cara agar tidak insecure
Tips Belajar

7 Cara Agar Tidak Terjebak Insecure! Cek Selengkapnya

Rasanya gak ada orang yang 100 persen selalu percaya diri setiap saat. Pasti rasa insecure selalu menghantui. Gimana sih cara menghadapi rasa insecure? Intinya adalah kita mesti berdamai dengan diri sendiri. Inilah cara agar gak berlebihan dalam menyikapi hal tersebut kehidupan sehari-hari.

Langkah Awal Agar Tidak Insecure? Hadapi Masalahmu

Orang insecure karena takut punya masalah. Kamu harus memahami bahwa menghindari masalah adalah sikap yang sangat manusiawi. Ada orang yang cenderung cuek terhadap masalah, berharap masalah tersebut hilang sendiri. Tapi kadang ada masalah yang mesti benar-benar kamu hadapi. Daripada membiarkan masalah, yang ada malah makin besar loh. Lebih baik kamu menghadapinya agar bisa tahu, apa sih yang bisa kamu ubah agar masalah tak terjadi di lain hari?

Hadapi Ketakutanmu

Untuk menghadapi rasa insecure, kamu gak mesti mengontrol apapun yang kamu katakan, lakukan, dan rasakan. Kamu kudu sadar bahwa tempat teraman adalah diri sendiri. Jangan takut untuk insecure dan izinkan diri kamu merasa insecure. Cara ini bisa bikin kamu bisa keluar dari zona nyaman, dan menghadapi ketakutanmu.

Pupuk Rasa Positif Dalam Hati Kecilmu

Kepercayaan diri yang kurang adalah penyebab orang jadi terlalu insecure. Jika dalam hati kecilmu kamu yakin bahwa kamu pemalu, lemah, dan enggak pantas sukses, perbuatanmu pun akan mencerminkan hal itu. Cobalah mulai berkata pada diri sendiri bahwa kamu cerdas, percaya diri, dan pantas untuk sukses. Jika dalam kepalamu ada pikiran negatif, buang jauh-jauh dan pikirkan hal yang memperkuat kepercayaan diri.

Hindari Perfeksionisme

Kadang, perfeksionisme bisa bikin kita sukses dalam kehidupan, tapi biasanya malah menyulitkan kita loh. Perfeksionisme hadir karena kita yakin bahwa kita tidak pantas, kecuali kalau kita sempurna. Nah, justru ini bisa menyebabkan kamu overthinking dan insecure. Perfeksionisme bisa menyebabkan kamu mengkritik diri sendiri terlalu keras, seperti di poin sebelumnya.

Jangan Takut Gagal

Tanpa adanya masalah, kita takkan berkembang. Nah, daripada jadi perfeksionis, lebih baik izinkan diri kamu untuk gagal dan berkembang, supaya kamu bisa mengurangi rasa insecure tadi. Tentunya kamu harus menganggap kegagalan sebagai kesempatan untuk berkembang. Jadikan yang kamu rasakan sebagai cara mengetahui diri sendiri. Dari sana, kamu bisa berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

Ubah Perspektif

Alih-alih fokus pada ketakutan akan kegagalan dan hal-hal yang menyebabkan kamu insecure, cobalah lebih fokus untuk meningkatkan kualitas diri. Kamu bisa selidiki penyebab kamu insecure, lalu menelaah apa yang kira-kira dibutuhkan agar rasa tersebut bisa hilang.

Baca Juga: Quotes 6 Film Untuk Memotivasi Kamu Yang Mengalami Insecure

Selalu Siap Hadapi Cobaan

Yang namanya cobaan pasti akan ada. Meskipun kamu melakukan langkah-langkah di aras, kamu tetap akan mendapat cobaan dalam hidup. Tapi ingat, hidup tidak pernah mudah. Tantangan apapun yang menimpamu kelak, tak masalah. Yang penting adalah cara kamu menghadapinya. Hadirkan mental bahwa kamu ssiap menghadapi apapun.

Nah, dengan cara tadi, mudah-mudahan bisa kamu praktikkan ya. Kamu bisa cari-cari informasi lain seperti tempat kuliah favorit, program beasiswa, atau tips lainnya di goKampus ya! Langsung cari di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *