prospek kerja kriminologi
Kategori Kelas

Prospek Kerja Lulusan Kriminologi! Ternyata Menjanjikan

Mungkin kamu sering melihat berbagai kejahatan terjadi di media. Terkadang kamu pun jadi bertanya-tanya bagaimana kejahatan bisa terjadi, kenapa ada orang yang berbuat jahat, dan sebagainya. Well, jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu bisa kamu dapatkan jika kamu mengambil jurusan kriminologi loh! Sederhananya, jurusan kriminologi fokus untuk mempelajari akar dari segala kejahatan yang terjadi. Kriminologi akan menganalisis lingkungan kejahatan, pelaku, sampai pada reaksi masyarakat terhadap suatu kejahatan. Makanya sangat penting mempelajari kriminologi, soalnya di Indonesia lulusan kriminologi juga banyak yang minat. Prospek kerja lulusan kriminologi sangat luas dan beragam. Penasaran?

Kenapa Harus Belajar Kriminologi?

Hal pertama yang harus kamu ketahui, jangan khawatir ketika kamu merasa belum memiliki kemampuan layaknya detektif. Karena ketika kamu kuliah di jurusan kriminologi, kemampuan berpikir kritis, menganalisa, dan berkomunikasi akan terasah secara alami. Kamu harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan memperhatikan segala hal dengan detail. Tentunya, semua itu demi menjadikanmu seorang kriminolog andal bagi negara untuk:

1. Meredam Tingkat Kejahatan

Mempelajari kriminologi sangat penting agar dapat meredam tingkat kejahatan di suatu wilayah. Salah satu hal yang pasti, seiring dengan berkembangnya waktu, maka model kejahatan juga akan selalu berubah. Tingkat kriminalitas akan terus meningkat seiring dengan berkembangnya zaman. Pelaku kejahatan akan selalu mencari celah untuk melancarkan aksinya. Di sini lah membutuhkan peran kriminolog. Kriminolog bertugas untuk menganalisis dan menguraikan kejahatan yang ada.

Baca Juga: Belajar Menjadi Seperti Detektif Di Jurusan Kriminologi

2. Dasar Pembuatan Kebijakan Publik

Berbekal ilmu yang sudah didapatkan, kriminolog dapat mengetahui motif dan juga perilaku pelaku kejahatan. Seorang kriminolog juga dapat memahami bagaimana pola pikir seorang penjahat yang berbahaya. Dari hasil studi dan penelitian yang dilakukan, dapat digunakan sebagai dasar pembuatan kebijakan publik, khususnya di bidang Kriminal. Selain itu hasil penelitian kriminolog juga bisa sebagai dasar untuk mengambil keputusan jika terjadi kejahatan.

Prospek Kerja Lulusan Kriminologi

Seperti yang kamu ketahui, prospek kerja lulusan kriminologi sangat luar dan bervariasi. Kamu bisa bekerja di berbagai perusahaan, lembaga, dan industri terkait keamanan. Beberapa diantaranya seperti Badan Inteligen Negara (BIN), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kementerian Hukum dan HAM, Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan, Badan Narkotika Nasional (BNN), Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komnas Perempuan, Komnas HAM, Badan Pusat Statistik (BPS), Crime for Detention Studies (CDS), dan Indonesian Corruption Watch (ICW). Kamu juga bisa berkarier di dunia media loh, misalnya dengan menjadi jurnalis investigasi. Jika kamu tertarik di dunia pendidikan, maka kamu juga bisa menjadi akademisi seperti dosen, peneliti, dan pengamat.

Wow ternyata kriminolog punya banyak peran yang penting ya, baik dalam keamanan dan kesejahteraan masyarakat. Semakin tertarik menjadi mahasiswa kriminologi? Kalau kamu masih penasaran tentang seluk-beluk jurusan kriminologi, cari tahunya di goKampus ya! Banyak informasi seputar jurusan dan kampus favorit. Penasaran? Klik di sini.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *