belajar psikologi
Event FAQ goKampus Tips Belajar Upskill

Kupas Tuntas Tentang Jurusan Ekonomi Dan Bisnis Yuk!

Beberapa tahun belakangan ini dunia bisnis menjadi incaran dan favorit dari para pelajar untuk memilih jurusan kuliah. Banyak banget para pelajar di Indonesia yang memilih fakultas ekonomi dan bisnis untuk tujuan kuliahnya. Para peminat fakultas ekonomi dan bisnis setiap tahunnya semakin bertambah loh! Hal ini juga berpengaruh dengan meningkatnya para perusahaan yang mencari lulusan mahasiswa dari fakultas ekonomi dan bisnis. 

Pernah denger ga omongan kalo ekonomi dan bisnis itu adalah ajang dimana anak-anak akan fokus ke hitung-hitungannya, atau “ah kuliah di fakultas ekonomi dan bisnis mah ujung-ujungnya hanya akan kerja di bank aja”?

Eitss… gak gitu loh ya! Justru saat kamu kuliah di fakultas bisnis dan ekonomi, kamu akan bicara dan mendalami banyak hal-hal penting yang terdiri dari hitungan maupun hafalan.

Tapi, memilih jurusan kuliah juga gak boleh hanya berdasarkan jurusan mana yang populer dan prospek kerja yang bagus loh, sehingga kamu sebagai calon mahasiswa baru harus paham dulu nih apa sih yang akan dipelajari di ekonomi dan bisnis?

Ekonomi dan bisnis itu mempelajari tentang bagaimana caranya kamu merancang strategi bisnis dan mengambil berbagai keputusan bisnis. Biasanya kamu akan mempelajari tentang ilmu-ilmu dan berbagai teori ekonomi yang diterapkan di dalam praktek bisnis. Biasanya sih fakultas ekonomi dan bisnis sudah gak asing lagi kan ditelinga kalian. Nah, apa sih mata kuliah yang akan kamu pelajari di fakultas ini?

Di dalam fakultas ini yang paling populer adalah jurusan manajemen. Jurusan manajemen ini menyiapkan berbagai lulusan-lulusan yang akan berkembang menjadi manajer atau wirausahawan yang berintegritas dan memiliki intelektual tinggi dengan memiliki kemampuan komunikasi, analisis, pengambilan keputusan, penyelesaian masalah, kerjasama, serta berorganisasi dengan berlandaskan nilai-nilai yang melayani masyarakat.

Jurusan manajemen yang ada di dalam fakultas ini juga memiliki berbagai cabang yang bisa dipelajari nih misalnya seperti manajemen sumber daya manusia dan organisasi, manajemen operasi dan sistem informasi, manajemen pemasaran, manajemen umum, manajemen teknologi informasi, dan manajemen keuangan. Jadi, kamu akan fokus membahas tentang berbagai manajemen di perusahaan.

Baca juga: Ambil Jurusan Teknik Elektro Belajar Tentang Listrik?

Nah, beberapa mata kuliah yang akan kamu dapatkan di jurusan ekonomi dan bisnis antara lain adalah pengantar bisnis, akuntansi keuangan, matematika bisnis, organisasi tata niaga, ekonomi mikro dan makro, manajemen keuangan, hingga perpajakan.

Jurusan yang kedua adalah jurusan ekonomi pembangunan, dimana kamu akan mempelajari tentang dunia ekonomi yang lebih luas misalnya saja seperti pembangunan industri, perbankan, keuangan, dan bisnis.

Beberapa mata kuliah yang akan kamu dapatkan di cabang ilmu fakultas ekonomi dan bisnis adalah pengantar bisnis, matematika ekonomi dan keuangan, ekonomi pembangunan, ekonometrika, sistem keuangan, perekonomian industri, dan etika ekonomi.

Selain berbagai mata kuliah yang akan kamu temui, kamu harus tau nih dulu apa sih kemampuan yang akan kamu dapat jika kamu sedang kuliah di fakultas ekonomi dan bisnis. Yang pertama adalah kamu akan mendapatkan kemampuan manajerial, dimana kamu akan memiliki keterampilan untuk mengatur, mengkoordinasikan, dan mengarahkan para bawahan ke arah tujuan yang telah ditentukan oleh organisasi.

Yang kedua adalah kemampuan komunikasi, sebagai mahasiswa di fakultas ini, kamu harus bisa menjelaskan dan mengkomunikasikan secara jelas tentang pesan-pesan atau hal apapun kepada tim, sehingga tim bisa mengerjakan berbagai tugasnya secara terorganisir.

Yang ketiga adalah kemampuan untuk melakukan observasi, dimana kamu sebagai mahasiswa di anak ekonomi, kamu harus jeli dan bisa memiliki kemampuan untuk mengamati sebuah objek, biasanya objek yang kamu amati ini akan kamu gunakan untuk meneliti atau mendukung sebuah penelitian. Selain itu, kamu harus memiliki keterampilan komunikasi dan interpersonal yang oke nih, jadi kalau kamu adalah orang yang suka bergaul dan berinteraksi dengan orang lain, dan kamu pintar bicara di depan umum, maka kamu akan cocok banget untuk jurusan bisnis ini.

Yang keempat adalah berpikir kritis, kalau kamu mampu berpikir kritis, maka tugas-tugasmu akan merasa lebih mudah untuk menyelesaikan suatu permasalahan secara rasional. Selain itu, kamu harus mencari solusi terbaik, nah untuk kamu yang berpikir kritis itu sekaligus bisa mencari solusi terbaik dimana di dalam dunia bisnis akan selalu ada permasalahan yang membutuhkan orang-orang yang bisa berpikir kritis, rasional, dan juga bisa memecahkan masalah.

Nah, asal kamu tau fakultas ekonomi dan bisnis yang oke di Indonesia ada di Universitas Tarumanagara atau yang biasa disebut dengan UNTAR loh! Fakultas ekonomi dan bisnis di Universitas Tarumanagara merupakan fakultas tertua dengan jumlah mahasiswa yang paling banyak di UNTAR! Jumlah mahasiswa Fakultas ini Universitas Tarumanagara meningkat dengan pesat. Hal tersebut dapat dilihat dari alokasi ruangan/bangunan yang disediakan Yayasan Tarumanagara untuk bisa menampung dalam menyediakan prasarana. 

Jika kamu berkuliah di jurusan ini maka kamu akan disiapkan untuk menjadi sarjana yang memiliki kemampuan untuk bekerja di bidang perbankan dan keuangan di perusahaan atau lembaga negara. Prospek karirnya juga terbuka lebar loh, sebagai mahasiswa anak ekonomi dan bisnis biasanya untuk mahasiswa fresh graduate, kamu akan mulai berkarir melalui business development di sebuah perusahaan. 

Di beberapa perusahaan juga menerima jalur management trainee, nah berbekal ilmu bisnis yang akan kamu jalani, kamu bisa memiliki kesempatan untuk mengembangkan potensimu di sektor apapun. Misalnya dari bisnis retail, di perusahaan fashion, pariwisata, properti, dan lain-lainnya. Nah, jenjang karir untuk lulusan bisnis ini juga sangat bervariasi. Kamu juga bisa mengembangkan pekerjaanmu ke bagian penjualan (sales), product manager, pegawai asuransi, bagian penjualan dan pelayanan, dan di bidang perencanaan.

Gimana menurutmu dengan fakultas ekonomi dan bisnis yang ada di Indonesia? Apakah kamu siap untuk menjadi salah satu bagian dari mahasiswa yang bergabung menjadi fakultas ini di Universitas Tarumanagara? Kira-kira apakah penjelasan mata kuliah di fakultas ekonomi dan bisnis yang ada di UNTAR sudah cukup membantumu untuk memilih kuliah yang kamu inginkan belum?

Buat kamu untuk mencari tahu informasi lebih lanjut, ayo langsung kunjungi halaman UNTAR seputar fakultas ekonomi dan bisnis yang ada di UNTAR. Kamu juga jangan sampai lupa ya untuk segera konsultasikan semua hal tentang dunia perkuliahan di goKampus!

Semoga artikel dari goKampus bisa bermanfaat buatmu untuk bisa menentukan pilihan jurusan ya! Apapun pilihannya, semoga kamu cocok dengan pilihanmu ya! Jangan lupa, download aplikasi goKampus di Google Play dan App Store, karena ada banyak banget informasi tentang dunia perkuliahan yang perlu kamu ketahui disana! Dengan goKampus, semua #Pastibisakuliah

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *