Augmented Reality (AR)
goKampus

Augmented Reality, Kunci Peluang Pasar $3 Triliun Metaverse

Tonton Sekarang

1 dari 3 triliun USD peluang pasar metaverse pada 2031 ada di Asia Pasifik dengan Augmented Reality (AR) sebagai kunci sukses ke ekonomi digital ini. Data ini berdasarkan studi “The Potential Global Economic Impact of the Metaverse” oleh Lau Christensen dan Alex Robinson. Dengan peluang sebesar itu, sebenarnya apa sih metaverse?

Kita bisa mendefinisikannya sebagai kumpulan ruang digital yang saling terhubung, termasuk extended reality (XR) imersif yang menggabungkan pengalaman di dunia digital dan fisik. Di sini, kamu sebagai individu, bisa dengan mudah berpindah di antara ruang dan pengalaman yang berbeda serta berinteraksi dan berkolaborasi dengan orang lain yang tidak dalam ruang fisik yang sama.

Pernah menonton film “Ready Player One”? Itu gambaran metaverse secara mudah. Di definisi itu, ada istilah yang keren, “XR imersif”. Apa itu? XR imersif (atau XR immersive) adalah teknologi yang memungkinkan penggunanya merasakan kondisi di dunia virtual, tapi seolah terasa seperti kenyataan. Misal, sentuhan di dunia virtual yang terasa langsung di area tubuh yang disentuh. 

Coba lihat trailer Ready Player One ini biar lebih punya gambaran:

Oke! Intinya, metaverse adalah masa depan kita. Sekarang kita kesampingkan dulu mengenai metaverse. Kita mau bahas teknologi yang dinilai sebagai kunci dari metaverse, yaitu augmented reality (AR).

Apa itu Augmented Reality (AR)

Augmented reality (AR) adalah teknologi untuk menambahkan realitas suatu obyek digital interaktif ke dunia nyata. Kamu tau permainan Pokémon GO? Pada game yang populer sejak 2016 ini, kamu bertujuan mencari, mengumpulkan, melatih, dan mempertandingkan spesies atau karakter fiktif Pokémon. Karakternya seperti binatang-binatang khayalan. 

Untuk mengumpulkan Pokémon, kamu harus mengarahkan kamera ponsel ke lokasi yang ditunjukkan di peta. Di dunia nyata, kamu tidak akan melihat karakter Pokémon-nya. Namun, kamu akan melihat karakter itu melalui kamera ponsel. Ini yang dimaksud dengan “realitas yang ditambahkan”.

Tentunya AR hanya salah satu komponen yang membangun metaverse. Ada komponen lain seperti virtual reality, mixed reality, blockchain, dan non-fungible token (NFT). Kamu pasti tau cryptocurrency (crypto). Ya! Cryptocurrency juga salah satu komponennya.

Kenapa AR Jadi Kunci Sukses di Metaverse?

Konten! Obyek digital yang ditambahkan ke dunia nyata melalui teknologi AR adalah konten. Ini seperti pada esai “Content is King” Bill Gates (1996). Dia bilang, “Content is where I expect much of the real money will be made on the Internet, just as it was in broadcasting.”

Konten adalah tempat saya berharap banyak uang nyata akan dihasilkan di Internet, seperti halnya dalam penyiaran. Kamu juga pasti tau banyak content creator yang sukses menghasilkan uang dari internet, melalui platform seperti YouTube, Instagram, TikTok, dan lainnya.

Rekomendasi Kelas Gratis

Kamu juga harus tau, sekarang ini sudah mulai banyak content creator yang menggunakan teknologi augmented reality (AR) dalam menciptakan konten. Tentunya menjadi kreator AR sekarang masih menjadi hal baru. Keuntungannya, kamu masih punya peluang besar untuk sukses di industri AR ini.

Penerapan Augmented Reality

Kamu bisa memanfaatkan augmented reality di banyak hal. Misal di dunia pendidikan, entertainment (terutama game), seni, arsitektur, film, dan sektor lain yang membutuhkan media visual interaktif. Kamu pernah menggunakan filter atau efek di Instagram? Atau kamu justru salah satu kreator filternya? Itu cara memanfaatkan AR paling mudah saat ini.

Penerapan AR dalam Pendidikan

Penerapan augmented reality dalam pendidikan sudah luas, seperti untuk pelajaran:

  • Anatomi makhluk hidup (biologi),
  • Jenis-jenis atom (kimia),
  • Bumi & antariksa,
  • Topologi jaringan komputer,
  • Geometri, dan 
  • Sejarah.

Terbukti penerapan AR dalam pendidikan meningkatkan interaksi pelajar terhadap mata pelajarannya. Bayangkan kalau kelas arsitektur bisa langsung membuat desain dan menampilkannya di skala bangunan sesungguhnya atau skala 1:1.

Penerapan AR dalam Entertainment, Seni, dan Film

Penerapan augmented reality dalam entertainment lebih banyak lagi. Terutama dalam game dan fotografi/videografi. Pada game, seperti yang sudah disampaikan di atas, Pokémon GO sukses menerapkan teknologi ini dan mendapatkan revenue $6 miliar dengan 147 juta pengguna aktif bulanan. 

Sedangkan, pada fotografi mudah terlihat dari penggunaan filter di platform seperti Instagram, Snap, TikTok, dan lainnya. Contoh lain, Hatsune Miku yang diterjemahkan sebagai “Suara pertama dari masa depan”. Ya! Hatsune Miku merupakan suara buatan untuk bernyanyi (voice synthesizer). Yang paling menarik dan sekaligus berhubungan dengan visualisasi AR adalah konser 3 dimensi Miku.

Awas! Kamu Bisa  Ketinggalan Peluang Pasar Bernilai $3 Triliun 

Sekarang merupakan waktu yang tepat buatmu mengambil bagian dari peluang pasar yang besar itu. Dalam studi “The Potential Global Economic Impact of the Metaverse” oleh Lau Christensen dan Alex Robinson, peluang pasar metaverse yang mencapai $3 triliun akan terwujud pada tahun 2031. Kamu mungkin berpikir, “Hmm… Masih lama, kok! Nanti aja deh cari taunya.”

Berhenti berpikir seperti itu, masa depanmu jelas ditentukan dari apa yang kamu lakukan sekarang. Gali potensinya sekarang biar kamu tidak ketinggalan ambil bagian dalam masa depan metaverse. Kamu bisa mulai dengan teknologi augmented reality (AR) yang telah menyukseskan permainan Pokémon GO.

goKampus x Meta: Kursus Meta Spark Mandiri Pertama di Indonesia

goKampus bekerja sama dengan Meta (dulu Facebook) menghadirkan kursus Meta Spark pertama di Indonesia yang bisa dilakukan secara mandiri. Kursus ini mengajarkanmu mengenai augmented reality dari nol. Cakupan kursus ini:

  • Quickstart Meta Spark,
  • AR Fundamentals, dan
  • AR Pro.

Bukan cuma kursus Meta Spark pertama di Indonesia loh, tapi kamu juga akan belajar secara gratis! Termasuk mendapatkan sertifikat untuk ditunjukkan ke perusahaan idamanmu, teman, dan kerabat lainnya di LinkedIn atau media sosial lainnya.

Tunggu, ya! Sebentar lagi kamu bisa pelajari kursus yang akan jadi bekalmu untuk ambil bagian di peluang pasar bernilai $3 triliun. Coba hitung sendiri deh! kalau bisa ambil 0,0001% bagian aja, kamu bisa dapat $3 juta.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *