unsur budaya
Tips Belajar

7 Unsur Budaya Menurut Antropolog Ternama di Indonesia

Kamu pernah mendengar nama Prof. Dr. Koentjaraningrat (lahir 15 Juni 1923 – wafat 23 Maret 1999)? Ia adalah seorang antropolog yang berperan besar dalam mendeskripsikan sejarah dan kebudayaan Indonesia loh. Salah satu warisan beliau adalah mengkategorikan beberapa unsur dalam budaya.

Budaya merupakan pola bersama dari perilaku dan interaksi dalam masyarakat. Menurut Prof. Dr. Koentjaraningrat, unsur budaya adalah sistem gagasan dan rasa, sebuah tindakan serta hasil karya manusia yang di dalam kehidupannya yang bermasyarakat.

Baca Juga: Cinta Dengan Budaya Indonesia? Ternyata Ini Asal-Usul dan Definisinya!

Apa Saja Unsur Dalam Budaya?

1. Bahasa

Ada gak sih, masyarakat di muka bumi ini yang gak punya bahasa? Bahasa adalah unsur terpenting dalam budaya karena bahasa adalah alat bagi manusia dalam memenuhi kebutuhan sosial dan berinteraksi dengan sesamanya. Apalagi warisan budaya manusia secara turun temurun dengan menggunakan bahasa.

2. Sistem Pengetahuan

Sistem pengetahuan adalah pengetahuan masyarakat tentang alam sekitar, misalnya kondisi alam, flora, fauna, tubuh, sifat, dan tingkah laku manusia, serta ruang dan waktu. Dalam hal ini, pengetahuan manusia digunakan untuk tetap survive

3. Organisasi Sosial

Kehidupan setiap kelompok masyarakat diatur oleh adat istiadat dan aturan, baik tertulis atau tidak tertulis. Dasarnya dari keluarga inti, kekerabatan, hingga negara. Unsur-unsur ini membuat manusia digolongkan ke dalam tingkatan-tingkatan lokalitas geografis untuk membentuk organisasi sosial.

4. Teknologi

Teknologi smartphone dan internet yang kamu gunakan adalah bagian dari budaya modern. Tapi mesti kamu ingat bahwa teknologi sudah ada sejak zaman purba, sejak manusia menemukan api, roda, mesin uap, komputer, hingga saat ini. Manusia selalu berusaha survive, makanya kita menemukan teknologi sebagai unsur budaya.

5. Ekonomi

Seperti teknologi, ekonomi juga sudah ada bahkan sejak era berburu dan meramu, saat manusia masih menggunakan sistem barter dan belum menciptakan mata uang. Sekali lagi, semangat untuk selalu berusaha survive adalah alasan ekonomi masuk sebagai salah satu unsur budaya.

Baca Juga: Dapat Cuan Jutaan Rupiah? Gampang, Yuk Ikutan goKampus Writing Competition!

6. Sistem Religi

Sejak zaman animisme dan dinamisme puluhan ribu tahun lalu, kehidupan manusia tak lepas dari agama, kepercayaan, dan ritual-ritual adat. Tiga hal itu membentuk sistem religi yang masuk dalam unsur-unsur budaya.

7. Kesenian

Kesenian mencakup  berbagai hal yang diciptakan manusia serta memiliki nilai estetika atau keindahan. Seni merupakan wujud ekspresi manusia terhadap kejadian di sekitarnya. Kesenian sangat erat kaitannya dari budaya, contohnya tarian, lukisan, seni rupa, seni sastra, hingga seni yang cenderung modern seperti fotografi dan film.

Itulah 7 unsur budaya menurut Prof. Dr. Koentjaraningrat, mudah-mudahan gampang untuk dipahami ya. Kamu tertarik untuk menyelami kebudayaan tanah air? Kamu bisa memilih jurusan dan universitas terbaik di goKampus ya! Daftar kuliah di goKampus, tinggal upload rapor, 1 jam diterima. Klik di sini dan cari tahu kemudahannya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *