batas waktu sahur
Upskill

Mana yang Jadi Batas Waktu Sahur? Imsak atau Subuh?

Setiap memasuki bulan Ramadhan, ada saja perbedaan pendapat mengenai batas waktu sahur. Sebagian orang menganggap bahwa ketika memasuki waktu Imsak, kita harus stop menyantap sahur. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa ketika memasuki waktu Imsak, kita masih boleh makan hingga azan Subuh berkumandang. Jadi, mana yang benar?

Kapan Batas Waktu Sahur?

Menurut Ustaz Ahmad Sawat, M.A. dari Rumah Fiqih Indonesia, mulainya puasa adalah ketika azan Subuh berkumandang. Pokoknya, ketika kita mendengar azan Subuh, entah itu dari masjid terdekat atau siaran televisi, maka kita harus berhenti untuk melakukan hal-hal yang membatalkan puasa seperti makan, minum, merokok, melakukan hubungan suami-istri, dan sebagainya. 

Lalu, Imsak itu untuk apa? Kok bisa, perbedaan waktu Imsak dan azan Subuh hanya sekitar 5-10 menit? Ternyata, waktu Imsak hanya ada di Indonesia. Istilah Imsak gak ada dalam ajaran Islam. Jadi, Imsak jelas bukan merupakan penanda bahwa ibadah puasa telah mulai.

Baca Juga: Tips Diet saat Puasa Agar Berat Badan Tetap Ideal 

Dalil yang Menjadi Dasar Waktu Puasa

“Jika salah satu dari kamu mendengar azan, sedangkan ia masih memegang piring (makanan), maka janganlah ia meletakkannya hingga ia menyelesaikan makannya,” (HR Imam Ahmad, Abu Dawud, Hakim, dan telah disahihkan oleh Adz Zahabi).

Selain itu, Allah SWT juga pernah berfirman “dan makan dan minumlah kamu hingga terang bagimu benang putih dan benang hitam yaitu fajar,” (QS Al-Baqarah 2:187).

Lalu, Imsak itu untuk apa? Ternyata, fungsinya adalah sebagai pengingat bahwa waktu sahur akan segera berakhir. Kalau diibaratkan sebagai lampu lalu lintas, Imsak adalah lampu kuning yang menandakan bahwa kita harus bersiap bahwa sebentar lagi ibadah puasa akan segera dimulai. 

Dengan adanya waktu Imsak, kita dapat siap-siap mengakhiri sahur dan menyegerakan diri untuk melakukan salat Subuh. Saat jeda Imsak-Subuh, kita bisa mencuci piring, menggosok gigi, dan mandi sebelum menjalankan salat Subuh. 

Semoga gak ada perdebatan lagi mengenai batas waktu sahur ya. Yang terpenting adalah jangan sampai melewatkan waktu sahur agar ibadah puasa lancar dan nyaman.

Buat kamu yang menjalani puasa Ramadhan, semoga puasanya lancar ya! Selama Ramadhan, jangan lupa untuk selalu meningkatkan skill dan menambah ilmu dengan belajar secara online goKampus ya! Kursus online di goKampus, skill meningkat, dapat sertifikat siap kerja. Klik di sini untuk memilih skill yang ingin kamu tingkatkan!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *