FAQ goKampus Tips Belajar Upskill

Daftar Lima Universitas Terbaik Di Dunia

Daftar universitas terbaik dunia tahun 2020 sudah dipublish loh, guys! Pendidikan memang selalu menjadi sesuatu yang sangat penting bagi sebagian orang di dunia, makanya gak heran nih kalau banyak orang rela mengeluarkan uang yang sangat banyak untuk bisa mendapatkan pendidikan di tempat terbaik di dunia. Bahkan kalau harus pergi merantau dan berpisah dari keluarga sudah menjadi hal yang biasa.

Untuk mendukung semangat para pelajar untuk menempuh pendidikan di dunia, pastinya banyak sekali beberapa yayasan atau lembaga pemerintah yang menyediakan dana bantuan atau beasiswa bagi para pelajar yang ingin dan mampu secara intelektual melanjutkan studi di tempat terbaik.

Berdasarkan QS World University Rankings, ini adalah daftar 5 besar universitas terbaik di dunia! Indonesia termasuk gak ya?

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Universitas MIT mendapatkan peringkat pertama universitas terbaik di dunia nih, MIT merupakan salah satu universitas teknologi terbaik di dunia yang ada di Amerika Serikat. MIT merupakan salah satu kampus swasta yang berlokasi di Cambridge tepat di seberang Sungai Charles. MIT memang selalu konsisten dan unggul mendapatkan peringkat di 5 besar universitas terbaik di dunia.

MIT memiliki lima departemen utama yaitu The Department of Architecture, The Department of Urban Studies & Planning, The Media Laboratory, The Center for Real Estate, dan The Program In Art,Culture, and Technology. Lulusan-lulusan dari MIT juga gak kalah keren loh guys! Semuanya berkecimpung di dunia teknologi terbaik di dunia dan menghasilkan berbagai prestasi ternama di dunia.

2. Stanford University

Siapa sih yang gak kenal Stanford University? Kampusnya yang Maudy Ayunda kejar pendidikan S2 ini pun menempati peringkat kedua terbaik di dunia loh. Universitas Stanford terletak di Palo Alto, California dan memiliki berbagai keunggulan yang oke banget kalau dibandingkan dengan universitas lainnya nih.

Stanford University selalu konsisten dan bertahan di rangking lima besar dan peringkat tersebut dinilai berdasarkan dua hal yaitu meningkatkan tingkat pencapaian bangsa menuju pembentukan tenaga kerja berbasis pengetahuan untuk abad ke 21 dan penggunaan kemampuan sosial untuk mengembangkan masyarakat. Wah keren banget kan ya!

Universitas Stanford juga selalu menjadi salah satu universitas yang menjadi incaran para pelajar Internasional, sehingga akan banyak pelajar yang memiliki etnis dan ras yang tentu beragam. Pasti menarik banget kan rasanya kalau kamu mempunyai tema dari latar belakang yang berbeda-beda. Bahkan Stanford juga sangat terkenal dengan kegiatan olahraganya loh, sering menang medali olimpiade! Jadi kegiatan akademik dan non-akademik yang ada di Stanford seimbang ya!

3. Harvard University

Nah, kalo yang ini pasti kamu sudah gak asing kan? Harvard University menduduki peringkat ketiga menjadi universitas terbaik di dunia loh. Kalau berdasarkan sejarahnya, Harvard University merupakan universitas tertua yang ada di Amerika Serikat.

Harvard University juga terdiri dari 13 sekolah dan institut termasuk sekolah bisnis dan sekolah kedokteran yang termasuk di peringkat teratas. Selain itu, fakta uniknya lainnya adalah sistem perpustakaan Harvard terdiri dari sembilan lantai dan menghasilkan sekitar 15 juta buku. 

Baca Juga : Pertimbangan Kuliah Di Luar Negeri Vs Dalam Negeri

Lokasi Harvard juga termasuk salah satu lokasi kampus di Amerika Serikat yang lokasinya strategis loh guys.. Lokasi Harvard University terletak di Cambridge, Massachusetts, AS. Letak Harvard University juga lumayan dekat dengan berbagai universitas ternama yang membuatnya semakin terkenal nih. Mulai dari MIT, lalu ada Boston University, Northeastern University, Amherst College, Williams College, dan lain-lainnya.

Selain itu, banyak juga tempat wisata yang bisa kamu explore lebih lanjut disana, contohnya saja seperti museum dan sungai Charles yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Wah.. pastinya bakal keren banget kan guys kalau kamu bisa merasakan kuliah di Harvard University!

4. University of Oxford

University of Oxford merupakan yang paling menjadi incaran pelajar internasional nih kalau di Inggris. Oxford tahun ini mendapatkan peringkat keempat jadi universitas terbaik di dunia.

Untuk sistem perpustakaan nya pun juga Oxford University juga memiliki sistem perpustakaan terbesar yang ada di Inggris. Oxford memiliki lebih dari 100 perpustakaan dari 44 perguruan tinggi yang ada.

Kota Oxford sendiri termasuk kota kecil yang memiliki jumlah anak muda terbanyak dibandingkan dengan kota manapun di Inggris, sehingga Oxford juga selalu unggul di bidang olahraga, bahkan Oxford juga terkenal kuat buat para pelajar internasional, apalagi fasilitasnya seperti laboratoriumnya kerap kali menjadi incaran para peneliti dari mancanegara.

5. California Institute Of Technology (Caltech)

Institut Teknologi California (Caltech) merupakan sebuah universitas riset swasta yang berlokasi di California. Caltech menempati peringkat kelima universitas terbaik di dunia versi QS World University Rankings. Caltech memiliki enam divisi akademik yang memang difokuskan pada bidang sains dan teknik. Caltech bisa dibilang gak terlalu jauh lokasinya dari Los Angeles yang dimana merupakan kota bisnis dan kota terpadat nomor dua.

Caltech juga sering banget mendapatkan penghargaan sebagai universitas terbaik di dunia di bidang teknologi dan sainsnya. Selain tentang pendidikan dan dunia akademik, Caltech juga terkenal di bidang non-akademiknya yang dimana Caltech menghasilkan banyak atlet berprestasi di bidang basket, voli, renang, dan lain-lainnya.

Universitas terbaik di dunia tentunya akan banyak penilaian dan standar yang harus dicapai loh guys.. Gak hanya semerta-merta langsung bisa dikategorikan menjadi universitas terbaik di dunia.

Dan untuk kamu pelajar Indonesia, bukan hal yang gak mungkin buat kamu kalau kamu ingin menempuh pendidikan ke lima kampus diatas guys. Ada banyak sekali beasiswa yang mungkin bisa kamu ambil dan memang disediakan oleh beberapa yayasan dan juga beasiswa dari pemerintah Indonesia.

Bahkan termasuk banyak loh mahasiswa Indonesia yang berusaha untuk bisa belajar di luar negeri bahkan menempuh pendidikan di lima universitas terbaik di dunia tersebut. Mungkin yang terkenal bagi para pelajar di Indonesia adalah Harvard University dan Stanford University.

Gimana nih pendapatmu tentang lima universitas terbaik di dunia? Kamu bisa kunjungi halaman ini untuk mencari tahu lebih lanjut tentang kampus-kampus favorit di luar negeri dan bisa mendaftarkan diri ke kampus luar negeri melalui aplikasi goKampus loh. Bisa dengan fitur Instant Approval, kamu hanya perlu upload raport!

Selain itu, kamu bisa mencari informasi kampus lebih lanjut di website dan aplikasi goKampus. Tenang aja, karena seluruh persoalan tentang dunia perkuliahanmu bisa kamu konsultasikan lagi bersama goKampus! 

Semoga artikel dari goKampus bisa bermanfaat untukmu dan menjawab seluruh permasalahanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *