fakultas peternakan
Kategori Kelas

3 Alasan Kamu Kuliah di Fakultas Peternakan

Kamu pernah kepikiran, apa sih kebanggaan kuliah di Fakultas Peternakan? Sekadar beternak hewan atau hanya mengerjakan kegiatan membosankan yang itu-itu saja? Mudah-mudahan kamu gak berpikir seperti itu ya. Soalnya, ada berbagai macam alasan kamu memilih kuliah di Fakultas Peternakan. Yuk, kita bahas.

Prospeknya Besar Loh!

Salah besar jika kamu menganggap kalau kuliah peternakan hanya bisa berakhir menjadi peternak. Dalam Jurusan Peternakan, kamu bakal mempelajari apa saja yang mesti dilakukan agar hewan ternak memiliki nilai tambah. Mulai dari pemeliharaan, pemasaran, hingga mengembangkan bisnis ternak dari sisi manajemen dan teknologinya.

Kamu akan mempelajari ternak secara advance, dari bioteknologi, genetika, nutrisi, teknologi, pengelolaan limbah, manajemen kesehatan ternak, hingga pengendalian mutu hasil ternak.

Tujuannya agar lulusan Jurusan Peternakan bisa meningkatkan produktivitas hewan ternak dengan memanfaatkan teknologi dan ilmu manajemen modern. Jadi, gak sekadar menggembala kambing di padang rumput saja.

Lalu, setelah jadi Sarjana Peternakan, prospek kerjanya seperti apa? Kamu bisa jadi ahli bioteknologi, industri pakan ternak, industri obat hewan, formulator pakan ternak, manajer peternakan, dan industri pengelolaan limbah ternak. Baik industri swasta maupun pemerintah, pasti membutuhkan jasa Sarjana Peternakan.

Baca Juga: Dapat Gelar Sarjana Peternakan, Lulus Bisa Jadi Apa Sih?

Fakultas Peternakan Dipersiapkan Untuk Menjadi Wirausaha

Lulusan Jurusan Peternakan semestinya bisa mengerjakan semuanya yang berhubungan dengan peternakan. Contohnya jika kamu tertarik beternak sapi: kamu bisa memilih bibit sapi unggul, merawatnya, menyiapkan nutrisi yang layak, mengolah produksi sapi dari daging, susu, dan sebagainya, serta memasarkan hasil produksi tersebut.

Berbekal banyaknya ilmu yang kamu pelajari, kamu bisa loh jadi pengusaha sukses jika kamu mengaplikasikan ilmu tersebut pada peternakanmu. Ujung-ujungnya setelah lulus memang jadi peternak, tapi nggak ada salahnya loh jadi peternak yang berilmu tinggi.

Memperbaiki Nutrisi Masyarakat Indonesia

Tahukah kamu bahwa konsumsi daging sapi dan ayam masyarakat Indonesia merupakan yang terendah dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya? Padahal, protein hewani dari daging merupakan sumber pangan yang sangat baik, terutama untuk masa pertumbuhan dan perkembangan anak-anak.

Kurangnya protein hewani bisa menyebabkan lambannya pertumbuhan badan dan tingkat kecerdasan anak. Nah, dengan kuliah di Fakultas Peternakan, kamu bisa membantu pemerintah untuk memperbaiki nutrisi generasi muda Indonesia di masa depan.

Nah, sudah paham kan berbagai alasan kamu mesti kuliah di Fakultas Peternakan? Untuk informasi selengkapnya mengenai ilmu peternakan, kamu bisa langsung klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *