keadilan sosial di hari kemerdekaan RI
Tips Belajar

Yuk, Pahami Makna Keadilan Sosial di Hari Kemerdekaan RI!

Apa yang terbesit di benakmu saat mendengar keadilan sosial? Mungkin sebagian besar dari kamu akan langsung tertuju pada sila kelima Pancasila, bukan? Namun, sebenarnya apa sih keadilan sosial itu? Yuk, kita bahas makna dan konsepnya untuk merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang jatuh tiap 17 Agustus!

Menurut KBBI, adil mengandung tiga arti. Pertama adil adalah sama berat; gak berat sebelah; gak memihak. Kedua, adil adalah berpihak kepada yang benar; berpegang pada kebenaran. Kemudian ketiga, adil adalah sepatutnya; gak sewenang-wenang. 

Namun, berdasarkan etimologi, adil berasal dari bahasa Arab yang berarti tengah yang konteksnya memberikan apa saja sesuai dengan haknya. Jadi dapat kita simpulkan bahwa keadilan artinya gak berat sebelah, menempatkan sesuatu di tengah-tengah, gak memihak, berpihak kepada yang benar, dan gak sewenang-wenang. Tambahan kata sosial di belakang keadilan dapat berarti berlaku untuk seluruh rakyat Indonesia. 

Makna dan Konsep Keadilan Sosial dalam Pancasila

Berdasarkan definisi yang kita bahas sebelumnya, maksud dari sila kelima pada Pancasila yang berbunyi “Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia” adalah warga negara dapat berlaku adil dan gak membeda-bedakan terhadap sesama. 

Makna keadilan sosial dalam Pancasila berlaku untuk seluruh aspek kehidupan, termasuk juga hak dan kewajiban yang masing-masing individu miliki. Ini juga berarti kita gak boleh mementingkan diri sendiri.

Semua harus mengutamakan kepentingan umum dalam hidup bermasyarakat. Sangat penting untuk mengetahui keadilan sosial dalam kehidupan bermasyarakat sehingga tujuan menciptakan kehidupan masyarakat yang sejahtera dan adil dapat terbentuk.

Sementara terkait konsep, Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki beragam perbedaan, mulai dari suku, budaya, agama, etnis, ras, dan lainnya sehingga sikap saling menghormati antar sesama dengan gak membeda-bedakan menjadi tujuan utama dari sila kelima Pancasila

Adapun isi sila kelima di Pancasila merupakan perwujudan yang terkandung dalam Proklamasi Kemerdekaan pada Pembukaan UUD 1945. Nah, keadilan sosial harus ada dan menjadi syarat mutlak serta penting dalam kehidupan yang harus tertanam di hati warga Indonesia.

Bagaimana dengan Maknanya di Mata Hukum?

Keadilan sosial mengandung makna perlindungan hak, persamaan derajat, dan kedudukan di hadapan hukum. Artinya, hukum gak dapat membeda-bedakan semua warga negara Indonesia.

Siapa saja yang melanggar aturan wajib berhadapan dengan hukum. Gak peduli apakah dia berasal dari golongan atas,  menengah, ataupun golongan bawah. 

Selain itu, keadilan sosial juga berarti adil secara menyeluruh dan tanpa terkecuali. Gak boleh ada diskriminasi yang merugikan, serta gak melibatkan status sosial, agama, ras, adat, warna kulit ataupun keanekaragaman yang terdapat di Indonesia. Sederhananya, yang benar tetap benar dan yang salah tetap salah.

Itulah informasi terkait makna dan konsep yang perlu kamu ketahui, apalagi di Hari Kemerdekaan RI kita tercinta. Sekarang kamu lebih tahu kan maknanya? Yuk, coba terapkan dalam hidup kita!

Baca Juga: Pancasila, Sejarah dan Maknanya sebagai Dasar Negara

Oh iya, menurut Survei Willis Towers Watson 2014-2016, 8 dari 10 perusahaan di Indonesia sulit dapat lulusan yang siap bekerja. Relevansi kemampuan lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan industri juga masih berada di kisaran 64% berdasarkan Future of Jobs Report, World Economic Forum 2020.

Nah, supaya skill yang kamu miliki relevan dengan kebutuhan industri, yuk persiapkan diri kamu bareng goKampus! Kamu bisa ikutan kelas Memulai Karier sebagai Digital Marketer di sini, kelas UX Writer di sini, atau Memulai Karier sebagai Product Manger di sini karena ketiga posisi tersebut menjadi incaran para recruiter, loh!

Gak hanya upgrade skill dan dapat beragam insight langsung dari profesional berpengalaman di bidangnya, kamu juga akan dapat sertifikat dari institusi ternama Singapura, plus bisa ikutan kelas dari mana saja secara online. Yuk, ikut kelasnya sekarang!

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *