beasiswa unggulan kemendikbud
Tips Belajar

Gagal Dapat Beasiswa? Beasiswa Unggulan Kemendikbud Cocok buat Kamu!

Beasiswa Unggulan dari Kemendikbud merupakan beasiswa untuk masyarakat Indonesia yang membutuhkan bantuan pendidikan tinggi. Yang terpenting, Beasiswa ini khusus buat kamu yang mau kuliah di universitas dalam negeri. Setidaknya, untuk program beasiswa tahun 2021 ini.

Ngomong-ngomong, yang kami maksud Kemendikbud di sini adalah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Jadi kamu pasti susah cari infonya di Kementerian Agama. Untungnya kamu datang ke sini karena tim goKampus punya solusi. Siapa tau kamu gagal mendapatkan beasiswa ini. Terusin baca artikel ini sampai selesai, ya!

Yang pertama, pertanyaannya adalah program beasiswa ini sebenarnya untuk masyarakat Indonesia yang seperti apa, sih? Jawaban cepatnya, buat calon mahasiswa maupun mahasiswa di jenjang: 

  1. Sarjana, 
  2. Magister, dan 
  3. Doktoral. 

Ya! Beasiswa ini memang buat siapa pun, termasuk kamu kalau sudah mendapatkan surat diterima di perguruan tinggi. Mahasiswa yang baru masuk kuliah 1 semester dan belum mendapatkan Kartu Hasil Studi (KHS) maupun mahasiswa on-going yang sudah kuliah maksimal semester 3 (semua jenjang) atau masuk perkuliahan pada tahun sebelumnya.

Kamu perlu memperhatikan ini. Dari Kemendikbud sendiri menginformasikan kalau tidak semua universitas masuk ke daftar tujuan Beasiswa Unggulan. Beasiswa ini khusus buat kamu yang diterima di kampus dalam negeri dengan minimum akreditasi “B”. Tenang saja! Karena dengan goKampus, kamu bisa diterima kuliah di lebih dari 400 kampus cuma dalam waktu 1 jam loh.

Ini alasan kenapa kamu harus pake goKampus: kamu bakal bisa langsung mengajukan beasiswa setelah pihak universitas menerimamu. Kamu cuma perlu upload rapor. Silakan kamu klik link ini: https://www.gokampus.com/pendaftaran-instant-approval.

Jenis-Jenis Beasiswa Unggulan

Sekarang, kamu harus lebih memperhatikan info selanjutnya nih karena jenis-jenis Beasiswa Unggulan menjelaskan kamu cocok masuk yang mana. Oke… Kita lanjut pembahasannya, yuk!

Masyarakat Berprestasi

Program beasiswa khusus masyarakat berprestasi, baik di tingkat nasional dan internasional. Jadi jenis beasiswa ini cocok buat kamu yang memberikan kontribusi untuk meningkatkan daya saing Indonesia di bidang apa pun.

Syarat dan ketentuan:

  1. Calon mahasiswa yang sudah memiliki surat diterima kuliah atau sudah kuliah maksimal 2 semester.
  2. Diterima di perguruan tinggi yang minimum terakreditasi B (sangat baik).
  3. Punya sertifikat sebagai bukti prestasi akademik maupun non-akademik tingkat nasional atau internasional.
  4. Direkomendasikan oleh institusi terkait.
  5. Tidak sedang menerima beasiswa sejenis dari pihak lain.

Belum punya surat diterima kuliah? Pilih dulu kampus yang kamu mau di Direktori Universitas goKampus: https://www.gokampus.com/university/

Pegawai Kemendikbudristek

Beasiswa ini khusus aparatur sipil negara (ASN) di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Indonesia. Tentu saja, ini untuk membantu dalam melanjutkan pendidikan magister dan doktoral melalui mekanisme tugas belajar.

Syarat dan ketentuan:

  1. Berstatus sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kemdikbudristek. 
  2. Mendapatkan rekomendasi dari pejabat pimpinan pratama atau eselon II unit kerja. 
  3. Mendapatkan persetujuan penugasan untuk belajar sesuai kebutuhan dan peraturan perundang-undangan. 
  4. Rekomendasi pimpinan bidang studi yang diambil sesuai dengan kebutuhan Kemendikbudristek. 
  5. Memiliki kinerja baik.

Penyandang Disabilitas

Jenis beasiswa yang satu ini memang kabar baik buat penyandang disabilitas, baik: 

  • fisik, 
  • intelektual, 
  • mental, atau 
  • sensorik.

Jadi para penyandang disabilitas harus menjadikan kesempatan ini sebagai peluang besar bertumbuh. #PastiBisaKuliah

Syarat dan ketentuan:

  1. Calon mahasiswa yang sudah memiliki surat penerimaan kuliah dari pihak universitas atau sudah kuliah maksimal 2 semester.
  2. Memiliki sertifikat sebagai bukti prestasi akademik maupun non-akademik 
  3. Memiliki surat keterangan dari dokter, ahli, atau lembaga relevan yang menyatakan sebagai penyandang disabilitas. 
  4. Mendapatkan rekomendasi dari institusi terkait. 
  5. Tidak sedang menerima beasiswa sejenis dari pihak lain. 
  6. Hanya berlaku di kampus dalam negeri yang minimum terakreditasi “B” (sangat baik). 
  7. Menandatangani surat pernyataan yang menyatakan pendaftar termasuk mahasiswa berkebutuhan khusus.

Penghargaan

Beasiswa ini khusus untuk anak kandung dari orang tua yang gugur dalam menjalankan tugas atau pengabdian pada negara. 

Syarat dan ketentuan:

  1. Memiliki surat atau sertifikat (akta kelahiran, dan sebagainya) yang membuktikan sebagai anak kandung dari orang tua yang berhak menerima beasiswa ini.
  2. Calon penerima beasiswa ini mendapatkan rekomendasi oleh pejabat setingkat kepala staf Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Cara Mendapatkan Beasiswa Unggulan

Pengajuan beasiswa bisa kamu proses secara online melalui website Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbud. Secara teknis, begini cara untuk mendaftarprogram beasiswa ini:

  1. Pilih menu beasiswa unggulan di laman Puslapdik. 
  2. Membuat akun dengan mendaftar sebagai peserta, dengan mengisikan NIK email, dan password.
  3. Verifikasi akun pendaftaran melalui email.
  4. Login di website Beasiswa Unggulan Kemendikbud. 
  5. Isikan data diri berupa nama lengkap, NIK, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, agama, status pernikahan, nomor HP, domisili, luas rumah, tagihan listrik, dan daya listrik. 
  6. Unggah foto diri, foto KTP maksimal, Kartu Keluarga (PDF), dan tagihan listrik (PDF). 
  7. Ikuti langkah pengisian selanjutnya mengenai identitas orangtua, pengalaman kerja, prestasi, riwayat beasiswa, riwayat pendidikan, dan sertifikasi keahlian. 
  8. Klik “Simpan”. 
  9. Pilih menu beasiswa dan pilih jenis beasiswa. 

Sayangnya, pendaftaran Beasiswa Unggulan dari Kemendikbudristek ini hanya bisa kamu ikuti pada 1 Juli s.d. 15 Agustus. Buat kamu yang ketinggalan atau gagal harus tetap semangat, ya! goKampus punya solusi dana pendidikan. Kamu bisa cek di aplikasi goKampus secara langsung dari handphone-mu.

First things first, kamu perlu diterima kuliah dulu sebelum bisa mendaftar Beasiswa Unggulan. Ayo! Upload rapor sekarang, 1 jam langsung diterima. Isi formulir Instant Approval di halaman ini: https://www.gokampus.com/pendaftaran-instant-approval/daftar.

Persiapkan Diri Kamu bareng goKampus

Oh iya, tahukah kamu kalau relevansi kemampuan lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan industri masih berada di kisaran 64% berdasarkan Future of Jobs Report, World Economic Forum 2020?

Nah, supaya skill yang kamu miliki relevan dengan kebutuhan industri, yuk persiapkan diri kamu bareng goKampus! Kamu bisa ikutan kelas Memulai Karier sebagai Digital Marketer di sinikelas UX Writer di sini, atau Memulai Karier sebagai Product Manger di sini karena ketiga posisi tersebut menjadi incaran para recruiter, loh!

Gak hanya upgrade skill dan dapat beragam insight langsung dari profesional berpengalaman di bidangnya, kamu juga akan dapat sertifikat dari institusi ternama Singapura, plus bisa ikutan kelas dari mana saja secara online. Yuk, ikut kelasnya sekarang!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *