alat musik ritmis
Tips Belajar

Mengenal Alat Musik Ritmis, Penjaga Irama Sebuah Lagu

Dalam sebuah lagu, umumnya alat musik ritmis tidak terlalu terdengar menonjol ketimbang alat musik melodis, tapi fungsinya sangat penting. Coba kamu dengar lagu dari band favoritmu, bayangkan kalau bagian drumnya kosong. Aneh, kan?

Fungsi alat musik ritmis sendiri adalah untuk mengatur ritme atau irama. Dibanding melodis, alat musik ini tidak menghasilkan banyak nada. Bentuknya sederhana, karena tidak punya fungsi untuk mengatur nada. 

Sebagian besar, cara memainkan alat musik ini adalah dengan teknik pukul/ketukan, entah itu dengan tangan atau menggunakan stick seperti drum. Ada juga yang menggoyang-goyang seperti marakas. Selain itu, ada kastanyet cara penggunaannya adalah menggesek-gesek dengan jari tangan. Contoh lainnya adalah kendang, tifa, gong, triangle, tamborin, cajon, dan jimbe.

Untuk lebih jelasnya, coba kamu banyak menonton video pertunjukan live oleh sebuah band yang cukup lengkap (setidaknya ada vokal, gitar, bass, dan drum).

Baca Juga: Serba-Serbi Musik, Dari Inspirasi Hingga Sarana Ekspresi!

Apa Saja Fungsi Alat Musik Ritmis?

1. Menentukan Tempo

Agar lagu bisa harmonis, tempo sangat penting. Tempo mengatur cepat atau lambatnya sebuah nada. Nah, alat musik ini berfungsi untuk mengatur tempo, sehingga lagu akan terdengar lebih harmonis. Misalnya, dalam lagu bergenre rock yang awalnya lambat, tapi lama-lama semakin cepat saat memasuki reff. Umumnya, pemain drum berfungsi untuk “memimpin” segenap anggota band lainnya dalam meningkatkan tempo.

2. Harmonisasi

Sebenarnya, banyak musisi yang mampu menghasilkan musik hanya bermodal vokal dan alat musik melodis. Misalnya, lagu-lagu akustik seperti “More Than Words” dari band Extreme. Namun, untuk membuat lagu yang lebih nge-beat, rasanya kurang lengkap tanpa adanya alat musik seperti drum.

Harmonisasi juga jadi alasan mengapa orkestra menghadirkan alat musik melodis dan ritmis sekaligus. Sebuah lagu akan lengkap jika memiliki harmonisasi yang bagus.

3. Menandai Bagian Lagu

Sebuah lagu terdiri dari beberapa struktur seperti intro, verse, reff, bridge, dan sebagainya. Alat musik ini biasanya berfungsi untuk menandakan peralihan antar struktur. Jika kamu mendengar ketukan drum mulai berubah secara dramatis, artinya lagu tersebut masuk ke struktur selanjutnya.

4. Menandai Koreografi

Dalam sebuah pertunjukan yang dilengkapi tarian, alat musik ritmis berfungsi untuk menandai pergantian gerakan bagi penari.

Baca Juga: Dapat Cuan Jutaan Rupiah? Gampang, Yuk Ikutan goKampus Writing Competition!

Itulah alat musik ritmis dan fungsinya dalam bermusik. Gimana? Tertarik kuliah di jurusan musik? Kamu bisa memilih universitas favorit dan paling cocok untukmu di goKampus! Dapatkan beasiswa senilai total Rp10 miliar dan CASHBACK hingga Rp500 ribu bagi kamu yang daftar Instant Approval melalui Aplikasi goKampus. Penasaran? Klik di tautan ini ya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *