ptn
Upskill

Catat, Ini Jadwal Jalur Mandiri PTN 2022 Paling Update

Jalur mandiri PTN (Perguruan Tinggi Negeri) 2022 sudah di depan mata nih, guys. Siapkan catatanmu dan pasang pengingat biar gak ketinggalan. Ingat juga kalau setiap kampus itu punya jadwal dan persyaratannya sendiri. So, jangan sampai kamu salah catat. Kamu mungkin penasaran, PTN mana saja sih yang akan buka jalur mandiri? Simak yuk biar gak ketinggalan info! 

Di Indonesia ada beberapa jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang resmi. Ada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), ada Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN), dan jalur Seleksi Mandiri. Sederhananya, jalur Seleksi Mandiri adalah sistem penerimaan mahasiswa baru oleh Perguruan Tinggi Negeri secara mandiri. Jadi, tata kelola hingga aturan seleksinya adalah dari PTN itu sendiri. 

Baca Juga: UTBK 2022: Materi Tes, Persyaratan Hingga Cara Mendaftar

Nah, kalau UTBK-SBMPTN serentak di seluruh Indonesia, jadwal jalur mandiri PTN gak sama. Bahkan, bentuk tes seleksinya juga berbeda-beda, guys. Jika SNMPTN menggunakan nilai rapor, lalu SBMPTN menggunakan nilai UTBK, nah kalau Seleksi Mandiri ini menggunakan tes khusus. Namun, ada juga sih yang menggunakan nilai rapor, prestasi akademik, dan nonakademik atau bahkan menggunakan nilai UTBK untuk jalur Mandiri. So, tergantung kamu mau pilih kampus yang mana nih. 

Begitu pula dengan jadwalnya. Setiap kampus punya jadwal sesuai dengan kebijakan masing-masing. Itulah alasannya kamu harus tahu tentang jadwal jalur mandiri PTN 2022 ini. Yuk, simak jadwal pendaftaran ujian mandiri perguruan tinggi negeri di bawah ini.

Jadwal Pendaftaran Ujian Mandiri 2022 PTN 

Berikut jadwal pendaftaran ujian mandiri di PTN yang perlu kamu perhatikan dan catat!

  1. Seleksi Mandiri (SM) ITB (Pendaftaran 6-29 Juni, dengan biaya Rp200.000) atau klik di sini untuk informasi seleksi mandiri lebih lanjut.
  2. SM Institut Pertanian Bogor (Waktu daftar 15-25 Juni dengan biaya Rp300.000-500.000) atau cek web pendaftaran IPB di sini.
  3. Seleksi Kemitraan dan Mandiri ITS (Pendaftaran 1-26 Juni) atau lihat pendaftaran seleksi ITS di sini.
  4. SMM PTN-Barat (Waktu daftar 1 April-27 Juni dengan biaya Rp350.000) atau cek informasi di web SMM PTN-Barat ini dan universitas yang ikut serta.
  5. SM Universitas Padjadjaran (Pendaftaran hingga 27 Juni dengan biaya Rp100.000-200.000) atau cek informasi ujian mandiri di web SM Unpad.
  6. SM Unair (Waktu daftar 4 Juni-22 Juli) atau lihat informasi di web PPMB Universitas Airlangga.
  7. SPMB Universitas Jend. Soedirman (Pendaftaran 13 Juni-13 Juli dengan biaya Rp300.000-350.000) atau cek informasi di web pendaftaran Unsoed.
  8. SIMAK UI (Waktu daftar 24 Mei-27 Juni dengan biaya Rp400.000-Rp600.000) atau baca informasi lainnya di web SIMAK UI.
  9. SM Universitas Udayana (Pendaftaran 11 April-30 Juni dengan biaya Rp450.000) atau cek pengumumannya di web Unud.
  10. UM-PMB Universitas Diponegoro (Waktu daftar 11 April-20 Juni dengan biaya Rp350.000-Rp500.000) atau lihat informasi lainnya seputar ujian mandiri di web PMB Undip.
  11. SIMA Universitas Andalas (Pendaftaran 6 Juni-13 Juli) atau cek web SIMA UNAND untuk informasi lebih lanjut.
  12. CBT-UM Universitas Gadjah Mada atau cek web UM UGM untuk cari tahu informasi seputar ujian mandiri.

Itulah informasi tentang jadwal jalur mandiri PTN 2022. Gimana? Sudah kamu catat semua belum? Atau kamu hanya mencatat kampus yang kamu incar dan minati saja? Dengan mengetahui jadwal ini, semoga kamu bisa mempersiapkan diri dengan baik dan matang. Agar bekal kamu semakin lengkap, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelumnya nih. Apa sajakah itu? Lanjut ke pembahasan selanjutnya, yuk! 

Baca Juga: Simak 6 Tips Ikut Seleksi Mandiri, Udah Siap Belum?

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Daftar Jalur Mandiri

1. Kesempatan terakhir

Buat kamu yang berminat mendaftar jalur mandiri, perlu kamu ingat bahwa jalur ini merupakan opsi terakhir untuk bisa masuk PTN favoritmu. Beberapa orang menganggapnya sebagai “plan B” ketika ternyata gak lulus UTBK-SBMPTN. Nah, karena merupakan kesempatan terakhir, ada baiknya memang kamu tetap harus mempersiapkan ujian seleksi mandiri. 

Memang sih, saat gak lolos jalur SNMPTN maupun ujian SBMPTN, kamu masih bisa memutuskan gap year dan mencoba SBMPTN di tahun depan. Namun, Seleksi Mandiri PTN sebenarnya dapat menjadi solusi agar kamu tetap berkuliah di PTN impian dan tepat setelah lulus sekolah. So, maksimalkanlah kesempatan ini dengan baik ya, guys. 

2. Jumlah peminat gak sebanyak SBMPTN

Perlu kamu tahu juga bahwa kuota dari Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk Seleksi Mandiri PTN 2022, yaitu maksimal 30% dari semua jalur seleksi. Malahan, khusus PTN berbadan hukum seperti UI, ITB, dan UGM sebesar 50%, guys! Nah, kabar baiknya lagi, meski kuota terbilang cukup banyak, jumlah peminat Seleksi Mandiri PTN biasanya sih gak sebanyak SBMPTN. So, persaingannya pun gak seketat SBMPTN nih, guys.

Namun, ya tetap saja kamu gak boleh meremehkan loh karena jumlah peminat lebih sedikit bukan berarti seleksinya mudah. Sebagai PTN yang sudah punya nama besar, tentunya beberapa tes yang akan lebih sulit dari UTBK-SBMPTN. So, no debate lagi kalau kamu ingin mimpimu kuliah di PTN favorit tercapai, ya harus belajar ekstra keras untuk bisa lulus. 

3. Biaya pendaftaran lebih mahal

Satu lagi hal yang perlu kamu perhatikan adalah biayanya. Sejak dulu, biaya pendaftaran Seleksi Mandiri selalu lebih mahal daripada pendaftaran UTBK-SBMPTN. Hal ini setidaknya melahirkan 2 insight. Pertama, jumlah peserta akan lebih sedikit daripada seleksi nasional karena bisa jadi beberapa calon mahasiswa enggan mengeluarkan kocek besar untuk mengikuti seleksi mandiri.  Kedua, mahalnya biaya pendaftaran bisa jadi motivasi kamu untuk fight menghadapi seleksi mandiri.

Tentu kamu gak mau kan membuang kesempatan emas masuk PTN, apalagi setelah mengeluarkan uang dalam jumlah besar? So, sekarang kembali ke diri kita masing-masing.

Sudah semestinya kamu benar-benar mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi ini agar gak menyia-nyiakan segala upaya, waktu, dan biaya yang sudah kamu korbankan. Yuk, semangat! Jangan lupa catat jadwal jalur mandiri PTN di atas, ya! 

Baca Juga: Seleksi Mandiri Langsung Diterima? Ini Penjelasannya!

Oh iya, tahukah kamu kalau relevansi kemampuan lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan industri masih berada di kisaran 64% berdasarkan Future of Jobs Report, World Economic Forum 2020?

Nah, kalau kamu tertarik di dunia startup dan ingin mempersiapkan diri terjun ke dunia kerja yang sesuai kebutuhan industri, kamu bisa ambil kelas Memulai Karier di Dunia Startup Digital di sini dan kelas Memulai Karier sebagai UX Writer di sini.

FYI, UX writer adalah salah satu posisi yang menjadi incaran para recruiter dari berbagai perusahaan, loh. Gak hanya upgrade skill dan dapat insight dari profesional berpengalaman di bidangnya, kamu juga akan dapat sertifikat dari institusi ternama Singapura, plus bisa mengikuti kelas secara online. Flexible, kan? Yuk, ikutan!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *