gaji sales executive
Tips Belajar

Menggiurkan, Ternyata Segini Besar Gaji Sales Executive!

Besarnya peran terhadap perusahaan membuat gaji sales executive terbilang menggiurkan. Gak heran kenapa banyak orang mengincar posisi ini. Apalagi kalau kantornya termasuk perusahaan ternama. 

Namun ingat, gaji tentu sebanding dengan tanggung jawab dan tugasnya. Semakin tinggi gaji, maka tugas dan targetnya akan semakin berat. Pasalnya kinerja sales executive sedikit banyak akan berpengaruh pada performa perusahaan. Kalau bagus ya berpotensi mendapatkan untung, tapi bila jelek akan berpengaruh lain.

Baca Juga: Apa Itu Sales Executive? Apa Sih Tugas dan Tanggung Jawab Kerjanya

Kisaran Gaji Sales Executive

Sebenarnya gak ada patokan tetap untuk menentukan gaji sales executive. Pasalnya barang atau jasa yang dijual juga berbeda kan? Namun, jika melihat rata-ratanya, gaji sales executive umumnya berada di kisaran angka Rp4.000.000- Rp 15.000.000. Kisaran gaji sales executive ini bisa tergantung pada industri mana kamu bekerja. Sales executive sendiri ada kalanya memiliki perbedaan tugas dan tantangan terkait ini.

  1. Rp5.000.000-Rp8.000.000/bulan di industri otomotif
  2. Rp7.500.000-Rp12.000.000/bulan di industri manufaktur
  3. Rp9.000.000-Rp13.000.000/bulan di industri logistik dan pergudangan
  4. Rp9.000.000-Rp15.000.000/bulan di industri trading
  5. Rp10.000.000-Rp15.000.000/bulan di industri kontruksi
  6. Rp13.000.000-Rp15.000.000/bulan di industri e-commerce
  7. Rp14.000.000-Rp43.000.000/bulan di industri petrokimia

Oh iya, faktor-faktor lain yang bisa memengaruhi gaji sales executive adalah besarnya perusahaan dan Upah Minimum Regional (UMR).

Skill yang Harus Dikuasai Sales Executive

Seperti penjelasan sebelumnya, semakin besar gaji, semakin tinggi tanggung jawabnya, serta makin kompleks kualifikasi seleksinya. Dengan gaji tersebut, ada beberapa skill paling dasar yang harus ada pada seorang sales executive. Apa saja? 

  1. Punya kemampuan dan suka untuk berjualan
  2. Kemampuan komunikasi yang sangat interaktif
  3. Kepribadian dengan sikap positif dan kepercayaan diri yang tinggi
  4. Memiliki mental baja saat harus hadapi berbagai penolakan
  5. Penuh motivasi diri dan ambisius
  6. Mampu bekerja dengan baik, saat bekerja sendiri maupun bersama tim
  7. Memiliki kemauan untuk terus berkembang dalam lingkungan yang kompetitif
  8. Memiliki kemampuan berhitung yang baik

Tantangan Sales Executive

Selain sejumlah skill di atas, kamu juga harus memahami dan mengetahui, tantangan apa saja yang umumnya akan dihadapi seorang sales executive. Seperti judul buku penulis Jepang, Kikuko Tsumura, “There’s No Such Things As An Easy Job”. Apapun pekerjaannya, selalu ada tantangan yang siap menyambut. Adapun tantangan yang harus kamu persiapkan ketika memilih profesi sebagai sales executive antara lain:

1. Tekanan di lingkungan pekerjaan yang tinggi

Untuk bisa mendapatkan gaji sales executive yang menggiurkan seperti di atas, kamu harus mampu bekerja dalam tekanan dari segala arah. Kamu harus bisa tetap fokus pada target yang sudah ditentukan. Jika kamu memiliki mental yang lemah, mungkin kamu akan menyerah begitu saja. Jadi pastikan dahulu kamu sudah siap dengan berbagai tekanan yang akan datang ini.

2. Profesionalitas tinggi serta memiliki tampilan dan pembawaan cerdas

Seorang sales executive selalu bertemu banyak orang. Mulai dari klien hingga aktif menghadiri seminar dan event penting perusahaan. Secara tidak langsung mereka harus membangun kepercayaan banyak orang ketika melakukan interaksi-interaksi ini. Oleh karena itu, kamu harus terlihat berpengetahuan luas. Sales executive tidak boleh seseorang yang mudah “ditipu”. Mereka harus terlihat profesional dan berdedikasi ketika berperan dalam profesinya.

3. Budaya kerja yang kompetitif

Sudah menjadi rahasia umum jika pekerjaan sales executive adalah pekerjaan yang dekat dengan persaingan. Karena setiap sales executive memiliki target yang harus dipenuhi, maka akan selalu ada upaya keras dari masing-masing untuk mencapainya. Maka dari itu, bertemu dengan persaingan adalah hal biasa dalam dunia profesi satu ini.

4. Mobilitas tinggi

Di sejumlah perusahaan terutama yang sudah besar, kamu bisa jadi akan merasakan keharusan bepergian ke luar kota dan berbagai tempat lainnya demi bertemu klien dan pemangku kepentingan lainnya. Maka dari itu, kamu juga harus siap jika waktu kerjamu mungkin akan sering melebihi 8 jam sehari bahkan sampai lembur. Malahan bisa juga waktu weekend-mu akan terpakai.

Namun ya kembali lagi, apapun pekerjaannya, selalu ada konsekuensi ya. Ketika kamu memang menyukai pekerjaan itu dan berbakat di dalamnya, pada akhirnya akan selalu ada kesenangan yang bisa dapatkan. Apalagi kalau bisa melebihi target yang seharusnya, pasti gaji bisa makin naik tuh. 

Saat ini, untuk upgrade skill dan kemampuan sudah jauh lebih mudah dan simpel. Ada banyak kelas atau online course bersertifikat dari institusi ternama yang dapat kamu ikuti dari rumah, salah satunya kelas Manajemen Penjualan di goKampus yang bisa upgrade skill kamu.

Oh iya, kalau kamu ingin atau sedang berkarier di bidang sales, jangan lupa untuk selalu upgrade kemampuan komunikasi yang baik ya, terutama bahasa Inggris. Tujuannya, supaya karier terus berkembang dan memperluas jaringan pertemanan di seluruh dunia.

Untuk meningkatkan kemampuan tersebut, yuk ikutan kelas Cepat Cakap Bahasa Inggris untuk Perbankan dan Keuangan di sini atau Cepat Cakap Inggris untuk Teknik Penjualan dan Bisnis di sini.

Jangan lupa untuk pakai kode voucher GOCAKAP dan dapatkan diskon hingga Rp30 ribu untuk pembelian kelas minimal Rp250 ribu. Kode voucher tersebut bisa kamu gunakan untuk lebih dari 1 kelas, loh. Buruan upgrade kemampuan komunikasimu dan intip kelas Cakap lainnya di link ini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *