbuka.

Itulah menu sahur sehat agar kamu tak lemas saat berpuasa. Bagi kamu yang menjalani puasa Ramadhan, semoga puasanya lancar ya! Selama Ramadhan, jangan lupa untuk selalu meningkatkan skill dan menambah ilmu dengan belajar secara online goKampus ya!

Kursus online di goKampus, skill meningkat, dapat sertifikat siap kerja berlisensi universitas di Singapura! Penasaran? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *