golongan darah o bisa menerima donor dari
Upskill

5 Manfaat Donor Darah Bagi Generasi Muda

Manfaat donor darah bagi anak muda sebenarnya banyak banget loh, guys. Salah satunya, donor darah bisa bikin kamu jadi lebih produktif. Penasaran? Kita bahas saja yuk di sini. 

Mungkin kamu sudah sering melihat teman-teman sebaya kamu memposting kegiatan mereka sedang melakukan donor darah di media sosial. Lalu mungkin kamu juga bertanya-tanya, kenapa sih banyak orang yang rutin mendonorkan darahnya? Apa benar manfaatnya baik untuk kesehatan? Bukannya gak boleh sering-sering ya? 

Donor darah baik untuk kesehatan itu jelas fakta yang tak terbantahkan. Hal ini sudah dipastikan melalui beragam penelitian yang dilakukan sejak dulu.

Baca Juga: Serba-Serbi Donor Darah, Mana Fakta, Mana Hoaks?

Apa Manfaat Donor Darah Buat Generasi Muda?

1. Menurunkan Risiko Terkena Serangan Jantung dan Stroke 

Penelitian mengungkap bahwa donor darah dapat mengurangi kadar kekentalan darah dan zat besi berlebih pada tubuh. Nah, zat besi yang berlebihan itu merupakan penyebab oksidasi kolesterol yang menjadi pemicu serangan jantung dan stroke.

2. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Selain serangan jantung dan stroke, zat besi berlebihan pada tubuh juga bisa meningkatkan kerusakan akibat radikal bebas di tubuh yang nantinya berpotensi jadi cikal bakal sel kanker. 

3. Menurunkan Berat Badan 

Menyumbangkan darah 350-450 ml itu sama saja membakar 650 kalori. Jadi bisa membantu kamu menurunkan berat badan juga, guys. Tapi jangan salah artikan kalau donor darah merupakan solusi diet ya. Untuk menjaga berat badan ideal tentunya harus dibarengi mengonsumsi asupan bergizi dan berolahraga secara teratur.

4. Mendeteksi Penyakit Serius 

Sebelum boleh melakukan donor darah, kamu harus melewati syarat berupa pemeriksaan penyakit. Jadi bisa dibilang donor darah itu sama saja check up gratis, Guys. Kamu jadi tahu apakah kamu mengidap hepatitis B dan C, HIV/AIDS, sifilis, malaria, atau lainnya. 

5. Memperpanjang Umur 

Menyumbangkan darah tentunya akan membuat hati penerimanya senang. Hal ini akan berdampak pada psikologis kamu. Perasaan senang ini secara tidak langsung dapat mengurangi kadar stres sehingga memperpanjang umur kamu. 

Dapat Meningkatkan Produktivitas Loh!

Tentunya ada banyak manfaat dari kegiatan donor darah yang belum disebutkan di atas. Salah satunya adalah dapat meningkatkan produktivitas pendonor. Kok bisa sih? 

Jadi begini. Saat kita menyumbangkan darah, gak perlu khawatir kalau darah yang kamu berikan itu tak tergantikan. Setelah melakukan donor darah, tubuh akan mengantikan volume darah yang hilang dalam waktu 48 jam. Semua sel darah merah yang hilang akan benar-benar diganti dalam waktu 4-8 minggu dengan sel-sel darah merah yang baru. Nah, proses pembentukan sel-sel darah merah yang baru inilah yang akan membantu tubuh tetap sehat dan bekerja lebih efisien serta meningkatkan produktivitas kamu, guys.

Jadi mumpung masih muda dan sehat, kenapa kita gak untuk rutin melakukan donor darah? Yuk aktif donor darah. Setiap kantong darahmu, sangat berharga bagi mereka yang membutuhkan.

Baca Juga: Dapat Cuan Jutaan Rupiah? Gampang, Yuk Ikutan goKampus Writing Competition!

Ternyata banyak kan manfaat donor darah. Kalau kamu ingin upgrade skill di bidang-bidang kesehatan atau bidang yang kamu sukai, cari infonya di goKampus ya! goKampus menghadirkan kelas online yang menawarkan beragam promo menarik, mulai dari program cicilan ringan hingga sertifikat dari Nanyang Technological University di Singapura! Menarik kan? Yuk klik di sini dan pilih kelasnya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *