kegunaan buku
Tips Belajar

Ternyata Ada Beragam Kegunaan Buku, Yuk Mulai Baca!

Siapa yang suka membaca buku? Membaca buku punya banyak kegunaan atau manfaat yang bisa kita dapatkan. Berdasarkan survei The Digital Reader, persentase minat baca masyarakat Indonesia terus naik setiap tahunnya, loh. Pada 2019, persentase minat baca masyarakat Indonesia mencapai 53,84% yang kemudian meningkat pada 2020 menjadi 54,17%. Dari hasil survei tersebut, apakah kamu sudah termasuk salah satu orang yang suka membaca buku? Nah, kalau belum termasuk, yuk cek beragam kegunaan buku! Siapa tahu saja membuat kamu jadi mulai membiasakan baca buku.

Beragam Kegunaan Buku yang Perlu Kamu Ketahui

Ternyata kegunaan buku banyak sekali untuk kita, loh. Mengutip dari web Kemdikbud, ada berbagai manfaat yang bisa kita rasakan kalau kita rajin dan rutin membaca buku. Hmm, apa saja, ya?

1. Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan

Salah satu kegunaan buku atau rutin membaca buku ialah kamu akan mendapatkan berbagai informasi baru. Semakin kamu kaya akan wawasan dan ilmu pengetahuan, maka semakin siap kamu menghadapi tantangan kehidupan ke depannya. Ilmu pengetahuan tentu sangat penting untuk masa depan. Orang-orang yang senang membaca buku juga cenderung memiliki kreativitas yang lebih tinggi daripada orang yang gak membaca buku. Selain itu, dengan banyak membaca, kamu semakin open-minded dalam menghadapi atau menyikapi banyak hal karena kamu sudah mengenal hal tersebut dan bahkan karakter seseorang melalui pengalaman penulis buku, misalnya.

2. Menambah kosakata

Dengan rajin membaca buku, maka kamu akan terbiasa dengan beragam kosakata yang belum pernah kamu ketahui sebelumnya. Tentunya, kosakata baru ini berguna untuk kehidupan sehari-hari, seperti ketika akan melakukan presentasi, menyampaikan pendapat, menulis cerita, mengartikan maksud lawan bicara, dan meningkatkan rasa percaya diri.

3. Mengurangi stres

Taukah kamu jika salah satu kegunaan buku atau manfaat membaca buku adalah menurunkan tingkat stres hingga 67%? Yup, karena dengan membaca buku, otakmu akan merasa lebih rileks dan santai sehingga hormon penyebab stres dapat ditekan. Kamu mendapatkan ketenangan dengan fokus membaca buku. Membaca buku juga dapat menurunkan tekanan darah hingga mengurangi gejala dari gangguan mental tertentu.

4. Meningkatkan daya ingat

Membaca buku juga dapat meningkatkan daya ingat karena otak tetap aktif menjalankan fungsinya saat membaca. Misalnya, otak akan terus aktif mengingat jalan cerita serta detail penting yang lagi kamu baca, seperti karakter, lokasi, sejarah, dan sebagainya. Kamu pun dapat terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan daya ingat, seperti Alzheimer dan demensia.

5. Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Ketika membaca buku, maka otakmu akan terlatih menjadi lebih fokus dan konsentrasi terhadap hal yang lagi kamu baca. Dengan berkonsentrasi, maka kamu dapat melakukan analisis terhadap berbagai hal, misalnya menganalisis keadaan, masalah, dan sebagainya sehingga kamu juga lebih mudah untuk menentukan solusi dari masalah yang kamu hadapi.

Gimana, nih? Setelah tahu kegunaan buku, apakah kamu jadi ingin mulai membiasakan baca buku setiap harinya? Selain menambah wawasan dan ilmu pengetahuan melalui membaca, kamu juga bisa upgrade skill maupun knowledge yang kamu punya dengan ikutan kelas sertifikasi di goKampus! Kamu bisa belajar dan mendapatkan berbagai insight menarik langsung dari pengajar yang ahli dan berpengalaman plus sertifikat dari Nanyang Technological University, cuma dengan ikutan kelasnya di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *