badan meteorologi
Upskill

Tahukah Kamu? Peran Badan Meteorologi Ternyata Bukan Sekadar Meramal Cuaca

Nama Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG kerap terkenal dengan pemberitaan ramalan cuaca. Namun, peran BMKG ternyata lebih penting dari itu loh. Sebab, namanya juga kerap tersebut saat ada bencana alam seperti gempa bumi, badai besar, dan sebagainya. Yuk, kita bahas tentang badan meteorologi yang peranannya sangat penting ini.

Baca Juga: Mengapa Indonesia Sering Terjadi Gempa Bumi? Ternyata Ini Alasannya!

Sejarah Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika

BMKG adalah lembaga pemerintah non-kementerian yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika di Republik Indonesia.

Cikal-bakal BMKG bermula pada 1866, ketika Pemerintah Hindia Belanda meresmikan instansi bernama Magnetisch en Meteorologisch Observatorium (Observatorium Magnetik dan Meteorologi) untuk mengolah data hasil pengamatan cuaca dan geofisika. 

Tiga belas tahun kemudian, sudah ada 74 stasiun pengamatan dengan jaringan penakar hujan di Jawa. Pada 1908, instansi ini mulai melakukan pengamatan gempa bumi dengan memasang komponen horisontal seismograf Wiechert di Jakarta. Pada masa pendudukan Jepang (1942-1945), nama Magnetisch en Meteorologisch Observatorium diganti menjadi Kisho Kauso Kusho. 

Masuk ke era kemerdekaan RI pada 1945, Kisho Kauso Kusho dipecah menjadi dua yaitu di Jogjakarta (Biro Meteorologi) dan Jakarta (Jawatan Meteorologi dan Geofisika).

Pada tahun 1949, Jawatan Meteorologi dan Geofisika berada di bawah Departemen Perhubungan dan Pekerjaan Umum. Setahun kemudian, Indonesia secara resmi masuk sebagai anggota Organisasi Meteorologi Dunia (World Meteorological Organization atau WMO).

Pada tahun 1965, namanya berubah menjadi Direktorat Meteorologi dan Geofisika, lalu pada tahun 1972 namanya menjadi Pusat Meteorologi dan Geofisika. Pada tahun 1980, status instansi ini naik kelas menjadi suatu instansi setingkat eselon I dengan nama Badan Meteorologi dan Geofisika.

Baru pada 2008, nama instansi ini berubah menjadi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dengan status tetap sebagai Lembaga Pemerintah Non Departemen.

Fungsi BMKG

Lalu, apa sih yang menjadi fungsi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Inilah beberapa fungsi BMKG yang bertugas melaksanakan tugas pemerintah di bidang bersangkutan sesuai dengan ketentuan dan undang-undang yang berlaku.

1. Perumusan kebijakan nasional dan kebijakan umum di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika

2. Perumusan kebijakan teknis di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika. Koordinasi kebijakan, perencanaan dan program di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika

3. Pelaksanaan, pembinaan dan pengendalian observasi, dan pengolahan data dan informasi di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika

4. Pelayanan data dan informasi di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika

5. Penyampaian informasi kepada instansi dan pihak terkait serta masyarakat berkenaan dengan perubahan iklim

6. Penyampaian informasi dan peringatan dini kepada instansi dan pihak terkait serta masyarakat berkenaan dengan bencana karena faktor meteorologi, klimatologi, dan geofisika

7. Pelaksanaan kerja sama internasional di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika

8. Pelaksanaan penelitian, pengkajian, dan pengembangan di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika

9. Pelaksanaan, pembinaan, dan pengendalian instrumentasi, kalibrasi, dan jaringan komunikasi di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika

10. Koordinasi dan kerja sama instrumentasi, kalibrasi, dan jaringan komunikasi di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika

11. Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan keahlian dan manajemen pemerintahan di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika

12. Pelaksanaan pendidikan profesional di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika

13. Pelaksanaan manajemen data di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika

14. Pembinaan dan koordinasi pelaksanaan tugas administrasi di lingkungan BMKG

15. Pengelolaan barang milik/kekayaan negara yang menjadi tanggung jawab BMKG

16. Pengawasan atas pelaksanaan tugas di lingkungan BMKG

17. Penyampaian laporan, saran, dan pertimbangan di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika

18. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya BMKG, koordinasi berada di bawah Menteri yang bertanggung jawab di bidang perhubungan.

Ternyata banyak juga ya fungsi BMKG? Kamu tertarik gak nih kuliah di jurusan yang berhubungan dengan meteorologi? Atau kamu lagi cari-cari jurusan lain? Tenang, kamu bisa daftar kuliah secara cepat dan mudah melalui goKampus. Tinggal upload rapor, 1 hari diterima! Penasaran? Klik di sini untuk pendaftaran!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *