manfaat investasi
Tips Belajar

Manfaat Investasi bagi Milenial dan Gen Z agar Bisa Jadi Crazy Rich!

Siapa sih yang gak mau jadi crazy rich? Punya harta berlimpah, bisa membeli apapun yang kamu mau, hingga bisa membantu orang lain. Selain bekerja keras, salah satu cara agar bisa menjadi crazy rich adalah dengan tekun berinvestasi. Tentunya, investasi bisa kamu lakukan dengan berinvestasi emas, Surat Berharga Negara (SBN), reksa dana, maupun saham yang cocok untuk pemula maupun anak muda, seperti milenial atau gen Z. Nah, kalau kamu mau dapat high return, bisa cobain berinvestasi crypto. Yup, manfaat investasi memang banyak sekali. Yuk, kenali berbagai manfaat investasi di artikel ini agar kamu lebih melek finansial!

Apa Saja Manfaat Investasi bagi Milenial dan Gen Z?

1. Meningkatkan kekayaan

Salah satu manfaat investasi adalah meningkatkan nilai dari harta atau nominal yang kamu punya. Misalnya, kamu berinvestasi melalui emas, nilainya cenderung naik setiap harinya. Bayangkan dalam waktu setahun, kamu bisa mendapatkan keuntungan tambahan dari investasi emas ini. Semakin lama kamu menyimpan emas, nantinya kamu akan mendapatkan nilai jual yang semakin tinggi. Dengan melakukan investasi, kamu bisa banget loh mencapai financial freedom!

2. Terhindar dari inflasi

Kenaikan harga barang dan jasa adalah suatu hal yang gak bisa kita hindari. Manfaat investasi salah satunya ialah terhindar dari inflasi karena investasi bisa melindungi aset kekayaanmu. Carilah investasi yang memiliki return lebih tinggi dari inflasi sehingga kamu dapat mengimbangi inflasi.

3. Mempersiapkan masa depan

Salah satu manfaat investasi adalah untuk menyiapkan berbagai kebutuhan di masa yang akan datang, mulai dari pendidikan, biaya hidup, kesehatan, properti, hingga masa pensiun yang sejahtera. Meskipun masa pensiun masih terlihat sangat lama, ada baiknya dana pensiun kamu siapkan sejak dini. Dengan begitu, kamu bisa mengatasi segala kebutuhanmu di masa depan.

4. Terhindar dari hutang

Situasi dan kondisi tak terduga bisa terjadi kapan saja. Tentu kita harus menyiapkan dana untuk kebutuhan darurat seperti ini. Dengan menyiapkan dana darurat, kamu juga akan terhindar dari hutang piutang karena kamu dapat menggunakan dana daruratmu dari hasil investasi.

5. Melatih sikap disiplin

Saat melakukan investasi, maka secara sadar kamu akan menyisihkan sebagian pendapatanmu. Investasi tanpa ketekunan dan komitmen yang tinggi tentu gak akan mendapatkan hasil yang kamu inginkan. Investasi dapat melatihmu bersikap disiplin dan bertanggung jawab mengelola keuangan. Kamu juga menjadi lebih bijak dan gaya hidupmu menjadi lebih sederhana karena kamu berpikir lebih baik berinvestasi daripada membeli sesuatu yang kurang penting dan hanya untuk keinginan sesaat.

Baca Juga: Apa Saja Instrumen Pasar Modal? Yuk, Cek buat Investasimu!

So, sekarang kamu sudah tahu kan beragam manfaat investasi? Tentunya, kamu harus tekun dan berkomitmen dalam berinvestasi untuk bisa menjadi crazy rich nantinya! Oh iya, buat kamu yang pemula dan ingin belajar investasi, bisa banget ikutan kelas bersertifikat Memilih Investasi Saham atau kelas Cryptography dan Cryptocurrencies bersertifikat dari Nanyang Technological University di goKampus. Cusss, ikutan!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *