penilaian toefl
Tips Belajar

Psikolog Adalah Cenayang? Yuk,Pelajari Dulu Detailnya!

Kamu pasti pernah denger dong yang namanya jurusan psikologi? Atau mungkin ilmu-ilmu membaca gerak gerik manusia yang terkesan seperti cenayang? Penjelasan ini memang selalu dikaitkan dengan jurusan psikologi guys atau bahkan yang berkarir jadi psikolog. Dilansir dari halaman alodokter, Psikolog adalah seorang ahli dalam ilmu psikologi yang berfokus pada pikiran dan perilaku seseorang.

Psikolog umumnya menggunakan psikoterapi untuk membantu klien atau pasien untuk mengatasi masalah yang mempengaruhi kondisi mental dan kesehatannya.

Sedangkan, Jurusan psikologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bertujuan untuk bisa memahami bagaimana seseorang bisa merasakan, berpikir, dan bertindak tentang suatu hal.

Psikologi adalah salah satu ilmu yang aktif mempelajari kehidupan perilaku manusia. ilmu psikologi juga memiliki banyak kegunaan yang bisa diaplikasikan dalam berbagai sektor kehidupan.

Tentunya tujuan dari ilmu psikologi adalah untuk memberikan alternatif bagi seseorang dalam menjalani kehidupannya. Salah satunya melalui pemikiran berbagai aliran psikologi yang ada di dalamnya.

Kalau kita kembali ke membahas tentang psikolog, dilansir dari halaman alodokter, Psikolog adalah orang yang memiliki pengetahuan mendalam tentang pencegahan, diagnosis, dan penanganan terkait masalah kesehatan mental.

Selain itu, psikolog juga dapat mencari tahu, menganalisis penyebab, dan memberikan solusi terhadap permasalahan psikologis yang dialami seseorang melalui perubahan sikap ataupun gaya hidupnya. 

Menurut halaman alodokter, beberapa macam pelayanan dan gangguan psikologis yang dapat ditangani oleh psikolog meliputi:

1. Gangguan kecemasan, seperti gangguan obsesif kompulsif atau OCD, fobia, serangan panik, atau post traumatic stress disorder (PTSD).

2. Gangguan mood atau suasana hati, seperti depresi atau gangguan bipolar.

3. Kecanduan atau adiksi, misalnya obat-obatan, alkohol, ataupun judi.

4. Gangguan makan, seperti anoreksia atau bulimia.

5. Gangguan kepribadian, seperti gangguan kepribadian ambang.

6. Skizofrenia atau gangguan kejiwaan lain yang menunjukkan gangguan halusinasi atau psikosis pada penderitanya.

7. Fobia atau rasa takut berlebih terhadap benda atau situasi tertentu.

8. Konflik pasien baik dengan pasangan, keluarga, teman, ataupun orang lain.

9. Gangguan psikologis terkait kejadian traumatis, seperti menjadi korban kekerasan rumah tangga, pelecehan seksual, atau bencana alam.

Belajar ilmu psikologi itu hal yang “gampang-gampang susah” guys, makanya gak heran kalo jurusan psikologi adalah salah satu jurusan yang cukup banyak diminati oleh para pelajar di Indonesia, bahkan setiap tahunnya peminatnya selalu nambah loh guys.

Alasannya pun beragam, mulai dari yang sudah terbiasa mengamati perilaku orang lain sampai materinya paham untuk hafalan. Padahal, belajar ilmu psikologi membutuhkan seluruh pemahaman yang tinggi, dan materinya juga ada hitungannya.

Kira-kira kalo kita para pelajar ingin ambil kuliah di ilmu psikologi, bagusnya di universitas mana ya di Indonesia? Jawabannya bisa kamu lihat di link ini guys untuk informasi lebih lanjut.

Semoga artikel dari goKampus bisa bermanfaat untukmu. Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak informasi tentang dunia perkuliahan! #pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *