beasiswa bidikmisi
Tips Belajar

Bidikmisi Cocok buat Kamu yang Lagi Cari Beasiswa Kuliah, tapi Waktunya Mepet

Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi (Bidikmisi) merupakan bantuan (bukan beasiswa) dari pemerintah untuk kamu yang berprestasi, tapi terkendala secara keuangan. Bantuan ini hanya untuk lulusan sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat. 

Sebentar, jadi Bidikmisi itu bukan beasiswa? Nah, menurut website resmi Ristek Dikti, Bidikmisi berbeda dengan beasiswa. Kenapa beda? Lanjut baca dulu, yuk. Namun, jangan lanjutkan kalau kamu gak perlu tau jawaban untuk 4 pertanyaan ini:

  1. Apa kamu berhak menerima Bidikmisi?
  2. Universitas-universitas mana saja yang menerima pendaftaran Bidikmisi?
  3. Bagaimana cara mendapatkan Bidikmisi?
  4. Kapan bisa mulai mendaftar?

Buat kamu yang mau langsung daftar kuliah sekarang juga bisa, loh! Tinggal upload rapor, 1 jam diterima kuliah di lebih dari 400 kampus yang bisa kamu pilih. Ayo! Daftar dengan fitur Instant Approval dengan klik di sini.

Kamu berhak menerima bidikmisi kalau…

Dari namanya, Bidikmisi memang sudah jelas kalau bantuan ini khusus buat kamu yang:

  1. Berprestasi secara akademik, tapi..
  2. Tidak mampu membayar biaya kuliah.

Kamu mungkin bertanya-tanya, “Apa saya berprestasi sekalipun nilai rapor naik-turun?” Tenang! Kamu bisa bernapas lega karena penyelenggara Bidikmisi tidak menjabarkan prestasi. Selama memenuhi syarat seleksi masuk, kamu bisa mendaftar Bidikmisi.

Untuk kriteria tidak mampu membayar kuliah, kamu bisa memperhatikan 3 keterangan ini:

  1. Siswa penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM), pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan sejenisnya. 
  2. Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali maksimal Rp3.000.000 per bulan. 
  3. Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga sebesar Rp750.000 per bulan. Misal, pendapatan orang tua Rp6.000.000, tapi dalam keluarga itu ada 8 orang.

Universitas yang menerima pendaftaran jalur Bidikmisi

Kamu bisa mendaftar Bidikmisi di perguruan tinggi negeri dan swasta. Oh iya, FYI, kamu juga bisa memilih universitas swasta langsung dari aplikasi goKampus.

Sementara itu, kamu bisa lihat 4 universitas ini kalau mau kuliah melalui jalur Bidikmisi. Berikut daftar universitas yang perlu kamu ketahui:

  1. Universitas Surabaya (Ubaya)
  2. Ma Chung University
  3. Unika Atma Jaya
  4. Universitas Bung Karno (UBK)

Kamu mau cepat diterima kuliah di universitas-universitas itu? Yuk, upload rapor kamu di sini.

Cara kamu mendapatkan Bidikmisi

Menurut website resmi Bidikmisi, kamu bisa mendaftar antara 31 Januari sampai 30 September. Jadwal tersebut, terbagi menjadi 8 jalur:

  1. Pendaftaran Sekolah 
  2. Pendaftaran Siswa 
  3. SNMPTN 
  4. Seleksi Mandiri PTN 
  5. PMDK-PN 
  6. UTBK-SBMPTN 
  7. UMPN 
  8. Seleksi Mandiri PTS

Waktunya mepet nih. Buruan daftar! Dari informasi Bidikmisi 2021 tersebut, pendaftaran yang terbuka hanya untuk jalur “Seleksi Mandiri PTS”. Sedangkan untuk pendaftarannya sendiri, kamu bisa mendapatkan Bidikmisi kalau: 

  • Mendapat rekomendasi dari sekolahmu
  • Melakukan pembaruan akun kalau kamu pernah direkomendasikan oleh pihak sekolah, atau
  • Langsung mengajukan pembuatan akun dengan membawa persyaratan kalau kamu belum pernah direkomendasikan sebelumnya.

Cara pendaftaran di atas merupakan informasi umum yang kami dapat dari website resmi Bidikmisi. Buat kamu yang punya info tentang Bidikmisi, silakan berikan komentar di bawah, ya

Untuk informasi teknis cara mendapatkan Bidikmisi, kamu bisa baca artikel ini.

***

Informasi tambahan tentang perbedaan beasiswa dan bantuan biaya pendidikan:

Menurut website resmi, Bidikmisi adalah bantuan biaya pendidikan. Jadi bukan merupakan beasiswa. Jadi, berdasarkan penjelasan Pasal 76 Ayat (2) huruf (a) dan (b) Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi:

  • Beasiswa itu merupakan dukungan biaya Pendidikan yang diberikan kepada Mahasiswa untuk mengikuti dan/atau menyelesaikan Pendidikan Tinggi berdasarkan pertimbangan utama prestasi dan/atau potensi akademik, sedangkan 
  • Bantuan biaya pendidikan merupakan dukungan biaya pendidikan yang diberikan kepada Mahasiswa untuk mengikuti dan/atau menyelesaikan Pendidikan Tinggi berdasarkan pertimbangan utama keterbatasan kemampuan ekonomi.

Itulah segala informasi tentang Bidikmisi. Setelah melanjutkan pendidikan di universitas, mungkin salah satu keinginan kamu bekerja di perusahaan impian, kan? Sembari kuliah nanti, yuk upgrade juga skill kamu bareng goKampus agar lebih siap kerja setelah lulus nanti!

Asah soft skill kamu sebelum terjun ke dunia kerja dengan ikutan kelas Keahlian Berpikir Kritis di sini dan kelas Kecerdasan Emosional (EQ) di Tempat Kerja di sini. Kedua soft skill itu penting banget dan dibutuhkan di dunia kerja, loh. Cus, ikutan!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *