hasil pertambangan
Kategori Kelas

Apa Saja Hasil Pertambangan di Indonesia? Cari Tahu, Yuk!

Banyak sekali alasan untuk bangga dengan negara kita, mulai dari pemandangan alam yang indah hingga budaya dan bahasa yang beragam. Tapi, ada satu fakta yang harus kamu ketahui dan membuatmu semakin bangga. Tahukah kamu jika Indonesia merupakan salah satu negara penghasil tambang terbesar di dunia? Yuk, mengenal hasil pertambangan di Indonesia dan manfaatnya bagi kehidupan kita!

Mengutip dari Minerba One Data Indonesia (MODI), pada 2021, Indonesia mampu memproduksi 608,66 juta ton batubara, 26,67 ton emas dan 34.048,07 ton timah, loh. Keren banget negara kita ini, ya! Namun, hasil pertambangan di Indonesia gak hanya batubara, emas atau timah. Masih banyak hasil tambang lainnya yang memiliki segudang manfaat untuk kehidupan kita.

Pertambangan seperti mengutip dari Badan Pusat Statistika (BPS) adalah kegiatan mengambil endapan bahan galian berharga dan bernilai ekonomis dari dalam kulit bumi. Proses ini dapat dilakukan secara mekanis ataupun manual pada permukaan bumi, di bawah permukaan bumi hingga di bawah permukaan air.

Apa Saja Hasil Pertambangan di Indonesia?

Hasil tambang di Indonesia sangatlah beragam, mulai dari minyak dan gas bumi, batubara, pasir besi, timah, nikel, bauksit, tembaga, emas, perak, hingga mangan. Banyak banget, kan? Tentunya pertambangan ini tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Mengutip dari Agincourt Resources dan Kompas.com, inilah hasil pertambangan di Indonesia!

1. Minyak bumi

Salah satu kekayaan tambang utama Indonesia adalah minyak bumi. Menariknya, tambang minyak bumi bisa kamu temukan di hampir semua wilayah Indonesia. Daerah penghasil minyak bumi adalah Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

2. Batu bara

Batuan sedimen yang terbentuk dari tumbuhan mati yang mengendap selama jutaan tahun ini berperan penting sebagai penghasil listrik dan panas. Daerah penghasil batubara, yaitu Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Papua dan Papua Barat.

3. Timah juga hasil pertambangan

Indonesia adalah negara penghasil timah nomor 4 di dunia setelah Cina, Malaysia dan Peru. Kamu bisa menemukan tambang timah di Riau, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan.

4. Emas

Sudah bukan rahasia umum jika Indonesia merupakan salah satu negara penghasil emas terbesar di dunia. Emas merupakan logam mulia yang memiliki nilai ekonomis sangat tinggi. Daerah penghasil emas di Indonesia di antaranya Nanggroe Aceh Darussalam, Jambi, Bengkulu, Lampung, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku, Papua dan Papua Barat.

Manfaat Hasil Tambang untuk Kehidupan Sehari-hari

Seluruh hasil pertambangan memiliki nilai yang tinggi dan memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Berikut beragam manfaatnya:

  1. Minyak bumi dapat menjadi bahan bakar transportasi, perindustrian dan rumah tangga. Olahan minyak bumi bisa berupa bensin, solar, dan avtur.
  2. Gas alam umumnya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga atau sebagai bahan bakar untuk kompor dan kendaraan.
  3. Batubara berguna sebagai pembangkit listrik, bahan bakar mesin industri dan kompor hingga untuk meleburkan biji logam.
  4. Gak hanya sebagai material untuk perhiasan dan berbagai perabotan mewah, emas juga bisa sebagai alat transaksi dan investasi dan sebagai bahan campuran makanan, loh. Makanan yang mengandung campuran emas biasanya memiliki harga yang mahal.
  5. Tembaga biasanya sebagai bahan baku pembuatan isi kabel, kompor, mesin, pembuatan suku cadang hingga kuningan. Hal ini karena tembaga memiliki sifat penghantar listrik.
  6. Timah berguna sebagai bahan pembuatan alat elektronik, pembuatan kaleng, pelapis besi, pembungkus coklat, rokok dan juga permen karena memiliki bentuk tipis, seperti kertas.
  7. Manfaat perak di antaranya sebagai material untuk perhiasan dan perabotan, untuk pembuatan uang logam dan pelapis uap.
  8. Dalam kehidupan sehari-hari, nikel berguna sebagai bahan pembuatan baterai, baling-baling kapal, turbin, stainless steel, koin, kawat dan pelapis anti karat.
  9. Bijih besi berguna sebagai bahan pembuatan mesin, perkakas, pembangunan rel kereta, suku cadang kendaraan dan juga konduktor listrik serta panas.
  10. Bauksit merupakan bijih utama dalam pembuatan alumunium dan bermanfaat untuk industri keramik, logam dan metalurgi. Dalam kehidupan sehari-hari, bauksit berguna sebagai bahan pembuatan kemasan makanan, pembuatan tinta print dan fotokopi, pembuatan keramik hingga pembuatan pita kaset rekaman.

Baca Juga: Pertambangan, Bidang Pekerjaan Sulit Tapi Banyak Peminat

Ternyata banyak sekali kegunaan hasil pertambangan dalam kehidupan kita, ya! Gimana? Semakin tertarik melanjutkan kuliah atau ambil jurusan yang berhubungan dengan pertambangan? Kamu bisa cari informasi seputar jurusan yang kamu minati di Direktori Program Studi yang ada di goKampus. Kamu juga bisa daftar kuliah pake aplikasi goKampus, tinggal upload rapor, 1 jam diterima! Cobain dengan klik di sini sekarang.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *