mata kuliah manajemen
goKampus Tips Belajar Upskill

12 Pekerjaan Teknik Sipil Idola Anak Muda

Memilih jurusan kuliah pastinya gak gampang karena kamu pun harus memikirkan tentang pekerjaannya di masa depan. Misalnya nih, kalau kamu ingin mengambil kuliah jurusan teknik sipil, kamu pasti sibuk juga mencari informasi mengenai pekerjaan teknik sipil kan? Hal itu wajar, karena pekerjaan teknik sipil pun sangat beragam di Indonesia. 

Buat kamu sekarang yang ingin mengambil jurusan teknik sipil, gak perlu kuatir! Karena goKampus akan kasih tau kamu 12 pekerjaan teknik sipil yang wajib kamu ketahui nih. Simak ini artikel ini ya!

1. Konsultan Konstruksi Bangunan

Pekerjaan teknik sipil yang pertama adalah bekerja menjadi konsultan konstruksi bangunan. Pada pekerjaan ini tentunya sebagai lulusan teknik sipil, kamu bisa mengambil peran sebagai Project Manager yang tugasnya bisa mengawasi dan manajemen konstruksi yang sedang berjalan, mengatur budget pembangunan, juga melihat potensi resiko yang bisa terjadi dengan pembangunan yang berlangsung.

Pekerjaan teknik sipil yang bergerak di bidang ini membutuhkan kreativitas lebih banyak dan kemampuanmu untuk mendesain apa yang klienmu inginkan loh! Jadi, tantangannya akan lebih beragam. 

2. Insinyur Air

Hmm.. pasti kamu bingung kan dengar pekerjaan teknik sipil yang satu ini? Memang terdengar unik banget guys bekerja menjadi insinyur air. Pekerjaan ini cocok banget buat kamu yang senang dengan berbagai tantangan terkait dengan masalah global warming, infrastruktur, standar hidup, kualitas khususnya di bidang perairan.

Proyek yang akan kamu kerjakan misalnya saja ketentuan air bersih, pembuangan limbah air, dan pencegahan bahaya banjir. Yang jelas pekerjaan utamamu adalah untuk manajemen aset. Contohnya, perbaikan serta menjaga struktur bangunan yang mengontrol sumber air, seperti tanggul laut.

3. Perencana Struktur

Pekerjaan teknik sipil yang selanjutnya adalah sebagai perencana struktur yang bertugas untuk menyusun perencanaan struktur bangunan yang akan mereka kerjakan. Profesi ini bisa mendapat penawaran gaji kurang lebih Rp 7 juta. Cukup menggiurkan kan?

4. Manajer Konstruksi

Buat kamu yang punya jiwa pemimpin tinggi serta mampu memecahkan masalah dengan baik, pekerjaan teknik sipil sebagai manajer konstruksi patut kamu pertimbangkan. 

Sebagai manajer, tentu tanggung jawabnya akan lebih besar dan lebih banyak tuntutan. Kamu akan bekerja sama erat dengan arsitek, surveyor, dan bagian perencanaan dan implementasi lainnya. Kamu bertugas untuk mengawasi dan memberikan pengarahan, juga memastikan semua anggota tim bekerja sesuai dengan rencana sesuai kesepakatan bersama.

Proyek yang kamu kerjakan akan seputar tempat tinggal, bangunan komersil, industri, infrastruktur, atau juga lingkungan. Jangan lupa, kemampuan komunikasimu juga harus baik dalam prospek kerja Teknik Sipil ini. Baik itu komunikasi dengan anggota tim, dengan klien, ataupun pihak-pihak terkait pembangunan.

5. Kontraktor Insinyur Sipil

Prospek kerja teknik sipil yang selanjutnya adalah menjadi kontraktor insinyur sipil. Tugasnya adalah mengubah rencana yang sudah dibuat oleh seorang konsultan menjadi kenyataan. Nantinya, biarkan konsultan dan klienmu yang melihat bagaimana keadaan nyata di lapangan serta menerapkan apa yang sudah dibuat oleh konsultan.

Tugasmu nanti mengharuskan kamu untuk mampu secara profesional mengatur semua orang dan sumber material yang ada di tempat pembangunan. Kamu juga bisa bertugas untuk membuat perencaanmu sendiri.

Baca Juga: Peluang Besar! Cek Prospek Kerja Teknik Elektro

6. Surveyor Pengendalian Bangunan

Pekerjaan teknik sipil yang selanjutnya adalah kamu bisa bekerja menjadi surveyor pengendalian bangunan. Kalau misalnya kamu senang bekerja dengan detail dan tertarik dengan semua hal yang berkaitan dengan bangunan serta pekerjaan konstruksi, maka pekerjaan teknik sipil yang satu ini cocok banget buat kamu.

Bekerja menjadi surveyor pengendalian bangunan tugasnya memastikan bahwa semua peraturan dan perundang-undangan yang berlaku bisa sesuai dengan pembangunan yang sedang berjalan. Kalau kamu menemukan bangunan yang gak memenuhi persyaratan tersebut, maka tugasmu sebagai surveyor pengendalian bangunan wajib memberikan solusi pemecahannya bagi klien.

Kamu juga akan membantu mengurus dokumen perizinan jika memerlukannya dan wajib mengecek pondasi dan sistem drainase dari tanah yang hendak kamu bangun. Tentunya pekerjaan kamu ini akan memiliki tujuan untuk menjadi keamanan bagi semua pihak sehingga saat pembangunan sebuah gedung berjalan, gak ada persyaratan yang bermasalah.

7. Kontraktor Insinyur Sipil

Pekerjaan teknik sipil yang berikutnya adalah menjadi kontraktor insinyur sipil. Tugasmu nanti adalah mengubah rencana yang sudah dibuat oleh seorang konsultan menjadi kenyataan. Nantinya, biarkan konsultan dan klienmu yang melihat bagaimana keadaan nyata di lapangan serta menerapkan apa yang sudah dibuat oleh konsultan.

Tugasmu nanti mengharuskan kamu untuk mampu secara profesional mengatur semua orang dan sumber material yang ada di tempat pembangunan. Kamu juga bisa bertugas untuk membuat perencaanmu sendiri.

8. Drafter

Pekerjaan drafter merupakan tugas teknik sipil yang bertugas membuat gambar kerja berdasarkan sketsa kasar yang telah dibuat oleh arsitek dalam proyek pembuatan sebuah bangunan. Drafter bisa memperoleh gaji mulai dari Rp 5 juta tiap bulan.

9. Insinyur Situs Pembangunan

Pekerjaan teknik sipil yang selanjutnya adalah bekerja menjadi Insinyur situs pembangunan. Tugasmu nanti adalah menentukan lokasi pembangunan infrastruktur, baik itu yang terkait di atas maupun yang ada di bawah tanah. Nantinya kamu juga membuat dan mengaplikasikan rencana terkait pembangunan bangunan. Kamu juga memiliki tanggung jawab untuk memperhatikan kesehatan dan keamanan di daerah tersebut.

10. Insinyur Struktural

Pekerjaan teknik sipil yang berikutnya adalah menjadi seorang insinyur struktural yang menggabungkan antara matematika dan sains secara kreatif untuk mendesain struktur bangunan serta menyelesaikan masalah.

Tugasmu sebagai seorang insinyur struktural harus merancang struktur bangunan yang kuat menahan tekanan dari lingkungan sekitar serta dari penggunaan manusia nanti. Kamu juga harus memastikan bahwa bangunan tersebut tidak berbelok, berputar, atau bergetar serta tidak hancur selama penggunaanya.

11. Pengacara Hak Paten

Jangan bingung dengan judul pengacaranya, prospek kerja Teknik Sipil ini justru bisa menjadi referensimu nih. Buat kamu lulusan Teknik Sipil dan punya ketertarikan di bidang hukum, prospek kerja sebagai pengacara hak paten ini bisa jadi buatmu. 

Sebagai pengacara hak paten, kamu akan bertugas untuk menilai apakah suatu hal itu baru dan inovatif, sehingga layak diberikan hak paten. Tentunya karena terkait ranah tambahan di luar teknik sipil, kamu akan mendapat pelatihan juga terkait hak paten dan pengetahuan mengenai properti intelektual. 

Nantinya, kamu akan bertugas untuk berdiskusi dengan klienmu terkait bangunan dan rancangan mereka, apakah bisa sukses diberikan hak paten atau tidak.

12. Project Manager

Project manager menjadi salah satu peluang atau pekerjaan teknik sipil yang banyak difavoritkan. Sesuai dengan namanya Kamu akan berperan sebagai manajer dalam sebuah proyek. Gaji per bulannya kurang lebih Rp 20 juta.

Untuk mencari informasi lebih lanjut, kamu bisa klik halaman ini untuk mencari informasi lebih lanjut mengenai jurusan teknik sipil dan prospek kerjanya ya.

Oh iya, sembari kamu mencari universitas, jangan lupa untuk tetap ikut pelatihan melalui kelas-kelas online di goKampus ya! Sebab, untuk mendapatkan karir terbaik, kamu harus punya dukungan skill yang oke biar banyak perusahaan melirik kemampuanmu.

Ada kabar baik buat kamu yang mau ikutan kelas di goKampus. Saat ini, goKampus bekerja sama dengan instansi, lembaga, hingga universitas ternama seperti NUS, Trent Global College, AWS, TernakUang, gnowbe academy, dan masih banyak lagi! Psstt.. ada kelas gratis dan promo diskon kelas yang sayang banget kalau dilewatkan! Segera klik link di sini dan waktunya #LearnBetterGoFaster bareng goKampus.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *