apa itu notaris
Tips Belajar

Apa Itu Notaris? Inilah Definisi dan Sejarahnya

Pernah dengar istilah notaris? Apa sih itu? Gimana cerita dan sejarah pekerjaan di dunia hukum ini? Yuk kita bahas.

Pertama, kita cari tahu dulu definisi notaris menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia):

Notaris: orang yang mendapat kuasa dari pemerintah (dalam hal ini Departemen Kehakiman) untuk mengesahkan dan menyaksikan berbagai surat perjanjian, surat wasiat, akta, dan sebagainya. Contoh kalimat: “Ia bersedia menikah dengan pemuda itu asal disertai surat perjanjian yang disahkan oleh notaris.”

Baca Juga: Cara Merawat Indra Pendengar, Jangan Sampai Terabaikan!

Jadi, Apa Itu Notaris?

Kesimpulannya, notaris adalah sebutan profesi untuk orang yang telah mendapatkan pendidikan hukum dan telah mendapatkan lisensi dari pemerintah untuk melakukan hal-hal yang berkaitan dengan hukum, khususnya sebagai saksi penandatanganan pada dokumen seperti surat perjanjian, surat wasiat, akta, dan sebagainya. 

Ternyata, profesi ini sudah cukup tua lho, bahkan sudah ribuan tahun eksis! Para arkeolog telah menemukan Kode Hukum Hammurabi 122 yang penulisannya pada 1.750 tahun Sebelum Masehi pada masa Kerajaan Babilonia. Pada masa itu, orang sudah mengenal konsep bank, mereka bisa menyimpan emas, perak, dan properti bergerak lainnya. 

Agar hukumnya jelas, akan ada kontrak tertulis yang membuktikan bahwa semacam notaris menyetujui penyimpanan tersebut. Pihak bank boleh terbebas dari tanggung jawab kontrak jika notaris menolak keberadaan kontrak tersebut.

Istilah “notaris” kemungkinan berawal pada abad ke-2, tepatnya pada zaman Romawi Kuno. Jika ada pejabat publik melakukan pidato, maka akan ada seorang “notarius” yang mencatatnya. Awalnya, notarius menjadi istilah atau gelar bagi golongan orang penulis cepat atau stenografer. 

Sebagai salah satu profesi hukum tertua di dunia, penempatan jabatan notaris bukan di lembaga eksekutif, legislatif, ataupun yudikatif. Harapannya, profesi ini memiliki posisi netral, sehingga ia tidak lagi dapat dianggap netral apabila ditempatkan di salah satu dari ketiga badan negara tersebut. 

Dengan posisi netral seperti itu, profesi ini bisa memberikan penyuluhan hukum atas tindakan hukum sesuai dengan permintaan klien. Oh iya, dalam hal melakukan tindakan hukum untuk kliennya, notaris juga nggak boleh memihak kliennya lho, karena tugasnya adalah untuk mencegah terjadinya masalah.

Gimana guys? Kamu tertarik nggak nih untuk menjadi seorang notaris? Kamu bisa ambil kuliah jurusan di Fakultas Hukum dan memilih universitasnya di goKampus di link ini ya! Di goKampus, selain memilih jurusan kuliah, kamu juga bisa upgrade skill dengan ikutan courses dari mana saja secara online PLUS dapat sertifikat dari institusi terbaik dunia.

Bertepatan dengan World Youth Skills Day 2022 pada 15 Juli 2022, goKampus lagi bagi-bagi voucher potongan bagi kamu yang daftar courses menggunakan kode GOWYSD22 selama periode 15-31 Juli 2022. Yuk, sign up dan gunakan voucher-nya biar kamu bisa #LearnBetterGoFaster bareng goKampus! Cara ikutannya? Cek promo kelas World Youth Skills Day 2022 di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *