contoh teks deskripsi
Tips Belajar

Yuk, Pahami Berbagai Contoh Dan Jenis Teks Deskripsi

Saat bercerita dengan teman melalui pesan singkat, seringkali kita memberikan gambaran detail agar pendengar dapat memahami cerita yang kita maksud. Pendeskripsian melalui tulisan tersebut merupakan teks deskripsi. Teks deskripsi sendiri adalah teknik penulisan yang memberikan gambaran terkait objek, tempat, atau peristiwa secara terperinci. Nah, agar lebih memahami apa itu teks deskripsi, yuk, perhatikan penjelasan beserta contoh teks deskripsi.

Contoh Dan Jenis Teks Deskripsi

Teks deskripsi memiliki berbagai jenis, baik berdasarkan tujuannya, atau pun berdasarkan sudut pandangnya. Teks deskripsi berdasarkan tujuannya terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu ekplanatori dan sugestif.

1. Teks Deskripsi Eksplanatori

Teknik ini merupakan rangkaian teks yang mempunyai tujuan untuk memberikan informasi atau gambaran, tanpa tambahan opini sang penulis. Biasanya, penulis yang menggunakan cara ini mencoba menggambarkan suatu objek sesuai keadaan yang sebenarnya. Deskripsi objek tersebut bisa berupa tempat, keadaan, benda, atau peristiwa.

Contoh:

Pulau Peucang merupakan salah satu pulau yang terletak di provinsi Banten. Terletak di Taman Nasional Ujung Kulon, pulau ini memiliki karakteristik yang khas yaitu terdapat pasir putih yang terhampar luas. Di Pulau ini terdapat berbagai satwa liar seperti banteng, merak, rusa, dan babi hutan. Terdapat berbagai fasilitas bagi wisatawan yang datang berkunjung ke Pulau Peucang, seperti penginapan, pusat informasi, dermaga, dan berbagai macam lainnya.

2. Teks Deskripsi Sugestif

Berbeda dengan teks deskripsi ekplanatori, teks deskripsi sugestif memiliki tujuan agar dapat menciptakan imajinasi pada para pembacanya. Teks jenis ini mencoba menciptakan kesan atau penafsiran pada objeknya. Sehingga pembaca dapat membayangkan, hingga merasakan suatu keadaan melalui tulisan. Biasanya teks deskripsi sugestif menggambarkan ciri, sifat, atau watak suatu objek. Contohnya bunyi-bunyian, aroma, atau rasa.

Contoh:

Rumah nenek di kampung halaman sangat asri, karena dikelilingi bukit dan pepohonan yang hijau. Setiap pagi aku dapat mendengar suara kicauan burung yang merdu, menghirup udara segar, dan harumnya aroma roti buatan nenek. Memang, rumah nenek terlihat mungil dan sederhana. Namun, begitu masuk ke dalam rumah terasa sangat luas dan besar.

Sedangkan teks deskripsi berdasarkan sudut pandang, terbagi dalam 3 jenis, yaitu subjektif, spatial, dan juga objektif.

Baca Juga: Buat Cerita Di Sosmed Lebih Menarik! Yuk, Kenali Ciri Teks Deskripsi

1. Teks Deskripsi Subjektif

Maksudnya adalah pengemasan tulisan berdasarkan sudut pandang sang penulis. Teks ini akan berisi kesan dan perasaan pribadi penulis, terhadap objek yang dilihat atau dirasakan.

Contoh:

Pak Bambang adalah salah satu guru yang paling galak di sekolahku. Kumisnya sangat tebal, dan sorot matanya yang tajam makin membuatku bergidik ngeri. Jika kamu lupa mengerjakan tugas yang diberikannya, maka siapkan mentalmu untuk lari berkeliling lapangan sekolah. Meskipun begitu, pak Bambang rupanya memiliki hati yang lembut. Beliau sangat sayang dengan anak dan istrinya. Hal ini terlihat ketika ia sedang memandangi foto keluarga yang ada di mejanya. Raut wajahnya yang galak, langsung berubah menjadi lembut.

2. Teks Deskripsi Spatial

Teks deskripsi spatial adalah tulisan yang menjelaskan seluruh objek, kecuali manusia. Objek yang dimaksud seperti benda, ruangan, tempat, dan berbagai macam lainnya.

Contoh:

Ruang kelasku tidaklah besar, hanya berukuran 9m x 8m untuk 25 sampai 30 orang. Di dalamnya terdapat papan tulis yang biasa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Di sudut kelas terdapat lemari yang berisi buku-buku ilmu pengetahuan, dan peralatan tulis menulis untuk guru dan siswa. Meskipun tidak begitu luas, namun sangat bersih dan rapih. Selain itu, agar tidak kepanasan saat belajar, kelasku tidak lagi menggunakan kipas angin, melainkan menggunakan AC.

3. Teks Deskripsi Objektif

Teks deskripsi objektif adalah tulisan yang menggambarkan suatu objek dengan apa adanya, tanpa adanya tambahan opini dari sang penulis. Pembaca dapat berimajinasi dan membayangkan seperti apa objek dan keadaan yang ditulis oleh penulis.

Contoh:

Gunung Papandayan merupakan gunung yang terletak di Kabupaten Garut, daerah Jawa Barat. Gunung ini memiliki beberapa kawah yang terkenal, yaitu Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk.

Gimana? Tergoda untuk menjadi penulis andal? Kamu bisa mengasah dan meningkatkan skill di bidang yang kamu minati melalui kursus online di goKampus loh! Kursus online di goKampus, dapat skill, dapat juga sertifikat siap kerja dari Singapura! Oke banget kan? Yuk, cari tahu di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *