tes jurusan kuliah
Upskill

Simak Kisi-Kisi Tes Jurusan Kuliah

Untuk kamu para pejuang SNMPTN dan SBMPTN, pastinya sudah menunggu dan penasaran kan kira-kira bagaimana sih soal yang akan keluar waktu tes jurusan kuliah? Nah, goKampus akan memberikan kamu kisi-kisi mengenai tes jurusan kuliah atau soal-soal di SBMPTN dan SNMPTN.

Jangan lupa ya, kamu harus memastikan bahwa data diri kamu sudah resmi terdaftar di platform dan siap mengikuti tes jurusan kuliah SBMPTN dan SNMPTN! Yuk cek kisi-kisinya!

Waktu menjawab soal SBMPTN dan SNMPTN

Waktu kamu untuk menjawab satu soal SNMPTN dan SBMPTN adalah 60 detik atau 1 menit. Cara untuk mengerjakannya biasanya kamu lebih baik mengerjakan soal-soal yang mudah untuk dikerjakan. Jangan tinggalkan soal tanpa jawaban, sebisa mungkin kamu harus menjawab semua soal khususnya jika itu adalah pilihan ganda.

Teknik The King

Nah, tes jurusan kuliah yang selanjutnya adalah teknik The King. Teknik The King ini tentunya juga banyak digunakan saat mengerjakan soal SBMPTN dan SNMPTN. Teknik The King merupakan salah satu cara cepat untuk mengerjakan atau menyelesaikan berbagai soal yang rumit, panjang, dan bersifat hitung-hitungan seperti matematika, kimia, ataupun fisika.

Metode menggunakan teknik ini juga meminta kamu untuk lebih cerdik, karena dalam mengerjakan soal satu persatu perlu sambil menghubungkan soal yang ada. Kamu juga akan lebih mudah ketemu jawabannya.

Kisi-Kisi Tes Jurusan Kuliah atau Soal SBMPTN dan SNMPTN

Untuk kisi-kisi soal SBMPTN dan SNMPTN tentunya gak berbanding jauh dengan soal-soal biasanya terdiri dari:

  1. Soal umum: seperti soal cerita, aljabar, hitungan, atau matematika, logika, gambar, bahasa, dan yang lainnya.
  2. Tes kemampuan dasar biasanya yang keluar adalah soal matematika, soal cerita aljabar, deret, dan angka.
  3. Soal bahasa biasanya soal yang keluar adalah tentang mencari ide pokok kalimat, maksud, dan tujuan dari cerita yang ada serta menyimpulkan isi cerita.
  4. Soshum biasanya yang keluar adalah soal-soal pelajaran IPS.
  5. Saintek biasanya adalah materi tentang IPA, soal=soal ujian saintek ini seputar mata pelajaran IPA yang ada di SMA.

Tes Bidang Studi

Buat kamu yang ingin mengambil jurusan saintek dalam perguruan tinggi,maka materi yang harus kamu pelajari adalah mata pelajaran biologi, fisika, dan kimia. karena bobot soal ini adalah 20%, sehingga ada peluang besar buat kamu yang bisa lulus di sistem SBMPTN dan SNMPTN.

Untuk bidang mata pelajaran soshum, soal-soal yang akan keluar adalah sosiologi, geografi, dan sejarah. untuk bobot penentu kelulusan adalah 20%.

Untuk kamu yang mengambil di bidang campuran, soalnya adalah gabungan dari soshum dan saintek menjadi satu tes yang biasa atau IPC dan untuk bobot nilainya masih sama, yaitu 20%.

Nah, buat kamu yang mengikuti program studi, seperti seni atau olahraga, maka kamu harus bisa segala keterampilan yang berhubungan sama jurusan yang kamu ambil nanti. Sebelum lulus, kamu harus memperlihatkan bakat kamu di tim penilai dan apabila tes ini benar, maka kamu bisa mencapai bobot 50%.

Baca Juga: Apa Itu Passing Grade dan Bagaimana Menghitungnya?

Daftar Universitas Swasta Terbaik

Buat kamu yang mungkin masih galau untuk mengambil jalur SBMPTN dan jalur Undangan karena masih takut gagal? Jangan khawatir! Karena goKampus juga akan memberikan kamu 5 daftar universitas swasta terbaik versi goKampus yang bisa kamu langsung kamu daftarkan loh! Apa saja ya kampusnya?

1. London School Public Relations (LSPR)

LSPR merupakan kampus yang memang fokus banget untuk memberikan kurikulum pendidikan bagi para mahasiswanya nih. Ada beberapa alasan buat kamu kenapa harus memilih kuliah di LSPR, apa aja ya? Ini dia!

Yang pertama adalah LSPR merupakan perguruan tinggi komunikasi terbaik di Indonesia. Kiprah LSPR di bidang komunikasi gak perlu kamu ragukan lagi karena LSPR juga mendapatkan banyak penghargaan di sebagai best of the best Indonesia School of Communication sejak 2014 dan 2015.

LSPR juga bekerja sama dengan beberapa perguruan tinggi dari berbagai negara seperti Coventry University (UK), European Business School (Germany), Hotel Institute Montreux (Switzerland), Sogang University (South Korea dan masih banyak lagi!

Selain itu, LSPR memiliki pilihan bidang studi yang prospektif di mana selain menawarkan program ilmu komunikasi, LSPR juga terkenal dengan program studi di fakultas bisnisnya yang memang menghasilkan berbagai lulusan yang siap berkarir di bidang entrepreneurship.

2. Universitas Pelita Harapan (Group)

Universitas swasta terbaik versi goKampus yang kedua adalah UPH Group! Siapa sih yang gak kenal sama kampus swasta yang ini? Universitas Pelita Harapan atau UPH merupakan kampus swasta yang terkenal banget di Indonesia loh guys.

Kampus UPH memiliki tiga kampus yang berada di Jakarta, Medan, dan Surabaya, dan di ketiga kota ini banyak peminatnya, loh! Kampus UPH juga menjalin kerjasama dengan perusahaan untuk membantu kamu berkonsultasi soal karir di masa depan. 

Selain kamu fokus untuk belajar, kamu juga akan fokus mencari koneksi nantinya. Selain akademik, kegiatan non-akademiknya juga gak kalah nih, berbagai fasilitas olahraga di UPH bisa dikatakan terbaik untuk menunjang kegiatan mahasiswa.

3. Universitas Tarumanagara (Untar)

Buat kamu semua calon mahasiswa baru yang ingin cari kampus bagus di Jakarta dan aksesnya mudah? Universitas Tarumanagara (Untar) bisa jadi salah satu pilihan utamamu nih! Sebagai universitas swasta terbaik yang ketiga versi goKampus, ini dia keunggulan dari Untar!

Yang pertama adalah Untar termasuk tiga besar universitas swasta terbaik di Jakarta loh, Universitas Tarumanagara mendapatkan Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi. 

Seluruh fakultas dan fasilitas di Untar sudah memadai banget nih guys, mulai dari gedung olahraga indoor sampai perpustakaan yang layak. Gak hanya itu, UNTAR juga termasuk 3 perguruan tinggi terbaik di Jakarta loh!

Yang kedua Untar memiliki 8 fakultas yang terdiri dari fakultas ekonomi dan bisnis, fakultas hukum, fakultas teknik, fakultas teknologi informasi, fakultas kedokteran, fakultas psikologi, fakultas seni rupa dan desain, dan fakultas ilmu komunikasi.

Yang ketiga, akses transportasi ke Untar termasuk mudah loh! Lokasi kampus Untar berada di lokasi strategis dan banyak akses untuk kendaraan umum seperti bus, angkutan kota, hingga transjakarta.

4. Universitas Surabaya (Ubaya)

Untuk calon mahasiswa baru di Surabaya yang ingin mencari universitas swasta terbaik yang bisa menunjang proses pembelajaran, Universitas Surabaya lah jawabannya! Apa aja sih keunggulan dari Ubaya?

Yang pertama adalah Ubaya memiliki kualitas akreditasi A dan kredibilitas yang tinggi dalam pembelajarannya. Selain itu, Ubaya juga memiliki banyak fakultas yang bisa jadi pilihan buat para pelajar di Indonesia, bahkan jenjang pendidikannya dari S1-S3 ada loh di Ubaya.

Yang kedua adalah Ubaya juga memiliki banyak prestasi di kampus misalnya seperti dari segi non akademik bahkan sampai penghargaan green campus. 

Ubaya juga memiliki fasilitas kampus yang mendukung dan menunjang pembelajaran mahasiswanya. Ubaya memiliki tiga kampus yang memang memiliki fasilitas keren yang berguna sesuai fungsinya, misalnya saja kampus tiga Ubaya yang ada di daerah Trawas sebagai sarana belajar outdoor.

Yang ketiga adalah Ubaya juga memiliki program belajar reguler dan internasional, kamu bisa berkesempatan untuk ikut program Study Abroad Programme, Double Degree Program, penelitian bersama, penulisan jurnal internasional, studi banding, dan lain-lainnya.

5. President University (PresUniv)

Universitas swasta terbaik yang kelima adalah President University. President University merupakan salah satu universitas di Indonesia yang terkenal dengan banyak anak-anak internasionalnya loh karena 100% menggunakan bahasa Inggris selama proses pembelajaran. 

Mahasiswa PresUniv banyak juga menerima mahasiswa dari luar negeri seperti China, Vietnam, Korea, dan lain-lainnya jadi bakal seru banget interaksi kamu bersama teman-teman kampus.

Selain itu, PresUniv juga memiliki program Double Degree karena kurikulumnya adalah standar internasional sehingga kalau kamu menjadi lulusan mahasiswa PresUniv, kamu bisa memilih gelar sarjana atau Bachelor seperti lulusan luar negeri.

Oh iya, kamu bisa dapat beasiswa senilai total Rp10 miliar cukup dengan download aplikasi goKampus di Play Store atau App Store. Buat kamu yang gak mau ribet ikut ujian, kamu daftar kuliah 1 jam diterima melalui instant approval melalui aplikasi goKampus. Yuk, cobain!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *