apa artinya password
Tips Belajar

Apa Artinya Password dan Apa Bedanya dengan PIN serta OTP?

Kamu pasti sering mendengar dan menemukan kata password dalam kehidupan sehari-hari. Biasanya kata ini akan kamu temukan jika kamu lagi terhubung dengan internet dan ingin mengakses media sosialmu. Namun, gak hanya media sosial, kamu juga mengisi password saat mengakses smartphone, komputer, email, dan akun lainnya yang membutuhkan jaringan internet. Password berperan sangat penting untuk menjaga kerahasiaan seluruh data kamu dalam akun atau perangkat yang kamu punya. Yuk, kita bahas lebih lanjut apa artinya password beserta perbedaannya dengan PIN dan OTP!

Apa Artinya Password?

Password adalah kata dalam bahasa Inggris yang memiliki arti kata sandi. Mengutip Britannica.com, password memiliki dua arti, yakni kata atau kalimat rahasia yang harus seseorang ketahui ketika akan memasuki tempat tertentu atau arti kedua adalah rangkaian angka atau huruf agar seseorang dapat menggunakan sistem komputer. Sementara itu, kata sandi, mengutip KBBI, memiliki arti kata kunci yang bersifat rahasia untuk melindungi berkas atau data dari akses tanpa izin. Sederhananya, kata kunci merupakan kode rahasia yang terdiri dari angka atau huruf berbasis komputer untuk melindungi keamanan data yang ada di dalam sistem komputer atau perangkat elektronik itu sendiri. Kata sandi yang kuat akan menjamin keamanan seluruh data dan privasi yang kamu punya.

Lalu, Apa Bedanya dengan PIN dan OTP?

Meskipun fungsinya sama untuk melindungi seluruh data penting milikmu di jaringan sistem, tetapi ternyata ketiganya berbeda. Yuk, cek bedanya satu per satu!

1. Password

Password merupakan kata sandi yang menggunakan kombinasi huruf, angka, dan simbol. Salah satu penggunaan kata sandi yang sering kita temukan adalah dalam dunia maya. Contohnya, kamu harus memasukkan password jika ingin mengakses akun media sosial. Kata sandi dapat terdiri dari banyak karakter, bahkan bisa sampai 25 karakter, serta tergolong dalam metode single-factor authentication. Kata sandi dengan tingkat kesulitan tinggi dan menggunakan banyak kombinasi karakter akan membuat data pentingmu di media sosial menjadi lebih terjamin atau aman.

2. PIN

Personal Identification Number (PIN) adalah kode keamanan yang terdiri dari 4-6 digit angka. Berbeda dengan password yang dapat menggunakan kombinasi huruf dan simbol, PIN hanya berupa angka. Salah satu contoh penggunaan PIN terdapat pada layanan perbankan. Biasanya, kamu harus memasukkan PIN saat melakukan transaksi. Jika PIN yang kamu masukkan salah, maka kamu gak dapat melakukan transaksi keuangan. Sama seperti kata sandi, PIN juga tergolong single-factor aunthetication dan bersifat permanen. Meski bersifat permanen, kamu tetap bisa mengubah PIN.

3. OTP

Berbeda dengan password dan PIN, one-time password (OTP) merupakan kode keamanan yang tergolong dalam metode two-factor aunthetication. OTP adalah kode yang sifatnya sementara dan dikirimkan melalui SMS, email, WhatsApp, maupun telepon. Kode ini biasanya perlu saat melakukan verifikasi akun, contohnya akun e-commerce atau dompet digital. OTP akan dikirimkan dalam hitungan detik dengan masa berlaku 30 detik hingga 5 menit. Begitu kamu mendapatkan OTP, kamu harus cepat memasukkannya agar akunmu dapat terverifikasi. Kode ini biasanya terdiri dari 4-6 digit angka atau kombinasi beberapa karakter dan hanya untuk sekali penggunaan.

So, kamu tentu sudah tahu apa artinya password dan lebih mengetahui perbedaan password, PIN, dan OTP. Kira-kira password dan PIN yang kamu punya sudah kuat dan terjamin keamanannya belum, nih? Jika belum, segera ubah dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi agar seluruh data dan informasimu tetap aman.

Baca Juga: Cara Membuat Password yang Aman, Sudah Kamu Terapkan?

Oh iya, menurut Survei Willis Towers Watson 2014-2016, 8 dari 10 perusahaan di Indonesia sulit mendapatkan lulusan yang siap bekerja, loh. Gak cuma itu, relevansi kemampuan lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan industri masih berada di kisaran 64% berdasarkan Future of Jobs Report, World Economic Forum 2020. Nah, supaya skill yang kamu miliki relevan dengan kebutuhan industri, yuk persiapkan dirimu dengan cari kelas yang sesuai minatmu di sini!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *