mata kuliah manajemen
goKampus Tips Belajar Upskill

Kenali Prospek Kerja Teknik Mesin Secara Mendalam

Masa-masa mencari dan meriset jurusan atau fakultas yang kita mau memang salah satu kegiatan yang paling merepotkan nih, guys. Apalagi kalo misalnya kamu masih bingung mau ambil fakultas apa! Saat itulah kamu harus mencari tahu apa saja plus minus yang ada di setiap fakultas di seluruh kampus di Indonesia. Salah satunya jurusan yang suka dicari banyak orang adalah Teknik Mesin, dimulai dari pengertiannya hingga prospek kerja Teknik Mesin.

Teknik Mesin merupakan salah satu jurusan yang berada di bawah naungan Fakultas Teknik. Jurusan ini biasanya dikenal juga dengan nama Teknik Mekanik. Secara umum, teknik mesin mempelajari prinsip dasar dari ilmu fisika, setelah itu baru dapat belajar untuk menganalisis dan mendesain suatu sistem berupa motor, mobil, atau mesin apa aja.

Untuk prospek kerja jurusan teknik mesin terbuka sangat lebar banget loh guys. goKampus akan kasih kamu penjelasan 10 prospek kerja Teknik Mesin. Check this out!

1. Industri Otomotif

Prospek kerja Teknik Mesin yang pertama adalah peluang di industri otomotif.  Bisa melanjutkan pekerjaan di bidang industri otomotif selalu jadi incaran para mahasiswa jurusan teknik mesin nih. Selain kamu harus memiliki pengalaman dan keahlian, industri otomotif ini juga mempertimbangkan asal universitas kamu loh! Jadi, harus dipastikan kalau kampus yang kamu ambil juga memiliki peluang yang menjanjikan ya.

2. Konversi Energi

Prospek kerja teknik mesin yang kedua adalah bekerja di bidang konversi energi di sebuah perusahaan. Sebagai lulusan teknik mesin, kamu akan bertanggung jawab untuk merancang sebuah mesin yang nantinya bisa mengubah bentuk energi satu ke energi yang lainnya. Contoh sederhananya adalah panel surya dan kincir uap yang merupakan salah satu konversi energi yang bisa membantu manusia. Di industri 4.0 ini, beberapa perusahaan besar pun sedang mengembangkan energi listrik untuk membuat sebuah kendaraan sendiri.

3. Industri Bioteknologi

Prospek kerja teknik mesin berikutnya adalah bekerja di industri bioteknologi. Sebagai mahasiswa lulusan teknik mesin, kamu akan membuat alat yang sekiranya bisa cocok dengan apa yang sedang dibutuhkan di bidang teknologi. 

4. Tenaga Pengajar atau Dosen

Prospek kerja teknik mesin berikutnya adalah menjadi seorang dosen. Untuk menjadi seorang dosen di jurusan teknik mesin, kamu harus memahami dulu apa aja yang akan dipelajari di teknik mesin dan sebisa mungkin kamu harus menempuh pendidikan S2 dikarenakan tingkat pendidikan merupakan salah satu ketentuan menjadi dosen. 

Kamu bisa memberikan pelajaran dimulai dari fisika, kimia dasar, aljabar linier, gambar mesin, material teknik, hingga ilmu-ilmu dasar.

Baca Juga: Calon Maba Simak! 12 Prospek Kerja Teknik Sipil

5. Industri Manufaktur dan Otomasi

Industri manufaktur dan otomasi merupakan salah satu prospek kerja teknik mesin yang bisa kamu pilih nih. Di bidang ini, industri ini mencoba untuk menerapkan sebuah sistem kontrol yang diharapkan nantinya bisa mengoperasikan peralatan secara mandiri tanpa harus membutuhkan bantuan manusia.

Jadi, untuk kamu yang berminat untuk bekerja di industri ini, kamu akan memegang tanggung jawab yang cukup tinggi karena risiko yang dimiliki juga tinggi.

6. Kerja di PLN

Sebagai mahasiswa lulusan teknik mesin, tentunya salah satu prospek kerja teknik mesin yang dicari banget oleh para mahasiswa nya adalah bergabung bersama Perusahaan Listrik Negara (PLN). Jika kamu bergabung menjadi salah satu pegawai PLN, maka kamu akan langsung banyak melakukan praktek soal listrik nih.

7. Industri Pertambangan

Industri pertambangan merupakan salah satu dari banyak industri yang membutuhkan kamu sebagai lulusan jurusan teknik mesin. Dimana beberapa industri pertambangan yang mungkin kamu kenal seperti Freeport dan pertamina yang tentu akan membutuhkan banyak banget peluang kerja yang luas.

8. Designer mekanik

Prospek kerja teknik mesin selanjutnya adalah designer mekanik, dimana di designer mekanik akan membutuhkan orang-orang yang merancang mesin tersebut dari awal agar bisa dimanfaatkan. Setiap tahunnya designer mekanik selalu membutuhkan banyak orang untuk bisa berkarir di bidang ini.

9. Penulis atau wartawan

Sebagai lulusan teknik mesin, prospek kerja teknik mesin selanjutnya bisa menjadi seorang wartawan atau penulis lepas yang ada di bidang otomotif. Pekerjaan menjadi seorang wartawan atau penulis ini bisa menjadi tren di kalangan remaja yang memang sedang aktif dan suka di bidang otomotif. 

10. Industri Kedirgantaraan

Prospek kerja teknik mesin yang terakhir adalah industri kedirgantaraan dimana kamu akan bekerja di semua bidang yang berhubungan dengan dirgantara. Dirgantara sendiri memiliki makna yang luas di bidang perancangan dan perakitan pesawat terbang. Perakitan pesawat ini pastinya membutuhkan para mahasiswa lulusan teknik mesin untuk merakit pesawat terbang.

Peluang kerja di bidang kedirgantaraan ini sangat diincar oleh banyak sekali peminat setiap tahunnya, maka kamu harus mengikuti seleksi yang cukup ketat nih untuk menjadi bagian dari salah satu pekerja di bidang dirgantara.

Gimana menurutmu? Udah siap belum bergabung jadi salah satu mahasiswa teknik mesin? Kira-kira informasi tentang prospek kerja teknik mesin ini sudah cukup membantu gak untuk membuat kamu ingin masuk dan mengambil bagian menjadi jurusan teknik mesin?

Salah satu kampus yang memiliki fakultas teknik mesin berkualitas baik hanya adalah Universitas Tarumanagara Jakarta nih guys! Selain memiliki berbagai fasilitas laboratorium yang mendukung proses pembelajaran dan praktik di lapangan, para mahasiswa jurusan teknik mesin juga diasah pola pikir dan kurikulumnya di bidang entrepreneurship dan inovasi.

Fakultas teknik mesin dari Universitas Tarumanagara juga memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan teknik yang kompeten, berintegritas, profesional, dan berjiwa entrepreneur. Nah, jadinya selama pembelajaran kamu akan fokus untuk belajar dengan berbagai dosen-dosen yang memiliki pengalaman dan ahli di bidangnya nih.

Selain itu, tujuan dari fakultas teknik di UNTAR adalah untuk mengembangkan dan memanfaatkan gabungan dari ilmu, teknologi, dan seni secara berkelanjutan untuk mencapai keunggulan dari sebuah institusi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat nih. Wah.. wah bisa dipastikan deh selama kamu belajar menjadi mahasiswa fakultas teknik mesin di UNTAR, kamu akan mendapatkan banyak banget pembelajaran yang ditargetkan untuk mencapai keunggulan.

Fakultas teknik  mesin dari Universitas Tarumanagara juga mendidik para mahasiswanya untuk membentuk sumber daya manusia yang unggul dan berdedikasi untuk mendukung pertumbuhan organisasi. Jadi. selama kamu menjadi mahasiswa fakultas teknik di Universitas Tarumanagara, kamu gak hanya sekedar belajar dan berkarya di kelas aja, tapi kamu juga diminta untuk aktif di berbagai organisasi atau kegiatan yang bisa membantu kamu untuk mengembangkan softskill yang kamu miliki nih.

Yuk, klik halaman UNTAR untuk mencari informasi lebih lanjut seputar jurusan teknik mesin yang ada di UNTAR. Jangan lupa juga untuk konsultasikan persoalan kampusmu bersama goKampus.

Semoga artikel dari goKampus menjawab seluruh kegalauan apa aja jurusan kuliah pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *