teknik analisis data kuantitatif
Kategori Kelas

Ingin Jelajahi Dunia Timur Tengah? Pilih Jurusan Sastra Arab!

“Kamu bawa dia ke Cappadocia, it’s my dream! Not hers, my dream mas!” Kamu ingat dialog tokoh Kinan dan Aris yang sempat viral dari film Layangan Putus ini? Gara-gara dialog ini kamu pun jadi penasaran, kenapa sih Kinan pingin banget ke Cappadocia yang ada di negara Turki. Nyatanya, memang berbagai negara yang ada di Timur Tengah ini memiliki pemandangan yang luar biasa indah, hingga banyak orang yang menjadikannya destinasi wisata impian. Tapi, kamu tahu gak sih, kalau ternyata ada jurusan kuliah yang bisa membawa kita menjelajahi dunia Timur Tengah loh! Gak cuma itu, di jurusan ini kita juga dapat mempelajari bahasa, sastra, dan juga budaya Arab. Di mana lagi kalau bukan di jurusan sastra Arab!

Selain bahasa Inggris, bahasa Arab adalah salah satu bahasa asing yang sangat menarik untuk dipelajari. Teman-teman yang berasal dari madrasah atau pun pondok pesantren pasti sudah tidak asing dengan bahasa ini. Eits…tapi jangan khawatir, bukan cuma untuk lulusan madrasah dan pondok pesantren aja, jurusan sastra Arab ini juga sangat terbuka bagi lulusan SMA dan SMK yang ingin mendalami sastra dan budaya Arab.

Belajar Apa Di Jurusan Sastra Arab?

KIamu akan mempelajari berbagai hal terkait Arab secara mendalam, khususnya bahasa, sastra, dan kebudayaan Arab. Di jurusan ini kamu akan mengenal berbagai tata bahasa Arab, atau yang biasa disebut Nahwu dan Sharaf, kajian karya sastra Arab, terjemahan, kaligrafi, diplomasi budaya, hingga jurnalistik. Kamu juga akan dibiasakan untuk berbicara, menulis dan mendengarkan dalam bahasa Arab loh. Karena dalam proses pembelajarannya, ada 4 kemampuan yang harus dimiliki mahasiswa sastra Arab, yaitu kemampuan mendengar (maharah alistima’), berbicara (maharah al- kalam), membaca (maharah al- qira’ah), dan menulis (maharah alkitabah).

Namun jangan khawatir jika belum memiliki basic bahasa Arab, karena di jurusan ini kamu akan dibimbing dari awal untuk mengenal berbagai jenis tulisan Arab. Metode pengajarannya pun bermacam-macam, mulai dari metode bercakap-cakap (muhadatsah), metode membaca (muthala’ah), metode dikte (imla), metode mengarang (insya), metode menghafal (mahfudzat), dan metode tata bahasa (qawaid). Kebayang dong dengan berbagai metode ini nantinya kamu bisa cas cis cus dengan bahasa Arab. Keren banget!

Selain itu, kamu akan dikenalkan dengan berbagai budaya Arab, mulai dari seni, tradisi, sosial, politik hingga ekonomi. Termasuk juga berbagai negara di kawasan Timur Tengah mulai dari Irak sampai Maroko.

Mata Kuliah yang Dipelajari

Mata kuliah di jurusan ini sangat beragam dan bervariasi. Dalam masa perkuliahan kamu juga akan melakukan banyak praktek, sehingga kemampuan komunikasi tertulis dan lisanmu akan semakin terasah. Tidak cuma mempelajari bahasa Arab saja, kamu juga memiliki kesempatan untuk belajar bahasa Turki hingga Rusia. Makanya jurusan ini cocok banget untuk kamu yang hobi mengulik dan menganalisis berbagai bahasa dan kebudayaan di kawasan Timur Tengah.

1. Nahwu14.  Pengkajian Puisi Arab
2. Sharaf15.  Sejarah Kebudayaan Arab
3. Muhadatsah16.  Bahasa Arab Pers
4. Istima’17.  Multimedia Arab
5. Insya18.  Psikolinguistik
6. Muthala’ah19.  Sosiolinguistik
7. Qawaidul Imla’20.  Kritik Sastra
8. Bahasa Arab21.  Kebudayaan Timur Tengah
9. Fonologi Arab22.  Morfologi dan Sintaksis Arab
10.  Linguistik Arab23.  Pengantar Kesusastraan Arab
11.  Qur’an dan Hadis24.  Filsafat dan Pemikiran Modern
12.  Jurnalistik25.  Islamologi
13.  Kebudayaan Indonesia26.  Retorika Arab

Kampus Dengan Jurusan Sastra Arab Terbaik

Nah, ini dia beberapa universitas yang memiliki jurusan sastra Arab terbaik, dan sudah terakreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kira-kira ada gak ya kampus idamanmu?

1. Universitas Indonesia

2. Universitas Sebelas Maret

3. Universitas Padjadjaran

4. Universitas Gadjah Mada

5. Universitas Sumatera Utara

6. Universitas Hasanuddin

Baca Juga: Kuliah Jurusan Sastra! Seseram Yang Dibayangin Gak Sih?

Prospek Kerja

Mungkin banyak dari kalian yang bingung seperti apa sih prospek kerja lulusan Arab. Siapa sangka kalau prospek lulusan sastra Arab sangat luas dan banyak. Kamu dapat berkerja di berbagai bidang yang kamu minati, mulai dari pemerintahan, pariwisata, industri kreatif, akademisi, hingga lembaga atau perusahaan.

Umumnya, banyak lulusan sastra Arab yang memilih bekerja sebagai penerjemah, interpreter, konselor serta akademisi di bidang bahasa, sastra dan budaya Arab. Namun, di luar itu kamu juga bisa berkarier di industri media sebagai jurnalis. Berbekal ilmu dan pengetahuan yang luas, kamu juga bisa bekerja sebagai peneliti budaya, penulis, content writer, kedutaan besar, lembaga dunia, hingga pengusaha di bidang hotel dan travel.

Gimana? Yakin untuk belajar di jurusan sastra Arab? Atau kamu mau lihat-lihat berbagai jurusan sastra yang ada di Indonesia, seperti sastra Indonesia, sastra Inggris, dan juga sastra Jepang? Kamu bisa baca semuanya di goKampus ya. Klik linknya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *