Beasiswa Unggulan merupakan program beasiswa yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Beasiswa ini diperuntukan bagi mahasiswa baru dan mahasiswa yang tengah kuliah dengan maksimal semester 2 dan berlaku untuk jenjang S1, S2 hingga S3.

Sangat disayangkan tentunya melewatkan info Beasiswa Unggulan. Pasalnya, program dana bantuan pendidikan yang satu ini termasuk ke dalam beasiswa fully-funded. Itu artinya, seluruh biaya yang dibutuhkan oleh mahasiswa dalam mengenyam pendidikan ditanggung hingga lulus, termasuk juga dengan biaya hidup.

Baca Juga: 3 Rahasia Menulis Essay Beasiswa Kuliah

Tidak heran mengapa banyak sekali yang memperjuangkan program beasiswa dari Kemdikbud ini. Setiap kali pendaftaran dibuka, tidak sedikit yang mendaftar. Artinya, tingkat persaingan meraih Beasiswa Unggulan begitu tinggi.

Banyak yang berhasil lolos dan berhak mendapatkan berbagai keuntungan yang ditawarkan oleh program beasiswa ini. Tapi tidak sedikit pula yang harus menangis pada akhirnya karena gagal lolos.

Meski tingkat persaingan begitu tinggi untuk mendapatkan beasiswa yang satu ini, bukan berarti menjadi alasan untuk menyerah. Berikut ini 3 langkah mudah raih Beasiswa Unggulan Kemdikbud.

1. Tentukan Perguruan Tinggi Tujuan

Langkah pertama untuk meraih Beasiswa Unggulan Kemdikbud adalah menentukan perguruan tinggi tujuan. Ini berlaku bagi mahasiswa baru. Terdapat dua hal yang wajib untuk dipertimbangkan pada langkah awal ini, yaitu akreditasi kampus dan Letter of Acceptance (LoA).

Mengenai akreditasi kampus, perguruan tinggi tujuan harus minimal telah terakreditasi B oleh BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Ini berdasarkan ketentuan yang berlaku pada program beasiswa Kemdikbud.

Sementara mengenai LoA, merupakan surat yang diterbitkan oleh universitas sebagai tanda resmi bahwa telah terdaftar menjadi mahasiswa. Akan tetapi tidak semua perguruan tinggi di Indonesia menerbitkan LoA. Beberapa hanya mengeluarkan Surat Keputusan (SK) yang juga memiliki tujuan sama, menyatakan mahasiswa telah lulus seleksi perguruan tinggi.

Bagi mahasiswa yang tengah menjalani masa kuliah alias ongoing, LoA atau SK tidak diperlukan. Namun penting untuk melampirkan Surat Keterangan Aktif Kuliah yang dikeluarkan oleh kampus sebagai tanda bahwa aktif sebagai mahasiswa.

Pada langkah pertama ini, pastikan bahwa perguruan tinggi tujuan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, salah satunya adalah minimal terakreditasi B.

2. Mempersiapkan Persyaratan Beasiswa Unggulan Kemdikbud

Setelah menentukan perguruan tinggi tujuan yang memenuhi persyaratan yakni minimal akreditasi B, langkah kedua untuk meraih Beasiswa Unggulan Kemdikbud adalah mempersiapkan segala persyaratan administrasi.

Persyaratan untuk jenjang S1, S2 dan S3 pada program beasiswa ini adalah sama. Mulai dari KTP, KTM bagi mahasiswa ongoing, Ijazah dan Transkrip Nilai, proposal rencana studi, hingga essay beasiswa, dan lain sebagainya.

Selain itu, pelamar wajib melampirkan surat rekomendasi dari civitas akademik dan suarat pernyataan tidak menerima beasiswa serupa dari pihak lain. Dua surat ini terdapat formatnya yang di download langsung di laman resmi Beasiswa Unggulan Kemdikbud.

Supaya tidak ada yang terlewatkan, alangkah baiknya untuk membuat daftar list persyaratan Beasiswa Unggulan Kemdikbud. Beri tanda centang untuk persyaratan yang sudah dipenuhi. Dengan begitu, seluruh persyaratan terpenuhi.

3. Menulis Essay Beasiswa

Essay beasiswa menjadi salah satu syarat yang sangat penting untuk mengajukan program Beasiswa Unggulan Kemdikbud. Untuk format penulisannya, harus sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak penyedia beasiswa.

Adalah menggunakan Bahasa Indonesia, sesuai dengan tema yang diinstruksikan, ditulis sebanyak 3 sampai 5 halaman pada kertas A4. Dan dengan format huruf Times New Roman ukuran 12 dengan spasi 1,5 lines.

Ingin kuliah gratis? Langsung saja download aplikasi goKampus di Google Play Store dan App Store sekarang juga. Dapatkan kesempatan beasiswa kuliah hingga 20 juta per semester. Selain itu, proses pendaftaran kuliah juga bisa dilakukan dan jadi lebih hemat dan cepat. Ragam informasi seputar dunia perkuliahan pun disajikan dengan menarik. Sebut saja acara kampus, kerja magang, dana pendidikan dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like