tugas business development
Tips Belajar

Apa Saja Tugas Business Development Di Dunia Kerja? Cek Selengkapnya Yuk!

Siapa di sini yang tahu kalau perkembangan dunia kerja membuat para lulusan baru mengincar sejumlah posisi, salah satunya adalah business development atau pengembangan bisnis? Apa sih tugas utama seorang business development? Ternyata perannya sangat penting loh. Soalnya berhubungan dengan perluasan dan penguatan bisnis.

Dari tugas utamanya, kita bisa melihat kalau strategi pengembangan bisnis yang solid menjadi bagian dari pertumbuhan dan kesuksesan suatu perusahaan. Apalagi dalam kondisi yang gak menentu, tim pengembangan bisnis akan memegan peranan penting untuk mencapai nilai jangka panjang. Nilai jangka panjang ini bisa berupa apa saja, seperti keuntungan dalam bentuk uang, citra perusahaan, hingga apa saja yang menjadi tujuan dari perusahaan itu.

Tugas Utama Business Development

Di balik pentingnya peran business development, kamu perlu mengetahui detail dari tugas seorang business development agar dapat menjalankannya dengan baik. Apa saja tugas business development? Simak yuk.

  1. Menghubungi klien potensial untuk menjalin hubungan dan mengatur pertemuan
  2. Merencanakan dan mengawasi inisiatif pemasaran baru
  3. Meneliti organisasi dan individu untuk menemukan peluang baru
  4. Meningkatkan nilai pelanggan saat ini sambil menarik yang baru
  5. Menemukan dan mengembangkan pasar baru dan meningkatkan penjualan
  6. Menghadiri konferensi, rapat, dan acara industri
  7. Mengembangkan penawaran dan proposal untuk klien
  8. Mengembangkan tujuan untuk tim pengembangan dan pertumbuhan bisnis dan memastikannya berjalan
  9. Melatih personel dan membantu anggota tim mengembangkan keterampilan mereka

Business Development juga mengharuskan untuk mampu bersinergi dengan tim lain, seperti tim penjualan atau sales dan tim pemasaran atau marketing. Soalnya, strategi pengembangan bisnis yang dibuat sulit untuk dieksekusi oleh satu tim tertentu. Butuh kerja sama bahkan tukar strategi yang cocok untuk pengembangan bisnis perusahaan.

Tanggung Jawabnya Apa Saja?

Selain peran dan tugas, seorang business development juga memiliki tanggung jawab untuk kesuksesan pengembangan bisnis suatu perusahaan. Sebelum terjun ke dunia business development, kamu perlu simak tanggung jawab dari business development di bawah ini:

1. Memonitor Perkembangan Pasar

Seorang business development perlu rutin memonitor perkembangan dan kompetisi pasar yang ada. Dengan demikian, ia bisa melihat prospek untuk membuat strategi pengembangan produk, strategi yang menyasar pelanggan, maupun strategi kemitraan baru.

2. Riset Untuk Menentukan Target Pasar

Business Development juga bertanggung jawab untuk menentukan target pasar baru secara jelas sebelum menyesuaikannya dengan produk tertentu. Hal ini bertujuan agar produk bisa tepat sasaran dan menjadi solusi permasalahan pelanggan.

3. Memahami Produk Perusahaan

Sebagai business development, tuntutannya adalah memahami seluruh produk atau wajib menguasai product knowledge perusahaan secara lengkap. Baik dari segi keunggulannya, fitur, hingga bahan baku hingga proses.

4. Berkoordinasi Dengan Divisi Lain Untuk Mengembangkan Produk

Business Development juga membutuhkan divisi lain untuk mendukung kinerjanya. Mulai dari sales, marketing, dan account manager. Dengan demikian, target perusahaan dapat tercapai dengan optimal ketika dikerjakan bersama.

5. Menyusun Dan Mempresentasikan Strategi Pengembangan Bisnis

Dalam hal ini, business development juga bertugas merancang berbagai strategi terkait pengembangan bisnis. Antara lain, strategi meningkatkan loyalitas pelanggan, menemukan pelanggan baru, strategi kemitraan, strategi penjualan, sampai memantau indikator kinerja. Karena itu, business development harus memiliki kemampuan dalam presentasi, penjualan, dan membuat kesepakatan terkait strategi yang sudah disusun.

Mengingat segala perubahan terjadi begitu cepat, seorang business development wajib memperbarui skill dan pengetahuan mereka agar gak ketinggalan terhadap tren bisnis dan pasar loh. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti kelas profesional Managing Business Strategy dari goKampus yang bekerja sama dengan Nanyang Technological University (NTU), salah satu universitas terbaik di Singapura.

Ribet gak prosesnya? Tenang, kamu bisa mengikuti kelas ini secara online, dapat ilmu dari profesor terbaik di dunia, dan sertifikat dari NTU hanya dari rumah. Asik kan! Penasaran? Langsung klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *