gelar sarjana peternakan
Kategori Kelas

Dapat Gelar Sarjana Peternakan, Lulus Bisa Jadi Apa Sih?

Apa yang terlintas di kepala kalau mendengar gelar sarjana peternakan? Mengurus tempat hewan ternak seperti sapi, kambing, atau ayam? Tapi ternyata peternakan juga merupakan salah satu jurusan kuliah yang asik, loh.

Apa mahasiswanya pada belajar menggembala kambing sebagai salah satu mata kuliah? Lalu, masa iya kita belajar susah-susah sampai dapat gelar Sarjana Peternakan (S. Pt) dan cuma bisa jadi peternak? 

Ternyata gak sebegitunya. Memang apa saja yang pelajaran yang ada di Jurusan Peternakan? Pertama, kamu akan mempelajari apa saja yang mesti dilakukan agar hewan ternak memiliki nilai tambah. Mulai dari pemeliharaan, pemasaran, hingga mengembangkan bisnis ternak dari sisi manajemen dan teknologinya. 

Dengan kata lain, lulusan Jurusan Peternakan diharapkan bisa meningkatkan produktivitas hewan ternak dengan memanfaatkan teknologi dan ilmu manajemen modern.

Gak Cuma Menggembala

Lulusan Jurusan Peternakan semestinya bisa mengerjakan semuanya yang berhubungan dengan peternakan, gak sekadar menggembala sapi. Dari memilih bibit sapi unggul, merawatnya, menyiapkan nutrisi yang layak, mengolah produksi sapi dari daging, susu, dan sebagainya, serta memasarkan hasil produksi tersebut.

Untuk itu, calon mahasiswa jurusan peternakan perlu menguasai mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam seperti MAFIA (matematika, fisika, dan kimia) serta biologi sebagai ilmu dasar. Selain itu, kamu juga akan mempelajari manajemen, ekonomi, dan sosiologi.

Nantinya, dalam Jurusan Peternakan kamu juga akan mempelajari ternak secara advance, dari bioteknologi, genetika, nutrisi, teknologi, pengelolaan limbah, manajemen kesehatan ternak, hingga pengendalian mutu hasil ternak.

Baca Juga: Kuliah Di Universitas Bergengsi Dan Buka Peternakan Ikan Lele? Coba Yuk!

Lalu, setelah jadi Sarjana Peternakan, prospek kerjanya seperti apa? Ternyata lumayan banyak dan gak sekadar kerja di peternakan. Kamu bisa jadi ahli bioteknologi, industri pakan ternak, industri obat hewan, formulator pakan ternak, manajer peternakan, dan industri pengelolaan limbah.

Bagi lulusan Jurusan Peternakan yang berjiwa wirausaha, mereka bisa menjadi pengusaha peternakan. Lebih memilih untuk bekerja di instansi pemerintah? Bisa banget. Kamu bisa bekerja di Kementerian Pertanian, Kementerian Koperasi, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Lingkungan Hidup. Terakhir, tentu saja kamu bisa menjadi tenaga pengajar atau peneliti setelah lulus kelak. Mantap kan!

Nah, sudah paham kan kalau Sarjana Peternakan bukan cuma jadi penggembala? Tertarik untuk kuliah di jurusan tersebut atau ingin mencari jurusan lain? Yuk, cari info lebih lanjut di goKampus! Klik linknya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *