gelar sarjana
goKampus Tips Belajar Upskill

Mendalami Mata Kuliah Pendidikan Matematika Di Kuliah

Kalau kamu adalah anak-anak yang tertarik dengan angka, bilangan, analisis, dan berhitung, mungkin jurusan pendidikan matematika tepat untuk kamu ambil saat kuliah nanti guys. Jurusan pendidikan matematika mungkin masih asing terdengar dan tidak terlalu menjadi favorit bagi para pelajar di Indonesia, namun yang harus kamu tau adalah bahwa jurusan pendidikan matematika ini adalah salah satu jurusan yang bisa berguna banget di berbagai perusahaan loh. Kira-kira kalau kamu mengambil mata kuliah pendidikan matematika, kamu bakal belajar apa aja ya? Simak artikel ini yuk!

Sebelum kita membahas tentang mata kuliah, kamu harus tau dulu pengertian pendidikan matematika akan belajar apa aja. Pendidikan matematika merupakan salah satu program studi yang berada di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Kalau bicara tentang jurusan pendidikan matematika, kamu pasti sering dengar ada prodi pendidikan matematika dan produk matematika murni, apa ada perbedaannya? Yup! Tentu perbedaannya terletak pada mata kuliah ilmu pendidikan yang hanya diperoleh di prodi pendidikan matematika.

Kalau di jurusan pendidikan matematika, kamu akan mempelajari berbagai teori matematika serta dibekali dengan kemampuan cara menyampaikan pelajaran matematika kepada para siswa agar lebih muda untuk dimengerti, pada dasarnya kamu akan diajari bagaimana menjadi seorang guru atau tenaga pengajar matematika.

Sedangkan, kalau di jurusan matematika atau matematika murni, kamu akan berkutat dengan angka, simbol, pemodelan, dan hal lainnya yang ditujukan untuk kamu yang mau berkarir sebagai praktisi di berbagai bidang industri atau ingin mengembangkan keilmuan matematika.

Untuk gelar sarjana yang didapat oleh kedua jurusan itu juga berbeda, untuk lulusan pendidikan matematika akan bergelar S.Pd (Sarjana Pendidikan), sedangkan kalau lulusan matematika akan bergelar S.Si (Sarjana Sains) atau di beberapa perguruan tinggi ada juga yang memberikan gelar S.Mat (Sarjana Matematika).

Nah, pada mata kuliah pendidikan matematika juga akan mempelajari tentang dasar-dasar ilmu matematika seperti aljabar, geometri, kalkulus, statistika, dan trigonometri.

Sama halnya dengan jurusan-jurusan di pendidikan lainnya nih. Prodi matematika cocok banget untuk kamu yang senang dengan angka dan bilangan namun juga memiliki passion untuk mengajar.

Beberapa orang banyak yang kesulitan untuk mengajar karena dibutuhkan kreatifitas yang tinggi untuk bisa mengajar matematika agar mudah diterima oleh para siswa dan lingkungan belajar jadi lebih fun.

Nah, karena bukan rahasia umum nih kalau ilmu matematika berperan penting di setiap kehidupan kita, maka gak heran banget nih kalau banyak profesi yang membutuhkan program studi ini loh. Kira-kira peluang kerja matematika apa aja ya? Cek ini yuk!

1. Auditor 

Prospek kerja kalau kamu lulusan matematika yang pertama adalah kamu bisa menjadi seorang auditor. Kamu memiliki tanggung jawab untuk memastikan dan melaporkan bisnis maupun dari satu perusahaan atau sebuah instansi. Auditor juga melakukan evaluasi operasi internal dari perusahaan dan mengawasi bisnis perusahaan yang sedang dijalankan. 

2. Data analyst

Prospek kerja yang kedua adalah bekerja menjadi seorang data analyst. Sebagai mahasiswa lulusan matematika yang bekerja menjadi data analyst, kamu juga bisa bertugas untuk mengambil data dari berbagai jawaban customer, dan berkomunikasi untuk bisa mendapatkan hasil agar bisa membantu membuat sebuah keputusan untuk suatu perusahaan. 

3. Data Scientist

Prospek kerja data scientist hampir mirip dengan data analyst, namun data scientist lebih cenderung bekerja di pengolahan data. Semakin banyaknya pertumbuhan data juga menuntut untuk mengolah data lanjutan menggunakan teknologi komputer agar bisa lebih cepat dan efisien.

Gak heran karena kamu adalah lulusan matematika dan memiliki kemampuan analisis yang baik, kamu bisa berkarir untuk mendapatkan peluang bisnis ini dan mengetahui tren pasar. Kamu juga akan bertugas untuk membersihkan data mentah, memproses data, dan mengolah big data yang telah dikumpulkan menjadi sebuah informasi yang bisa berguna.

4. Aktuaris 

Saat ini bekerja menjadi seorang aktuaris merupakan salah satu pekerjaan yang sangat populer. Dan kamu memiliki peluang yang sangat besar untuk terjun di profesi ini, karena ilmu aktuaria adalah ilmu yang mempelajari tentang suatu risiko keuangan dengan berbagai macam metode matematika dan statistik yang biasa digunakan di bidang asuransi. Ilmu aktuaria ini digunakan untuk menganalisis keuangan dan memecahkan berbagai masalah keuangan untuk bisa melihat perkiraan di masa depan tentang suatu perusahaan.

Baca Juga: Simak 2 Jenis Metode Analisis Data Di Dalam Penelitian

5. Software Engineer

Sebagai seorang lulusan matematika, kamu memiliki peluang yang besar banget untuk bisa menjadi seorang software engineer yang sukses. Karena kamu bisa lebih terbiasa dengan logika dan matematika yang sering ditemukan di dalam dunia programming. Tapi yang pasti adalah kamu juga harus memahami dunia IT juga loh ya agar kamu bisa masuk ke dalam ranah programming ini.

6. Blogger

Kalau kamu ada ketertarikan untuk membuat sebuah tulisan, kamu bisa loh mulai untuk menulis blog dan membahas tentang ilmu matematika karena kalau blog kamu mendapatkan banyak pembaca, maka kamu juga bisa memasang iklan maupun menjual produk secara langsung untuk bisa mendapatkan uang dari internet nih. Jadi, kamu bisa menyalurkan informasi mengenai pendidikan matematika di berbagai tulisan kamu.

7. Youtuber

Siapa bilang mahasiswa lulusan matematika gak bisa jadi youtuber? Pasti bisa dong! Kamu bisa memilih topik yang berkaitan dengan penerapan dan pembelajaran dari berbagai ilmu matematika ini. Kamu juga bisa membuat video-video bagaimana cara menghitung dan memberitahukan berbagai rumus-rumus matematika kepada para penonton mu loh. Apalagi di zaman sekarang, banyak banget orang-orang yang belajar melalui youtube, siapa tau video kamu bisa bermanfaat untuk jadi bahan pembelajaran untuk mereka!

8. Research scientist

Sebagai mahasiswa lulusan matematika, kamu juga bisa loh menjadi seorang ilmuwan dan peneliti yang terkenal. Kalau kamu bekerja menjadi seorang research scientist, kamu akan bertanggung jawab dalam melakukan,merancang, analisis informasi, eksperimen berbagai hal berbasis lab. Jadi, peluangmu untuk bekerja di perusahaan kimia, perusahaan makanan swasta, atau berbagai perusahaan yang membutuhkan riset produk. 

Daftar kuliah pake aplikasi goKampus 1 jam bisa diterima!!

Gak perlu takut repot kalau daftar kuliah pake aplikasi goKampus, cuman download aplikasi goKampus bisa dapat:

1. Bisa ngeliat 400+ kampus swasta dalam dan luar negeri dalam satu aplikasi doang!

2. Daftar kuliah gak sampe 3 menit udah kelar!

3. Tinggal upload rapor,1 jam udah langsung diterima!

4. Gak cuman kita doang yang daftar kuliah, ajakin temen daftar kuliah juga bisa dapat Rp 50 ribu!

5. Banyak student promo dan event-event yang bisa kamu jelajahi!

Kamu juga bisa klik halaman ini untuk cari informasi selanjutnya. Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *