cara menghitung passing grade SNMPTN
goKampus Tips Belajar Upskill

Bagaimana Sih Rasanya Kuliah Teknik Sipil?

Hai calon mahasiswa baru! Pasti udah gak asing lagi kan sama jurusan kuliah Teknik Sipil? Salah satu jurusan teknik yang paling favorit di kalangan pelajar Indonesia nih! Biasanya mahasiswa-mahasiswa yang kuliah teknik sipil akan selalu dikaitkan sama teknik “bangun-membangun” sebuah bangunan. Padahal, mata kuliah teknik sipil gak hanya ngebahas tentang bangunan aja loh! Kira-kira apa aja ya yang akan bakal dipelajari di mata kuliah teknik sipil?

A. Kuliah teknik sipil? Itu apa sih?

Sebelum kita ngebahas lebih jauh tentang mata kuliah teknik sipil, kamu wajib tau banget jurusan teknik sipil tuh apa sih? Program studi teknik sipil mempelajari tentang proses merancang, membangun, serta merenovasi sesuatu. Gak hanya bangunan gedung namun juga infrastruktur jalan, jembatan, bendungan, dan seluruh infrastruktur lainnya. 

Kalau kamu mempelajari ilmu teknik sipil, kamu juga akan belajar tentang unsur-unsur bangunan seperti beton, baja, aspal, dan lain sebagainya. Kamu juga akan memahami perancangan struktur bangunan yang kuat, layak, dan juga efisien nih. Berbagai kemajuan teknologi transportasi akan berpengaruh pada pembangunan infrastruktur misalnya seperti perluasan jalan, pembangunan jalan tol, dan lain sebagainya. 

B. Kenapa kamu harus ambil kuliah teknik sipil?

Tentunya teknik sipil bisa menjadi salah satu program studi yang punya peran penting dalam perkembangan suatu negara, terutama dalam pembangunan infrastruktur dan ekonomi. Nah, sebagai negara berkembang lainnya, Indonesia lagi gencar banget nih buat melakukan pembangunan infrastruktur di mana-mana. Jadi, dijamin deh peluangmu di masa depan bakal besar banget nih.

C. Mata kuliahnya apa aja?

Untuk mata kuliah teknik sipil yang bakal kamu dapatkan ada berbagai macam nih. Kamu akan dapat berbagai mata kuliah teknik sipil dari yang mengenai kalkulus, fisika dasar, kimia dasar, pengantar rekayasa dan desain, menggambar teknik, rekayasa bahan konstruksi sipil, matematika, analisis struktur dan lain sebagainya. 

Sebagai mahasiswa jurusan teknik sipil, kamu juga akan mendapatkan beberapa skill dan kemampuan nih contohnya seperti kamu akan menjadi lebih teliti, tekun, fokus kepada detail-detail serta kamu akan diajarkan untuk pintar melakukan riset serta menganalisis. 

Baca Juga: Peluang Besar! Cek Prospek Kerja Teknik Elektro

D. Prospek kerja jurusan teknik sipil bisa jadi apa aja ya?

Tentunya, berbagai ilmu dari teknik sipil sangat diperlukan bagi suatu perusahaan maupun organisasi yang bergerak di berbagai jenis bidang. Oleh karena itu, tidak heran banyak pekerjaan yang membutuhkan lulusan teknik sipil untuk mengisi berbagai macam lowongan pekerjaan. Biasanya kamu sebagai lulusan teknik sipil bisa bekerja di lembaga pemerintahan, instansi, perusahaan swasta, BUMN, dan tentunya bisa berwirausaha mandiri loh.

Sebagai mahasiswa jurusan teknik sipil, ada 8 prospek kerja yang bisa kamu ambil setelah nanti kamu lulus loh! Apa aja ya kira-kira kerjaannya?

1. Surveyor Pengendalian Bangunan

Prospek kerja teknik sipil yang pertama adalah sebagai surveyor pengendalian bangunan. Kalau kamu senang bekerja dengan detail dan tertarik dengan bangunan serta pekerjaan konstruksi, maka prospek kerja teknik sipil yang satu ini bisa kamu pertimbangkan loh. 

Bekerja menjadi surveyor pengendalian bangunan tugasnya memastikan bahwa semua peraturan dan perundang-undangan yang berlaku bisa diikuti oleh pembangunan yang sedang berjalan. Kalau kamu menemukan bangunan yang gak memenuhi persyaratan tersebut, maka tugasmu sebagai surveyor pengendalian bangunan wajib memberikan solusi pemecahannya bagi klien.

2. Konsultan Konstruksi Bangunan

Prospek kerja teknik sipil yang kedua adalah bekerja menjadi konsultan konstruksi bangunan. Pada bidang ini, kamu akan bertugas untuk memikirkan dan memberikan solusi kepada klien apa yang harus diperhatikan pada sebuah proyek konstruksi, sehingga pembangunan proyek konstruksi bisa berjalan dengan lancar.

3. Kontraktor Insinyur Sipil

Prospek kerja teknik sipil yang selanjutnya adalah menjadi kontraktor insinyur sipil. Tugasnya adalah mengubah rencana yang sudah dibuat oleh seorang konsultan menjadi kenyataan. Nantinya, biarkan konsultan dan klienmu yang melihat bagaimana keadaan nyata di lapangan serta menerapkan apa yang sudah dibuat oleh konsultan.

Tugasmu nanti mengharuskan kamu untuk mampu secara profesional mengatur semua orang dan sumber material yang ada di tempat pembangunan. Kamu juga bisa bertugas untuk membuat perencaanmu sendiri.

4. Insinyur Situs Pembangunan

Prospek kerja teknik sipil yang selanjutnya adalah bekerja menjadi Insinyur situs pembangunan. Tugasmu nanti adalah menentukan lokasi pembangunan infrastruktur, baik itu yang terkait di atas maupun yang ada di bawah tanah. Nantinya kamu juga membuat dan mengaplikasikan rencana terkait pembangunan bangunan. Kamu juga memiliki tanggung jawab untuk memperhatikan kesehatan dan keamanan di daerah tersebut.

5. Insinyur Struktural

Prospek kerja teknik sipil yang berikutnya adalah menjadi seorang insinyur struktural yang menggabungkan antara matematika dan sains secara kreatif untuk mendesain struktur bangunan serta menyelesaikan masalah. 

Tugasmu sebagai seorang insinyur struktural harus merancang struktur bangunan yang kuat menahan tekanan dari lingkungan sekitar serta dari penggunaan manusia nanti. Kamu juga harus memastikan bahwa bangunan tersebut tidak berbelok, berputar, atau bergetar serta tidak hancur selama penggunaanya. 

6. Insinyur Air

Nah, kamu pernah dengar prospek kerja teknik sipil yang satu ini gak? Mungkin memang terdengar cukup unik ya bekerja menjadi insinyur air. Pekerjaan ini cocok buat kamu yang senang dengan tantangan terkait pemecahan masalah global warming, berbagai infrastruktur yang menua, serta perkembangan populasi, dan standar kualitas hidup terkait perairan.

Proyek yang akan kamu kerjakan misalnya saja ketentuan air bersih, pembuangan limbah air, dan pencegahan bahaya banjir. Yang pasti, di prospek kerja Teknik Sipil ini, pekerjaan utamamu adalah untuk manajemen aset. Contohnya, perbaikan serta menjaga struktur bangunan yang mengontrol sumber air, seperti tanggul laut.

7. Manajer Konstruksi

Buat kamu yang punya jiwa pemimpin tinggi serta mampu memecahkan masalah dengan baik, prospek kerja Teknik Sipil sebagai manajer konstruksi patut kamu pertimbangkan.

Sebagai manajer, tentunya tanggung jawabmu akan lebih besar, dan lebih banyak hal pula yang akan dituntut dari kamu. Kamu akan bekerja sama erat dengan arsitek, surveyor, dan bagian perencanaan dan implementasi lainnya. Kamu bertugas untuk mengawasi dan memberikan pengarahan, juga memastikan semua anggota tim mu bekerja sesuai dengan rencana yang sudah disepakati bersama.

8. Pengacara Hak Paten

Jangan bingung dengan judul pengacaranya, prospek kerja Teknik Sipil ini justru bisa menjadi referensimu nih. Buat kamu lulusan Teknik Sipil dan punya ketertarikan di bidang hukum, prospek kerja sebagai pengacara hak paten ini bisa jadi buatmu. 

Sebagai pengacara hak paten, kamu akan bertugas untuk menilai apakah suatu hal itu baru dan inovatif, sehingga layak diberikan hak paten. Tentunya karena terkait ranah tambahan di luar teknik sipil, kamu akan mendapat pelatihan juga terkait hak paten dan pengetahuan mengenai properti intelektual. 

Nantinya, kamu akan bertugas untuk berdiskusi dengan klienmu terkait bangunan dan rancangan mereka, apakah bisa sukses diberikan hak paten atau tidak.

Untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai jurusan-jurusan lain yang ada di Indonesia, kamu bisa klik halaman ini ya. Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan di sana! Bareng goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *