beasiswa president university
Upskill

Telkom University, Kampus Pencetak IT Gemilang

Bagi kamu yang bercita-cita untuk terjun ke dunia IT, pasti nggak asing sama Telkom University. Di antara kampus ternama, baik swasta maupun negeri di kota Bandung, nama Telkom University (Tel-U) cukup terkenal lho. Dalam catatan sejarah akademis Indonesia, nama STT Telkom menjadi kampus pertama yang menyediakan pendidikan Informasi dan Teknologi Komunikasi di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, Telkom University terus berkembang dengan pesat dan fleksibel terhadap perubahan zaman. Misalnya, Tel-U merespon perkembangan zaman dengan menyediakan laboratorium e-commerce untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Urusan pendidikan, Telkom University terkenal sebagai kampus yang mampu mencetak lulusan IT dengan gemilang. Times Higher Education (THE) World University Rankings (WUR) mengeluarkan peringkat universitas dunia berdasarkan Bidang Keilmuan. Hasilnya, Telkom University berhasil meraih peringkat 1 untuk Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia berdasarkan bidang keilmuan Teknik dan Ilmu Komputer.

THE World University Rankings sendiri adalah lembaga pemeringkatan yang diakui global dan salah satu penyedia peringkat teratas untuk penilaian kualitas institusi di seluruh dunia.

Dalam pemeringkatan berdasarkan subject atau bidang keilmuan tertentu, Telkom University juga berhasil menempati posisi keempat di Indonesia, terutama untuk subject Computer Science (Ilmu Komputer) menduduki peringkat 601-800 dunia. 

Patut kamu ketahui, beberapa perguruan tinggi yang berhasil masuk ke dalam 4 besar Pemeringkatan dunia untuk subject Computer Science di Indonesia adalah Institut Teknologi Bandung, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, dan Telkom University. Hal ini Ini menjadikan Telkom University sebagai universitas swasta terbaik dalam bidang Computer Science di Indonesia. Keren ya!

Kalau kamu masih penasaran, Tel-U selalu membuka pintu bagi para calon mahasiswanya yang ingin melanjutkan pendidikan. Tapi, ada baiknya kamu mengetahui beberapa latar belakang Telkom University di dunia pendidikan. Yuk simak penelusurannya.

Berdiri sejak tahun 1990

Sebelum nama Tel-U berkibar, nama kampus ini adalah Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Telkom dan Institut Manajemen (IM) Telkom yang berdiri pada 1990. Saat itu, kampus ini berada di bawah naungan PT Telkom.

Kedua perguruan tingi tersebut adalah instansi pendidikan pertama di Indonesia dengan jurusan industri telekomunikasi serta teknologi informasi. Pada 1994, IM Telkom mengubah nama menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bandung (STMB) Telkom, dan pada 2004 kembali mengganti menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Bisnis (STMB) Telkom.

Setelah itu, STT Telkom melakukan penyegaran. Pada 2007, nama STT Telkom berubah menjadi Institut Teknologi (IT) Telkom karena ingin menjawab permintaan tenaga kerja di bidang telekomunikasi yang berkembang begitu pesat.

Setelah itu, pada 2010 PT Telkom menggaet Sekolah Tinggi Ilmu Seni Rupa dan Desain (STISI) untuk mengembangkan visinya di bidang pendidikan dengan membangun Politeknik Telkom.

Pencetak Lulusan yang Gemilang

Salah satu daya tarik Telkom University atau Tel-U bagi calon mahasiswa adalah para lulusan yang gemilang sehingga peluang untuk mendapatkan pekerjaan lebih besar. Soalnya, kampus ini menyediakan berbagai macam laboratorium guna menunjang pendalaman ilmu bagi para mahasiswa.

Misalnya, Fakultas Teknik Elektro memiliki sekitar 48 laboratorium dan hingga saat ini para mahasiswa masih menggunakannya. Jumlah tersebut meliputi Laboratorium Sistem Komunikasi hingga Laboratorium Rekayasa Energi.

Sementara itu, di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Tel-U menyediakan sekitar delapan laboratorium. Uniknya, untuk menjawab perkembangan telekomunikasi di dunia, Tel-U kini memiliki Laboratorium E-Commerce. Dijamin nggak ngebosenin!

Apakah kamu pengen menjadi lulusan gemilang bareng Telkom University? Kalau kamu berminat untuk berkarier di bidang IT atau bisnis, kamu cocok banget kuliah di sini. Untuk pendaftaran, kamu bisa daftar kuliah di goKampus. Tinggal upload rapor, 1 jam diterima. Udah siap daftar kuliah? Klik link ini: daftar di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *