jurusan jurnalistik
Kategori Kelas

Jadi Jurnalis Hebat? Kuliah di Jurusan Jurnalistik, Yuk!

Bayangin deh kalau kamu bisa bertemu dengan tokoh-tokoh penting atau bisa menjadi pribadi yang dikenal dan disegani karena kecerdasan dan ketegasannya, seperti Najwa Shihab. Nah, mimpi-mimpimu itu bisa terwujud dengan kuliah di jurusan jurnalistik, loh. Kamu akan belajar berbagai ilmu dan teknik seputar jurnalistik. Kelak bisa saja kamu akan menjadi jurnalis hebat, seperti Andy F. Noya atau bahkan Oprah Winfrey! Penasaran apa itu jurusan jurnalistik dan apa yang kamu pelajari? Yuk, kita bahas di artikel ini!

Apa Itu Jurusan Jurnalistik?

Mengutip dari web Universitas Multimedia Nusantara (UMN), jurnalistik merupakan ilmu yang mempelajari seputar produksi konten untuk disiarkan ke berbagai platform. Mahasiswa jurusan ini akan mempelajari berbagai macam bentuk jurnalisme, seperti dalam bentuk tulisan, audio, dan audio visual. Gak hanya itu, kemampuan berpikir kritis mahasiswa juga akan terasah dari mencari, mengumpulkan, menyeleksi hingga mengolah informasi. Adapun gelar jurusan jurnalistik adalah Sarjana Ilmu Komunikasi atau S.I.Kom.

Belajar Apa di Jurusan Ini?

Sesuai dengan namanya, di jurusan jurnalistik tentu kamu akan diajari berbagai macam teknik seputar jurnalistik. Kamu akan belajar tentang cara menjadi jurnalis yang andal, mulai dari mencari, mendapatkan hingga memverifikasi seluruh informasi. Menariknya kamu juga akan merasakan banyak praktik yang mengharuskanmu untuk meliput ke lapangan. Jadi serasa jurnalis beneran, deh! Gak heran jika mahasiswa jurnalistik sering terlihat jalan-jalan dan berpergian ke berbagai tempat yang menarik.

Makanya nih, mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan ini juga akan bervariasi. Dijamin gak akan membosankan. Kamu akan mempelajari teknik membuat pertanyaan wawancara, menuliskan berita live report, mencari narasumber, menyunting hasil liputan dan masih banyak lagi. Yuk kita intip mata kuliah apa saja yang dipelajari di jurusan jurnalistik!

  1. Pengantar ilmu komunikasi
  2. Teori komunikasi
  3. Pengantar jurnalistik
  4. Bahasa jurnalistik
  5. Penulisan berita
  6. Komunikasi massa
  7. Videografi
  8. Sejarah jurnalistik
  9. Teknik interview dan reportase
  10. Produksi TV & Radio
  11. Jurnalistik online dan media sosial
  12. Reportasi investigasi
  13. Statistika sosial
  14. Sosiologi komunikasi
  15. Etika filsafat komunikasi
  16. Sosiologi komunikasi
  17. Etika dan hukum media
  18. Creative writing
  19. Komunikasi politik
  20. Bahasa Indonesia
  21. Perkembangan teknologi komunikasi
  22. Penulisan akademis dan feature
  23. Media research
  24. Manajemen media digital

Kampus dengan Jurusan Jurnalistik Terbaik

Kalau kamu ingin berkuliah di jurusan ini, kamu gak perlu khawatir karena ada banyak universitas yang memiliki jurusan yang satu ini. Beberapa di antaranya adalah universitas di bawah ini. Kira-kira kamu mau belajar jurnalistik di mana nih, guys?

  1. Universitas Diponegoro (Undip)
  2. Unpad Bandung
  3. Universitas Indoensia (UI)
  4. Unair Surabaya
  5. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)
  6. Universitas Esa Unggul

Baca Juga: Yuk, Pahami Kode Etik Jurnalistik sebagai Bekalmu Jadi Jurnalis!

Nah, sekarang kamu jadi lebih paham kan seputar jurusan jurnalistik? Atau kamu masih mau cari tahu jurusan lainnya? Yuk, ketahui informasi mengenai jurusan yang kamu minati di Direktori Jurusan tau klik di sini untuk cek jurusan yang berhubungan dengan jurnalistik

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *