belajar bahasa Inggris otodidak
Tips Belajar

5 Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak di Rumah!

Banyak banget informasi dan media yang bisa membantu kita untuk memperdalam kemampuan bahasa Inggris. Apalagi kalau kamu masih pemula. Dengan kekuatan teknologi, kamu bisa loh untuk belajar bahasa Inggris otodidak.

Siapa sih yang gak tahu kalau bahasa Inggris merupakan bahasa internasional? Bahasa Inggris menjadi bahasa internasional karena merupakan salah satu bahasa tertua yang ada di dunia. Perkembangan kosakata bahasa Inggris pun sangat cepat.

Di era globalisasi ini, tentu semakin mempermudah kehidupan kita. Salah satu dampak dari adanya globalisasi adalah perdagangan bebas. Hal ini tentu akan menarik investor asing untuk menanam modal di Indonesia. Tidak hanya itu pesona alam Indonesia pun juga menarik banyak wisatawan asing untuk datang dan berlibur di Indonesia.

Tips Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Buat kamu yang masih pemula dan ingin belajar bahasa Inggris otodidak, ada beberapa cara pintar bahasa Inggris. Apa sajakah itu? Simak artikel ini, yuk!

1. Nonton YouTube

Kamu bisa belajar bahasa Inggris otodidak dengan menonton YouTube. Emangnya bisa ya nonton YouTube bikin kamu jago bahasa Inggris? Jawabannya ya bisa dong! Asal yang kamu tonton adalah kanal-kanal edukasi yang sesuai dan bisa mengajarkan kamu bahasa Inggris. 

Kamu juga bisa loh memilih tingkat kesulitan yang nantinya bisa disesuaikan dengan kemampuanmu. Tapi, jangan terlalu lama menonton YouTube karena bisa membuatmu jadi bosan dan gak ingin menontonnya lagi! Lebih baik kamu jadwalkan kegiatanmu belajar bahasa Inggris melalui YouTube ya. Karena dengan membuat jadwal, kamu bakalan lebih semangat lagi mempelajari hal baru setiap harinya.

2. Menulis kegiatan harian dengan bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris otodidak bisa dengan cara menulis kegiatan harianmu dengan bahasa Inggris. Ini akan membantu kamu untuk mengenal dan memahami berbagai kosakata. Kamu bisa menulis apapun yang kamu suka dan kamu bisa bercerita kegiatan sehari-harimu dengan bahasa Inggris. Jangan takut salah ya!

3. Nonton film dengan subtitle bahasa Inggris

Menonton film bisa membantu kamu untuk belajar bahasa Inggris otodidak loh! Kamu bisa belajar dari pengucapan dan menambah kosakata serta idiom-idiom yang digunakan di film tersebut. Kamu juga bisa mencatat berbagai kata yang kamu bingung dan kamu bisa cari artinya di internet. Ini membantu kamu untuk menghafalkan kata-kata bahasa Inggris dengan mudah.

4. Mengumpulkan kata-kata bahasa Inggris yang kamu suka

Belajar bahasa Inggris otodidak yang selanjutnya adalah kamu bisa mengumpulkan kosakata bahasa Inggris yang kamu suka dan kamu dengar. Hal ini membantu banget buat kamu bisa memperluas pengetahuan tentang bahasa Inggris. Selain mencatat, kamu juga harus jabarkan pengertiannya.

5. Membaca artikel bahasa Inggris

Kamu harus mulai aktif baca artikel berbahasa Inggris nih guys! Kamu bisa mulai browsing dan cari-cari artikel bahasa Inggris di internet. Dengan situs yang memiliki banyak tema artikel kamu tidak akan merasa terbebani untuk membaca beberapa artikel dalam sehari. Kamu juga bisa belajar untuk membaca artikel itu loh! Itu bakal ngebantu banget buat kamu mengenal berbagai kosakata dan cara pengucapannya.

Baca Juga: Seru Gak Sih Jadi Sarjana Bahasa Inggris?

6. Pelajari basic bahasa Inggris

Cara belajar bahasa Inggris otodidak yang lainnya adalah kamu harus mempelajari basic kata-kata bahasa Inggris nih. Kamu bisa mulai dari belajar bahasa-bahasa yang digunakan sehari-sehari.

7. Rajin baca kamus bahasa Inggris

Kamu harus rajin juga membaca kamus bahasa Inggris. Jadi, gak hanya literatur hiburan seperti artikel, novel, atau berita berbahasa Inggris. Kamu juga perlu membaca kamus bahasa Inggris. Cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak ini untuk menambah vocabulary (kosakata).

Manfaat Belajar Bahasa Inggris

Selain kamu mendapatkan pengertian dan pemahaman tentang bahasa inggris, sebagai lulusan sarjana Bahasa Inggris, kamu juga bisa mendapatkan berbagai manfaat lainnya loh. Apa aja ya?

1. Kerja apa saja bisa

Kamu bisa kerja apa aja di bidang yang kamu mau, mulai dari instansi pemerintah, perusahaan swasta, sampai lembaga internasional! Selain itu, kamu bisa kerja di industri media juga, seperti sebagai jurnalis atau presenter berita.

2. Belajar jadi guru meskipun masih mahasiswa

Meskipun kamu belum menjadi sarjana Bahasa Inggris, kamu juga bisa merintis karier sejak kuliah dan tentunya kamu juga bisa mendapatkan keuntungan finansial. Kamu bisa membuka kursus bahasa Inggris untuk siswa SD, SMP, bahkan SMA.

Buat kamu yang mungkin suka travelling, kamu juga bisa jadi pemandu wisata untuk orang-orang atau turis asing loh. Lumayan banget kan untuk bisa dapat uang jajan tambahan.

3. Wawasanmu bisa jadi luas banget

Menjadi sarjana Bahasa Inggris bisa membuat kamu memiliki pemahaman yang baik tentang sastra inggris, kamu juga bisa memiliki wawasan yang luas tentang budaya, ekonomi, politik, dan berbagai sejarah dari negara asing lainnya. Jadi, peluang karier bisa menantimu banget.

Itulah tips belajar bahasa Inggris otodidak beserta manfaatnya. Kamu juga bisa memperlancar bahasa Inggris dengan ikutan kelas secara online. Banyak loh pekerjaan yang membutuhkan kemampuan komunikasi dalam bahasa Inggris.

Kalau ingin berlatih menjawab pertanyaan interview kerja dalam bahasa Inggris, kamu bisa ikutan kelas Cepat Cakap Inggris Khusus Job Interview di sini. Penting banget loh bisa menjawab pertanyaan interview dalam bahasa Inggris, apalagi kalau kamu melamar di perusahaan top di Indonesia.

Jangan lupa pakai kode voucher GOCAKAP untuk dapat diskon hingga Rp30 ribu untuk pembelian kelas minimal Rp250 ribu. Psst, kode voucher tersebut bisa kamu gunakan untuk lebih dari 1 kelas, loh. Buruan upgrade kemampuan bahasamu sekarang atau explore kelas Cakap lainnya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *